Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

TES PEMINATAN AKADEMIK SMAN 1 MADIUN KELAS X TP.2021-2022

TES PEMINATAN AKADEMIK SMAN 1 MADIUN KELAS X TP.2021-2022

Rangkaian Kegiatan Sosialisasi Tes Peminatan Akademik yang dilaksanakan pada tanggal 28-30 Juli 2021 berlanjut pada pelaksanaan Tes Peminatan Akademik yang dilaksanakan pada tanggal 5 dan 6 Juli 2021. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menentukan minat Peserta Didik dalam proses pembelajaran di Sekolah. Lebih Lanjut Tes Peminatan Akademik disediakan untuk mengakomodasi pilihan minat, bakat dan/atau kemampuan akademik peserta didik dengan orientasi penguasan kelompok mata pelajaran keilmuan dengan mengembangkan tiga kompetensi, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa sesuai dengan minat, bakat dan/atau kemampuan akademik dalam sekelompok mata pelajaran keilmuan.

Pelaksanaan Tes Peminatan Akademik yang awalnya direncanakan secara online di sekolah berubah menjadi daring di rumah siswa masing masing karena terbitnya Surat Edaran perihal PPKM Darurat yang disebabkan oleh meningkatnya kasus covid 19 khususnya di Madiun.

Dengan tidak mengurangi esensi pentingnya dilaksanakan Tes Peminatan meskipun secara daring, upaya untuk tetap menguatkan karakter disiplin, jujur, dan bertanggung jawab peserta didik, terus dimaksimalkan dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting sebagai sarana pengawasan selama proses tes berlangsung.

Kurang lebih 318 siswa mengikuti kegiatan tes tersebut. Meskipun sebagai pengalaman awal dalam proses penentuan pilihan sekaligus pembelajaran berbasis IT di SMAN 1 Madiun, tampak antusiasme orang tua yang mendukung fasilitas peserta didik seperti perangkat laptop dan jaringan. Hal ini mendukung kelancaran akses dan juga kesiapan seluruh siswa untuk menyelesaikan kegiatan tes yang dilaksanakan selama dua hari tersebut.

Adapun tes yang dilaksanakan meliputi :

Hari I :Matematika, Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris, Learning Style, Psikology Test, Thinking Style

Hari II : IPA, IPS, TPA Verbal, TPA Numerikal, TPA Spasial

Dengan materi tes tersebut, diharapkan dapat terukur dan terdeteksi bakat, minat dan kemampuan siswa secara menyeluruh, sehingga pilihan yang nantinya ditentukan dan diumumkan pada hari berikutnya, benar benar mencerminkan keinginan sekaligus kemampuan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran baik akademik maupun non akademik untuk menjadi pribadi unggul yang berkarakter, berilmu dan berprestasi selama dan sesudah lulus dari SMAN 1 Madiun.

LIFE IS A CHOICE AND THE CHOICE STARTS FROM NOW……BE SUCCESSFUL