Sabtu, 06 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Delegasi FH UPH Raih Juara Tiga dalam National Legal Opinion Ubaya Law Fair 2024

Delegasi FH UPH Raih Juara Tiga dalam National Legal Opinion Ubaya Law Fair 2024

Tim Delegasi Fakultas Hukum (FH) Universitas Pelita Harapan (UPH) berhasil meraih Juara Ketiga dalam perlombaan National Legal Opinion (NLO) Ubaya Law Fair 2024 yang diselenggarakan oleh Universitas Surabaya. Tim FH UPH terdiri dari tiga mahasiswa, yakni Nadya Christallita Kurniawan (2022), Jordan Baros Indraputra Silalahi (2023), serta Zahra Ramadhanti Hidayat (2022). Kompetisi ini merupakan ajang bergengsi tingkat nasional yang diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia, seperti Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, dan universitas-universitas lainnya, baik swasta maupun negeri. 

Adapun tema yang diangkat pada NLO Ubaya Law Fair tahun ini adalah “Problematika Eksistensi dan Pengakuan atas Hukum Adat”. Tema ini mengharuskan tim delegasi untuk memberikan opini hukum terkait permasalahan perlindungan hak masyarakat adat atas tanah ulayat – tanah yang dimiliki secara kolektif oleh para warga masyarakat hukum adat yang bersangkutan. Kasus utama yang diangkat adalah permasalahan penerbitan sertifikat hak pengelolaan lahan atas tanah ulayat Nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota di Provinsi Sumatera Barat oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).  

“Tema dan kasus yang diangkat pada tahun ini sangat menantang, kami banyak melakukan riset mendalam terkait hukum budaya di Indonesia. Berkat pembekalan dan bimbingan selama kuliah, kami cepat memahami studi kasus yang diberikan sehingga kami langsung menyusun opini hukum yang baik dan juga memberikan solusi,” ungkap Nadya selaku Ketua Tim. 

Kompetisi NLO Ubaya Law Fair tahun ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu babak penyisihan yang dilakukan secara daring dan babak final yang dilakukan secara langsung di Ubaya. Terdapat 28 tim delegasi yang berpartisipasi untuk kemudian dipilih lima tim terbaik untuk masuk babak final. Di babak final, Tim delegasi UPH berhasil meraih posisi ketiga. 

“Pengalaman mengikuti lomba ini sangat berharga karena saya bisa mengasah kemampuan analisis hukum dan kerja sama tim. Selama kompetisi, saya belajar banyak tentang pentingnya kerja sama, strategi dalam menyusun opini hukum, dan keterampilan presentasi yang efektif. Di tengah tantangan, semangat kami untuk terus belajar dan berusaha tidak pernah pudar. Kami berharap dapat terus berpartisipasi serta menorehkan prestasi di berbagai kompetisi selanjutnya,” ujar Jordan. 

Prestasi ini tentunya dapat dicapai berkat kerja keras dan kerja sama tim yang baik, ditambah dengan dukungan juga bimbingan dari Ibu Debora Pasaribu selaku dosen pembimbing, serta beberapa dosen FH UPH lainnya seperti Ibu Endang Pandamdari dan Miss Ananda. Dukungan juga datang dari Vania Limanto, Jessica Carol Lee, dan anggota DARE UPH yang selalu mendukung setiap lomba hukum yang diikuti FH UPH 

Prestasi yang diraih oleh tim delegasi FH UPH ini menunjukkan komitmen UPH dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa di bidang hukum dan mempersiapkan mereka untuk berkontribusi secara positif bagi masyarakat dan bangsa. Dengan meraih prestasi ini, UPH sekali lagi membuktikan dirinya sebagai salah satu lembaga pendidikan unggulan dalam bidang hukum di Indonesia, yang senantiasa menghasilkan lulusan yang takut akan Tuhan, kompeten, dan siap berdampak bagi bangsa.