Story dari KOTA SURAKARTA

Sekolah Menengah Atas

Muhiska Ikut Bahas Tindak Lanjut FKBGM

  Jumat, 20 Januari 2023. SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengirikan 2 orang guru untuk mengikuti kegiatan Forum Keluarga Guru Muslim Kota Surakarta (FKBGM). Kedua guru tersebut adalah Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd. dan Suratman, S.Pd.I. Kegiatan bertujuan untuk membahas Tindak Lanjut Program FKBGM. Pengurus FKBGM menyampaikan beberapa program yaitu: Pengajian rutin Bulanan Pengurus FKBGM, berupa Kajian Training Tafsir Al Quran. Untuk menyukseskan program tersebut dimohon kepala sekolah berkenan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan sesuai jadwal dan menghimbau kepada anggota FKBGM sekolah untuk berpartisipasi dalam kegiatan sesuai waktu yang sudah dijadwalkan. SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dijadwalkan di hari Jumat, 17 November 2023. Dengan Pengampu ustad Erwan Raihan dan ustad Ahmad Yusya’. Meskipun demikian jadwal bersifat flaksibel, baik hari, tanggal dan waktunya sesuai situasi dan kondisi sekolah. Materi kajian Tafsir Al Quran Juz 29 dan tematik dengan diktat yang disiapkan oleh FKBGM. Kegiatan akan disiarkan secara Livestreaming sehingga bapak-ibu guru yang berhalangan hadir tetap dapat menyimak kegiatan tersebut. Dalam kegiatan tersebut juga dibahas Infak Rutin Anggoa FKBGM karena kegiatan FKBGM ditopang oleh dana Infak tersebut dan donatur. Anggota FKBGM adalah guru-guru muslim dari 21 sekolah baik dari SMA Negeri dan SMA Swasta, dengan sekertaris, Marwanto, S.Pd dan ketua H. Kasimin, S.Pd., M.Pd. Humas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd. berpendapat ”Semoga kegiatan FKBGM dapat berjalan dengan lancar dan dapat memperkuat ukuwah islamiah lewat kegiatan Kajian Training al Quran”.    

Sekolah Menengah Atas

Senam Pagi, Penguatan Jasmani

Men sana in corpore sano, sebuah ungkapan yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kesehatan raga berpengaruh besar dalam jiwa seseorang. Individu yang sehat akan lebih bersemangat menghadapi kegiatan-kegiatan keseharian di banding seseorang yang kurang sehat. Salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan agar tubuh selalu sehat adalah dengan rutin melakukan olahraga. Karena itulah, salah satu program wakil kepala sekolah bidang Humas Al Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta adalah kegiatan senam Jum’at Pagi. “Kegiatan senam pagi bertujuan agar seluruh warga SMA Muhammadiyah 1 Surakarta senantiasa sehat dan semangat dalam menjalankan tugasnya”, tutur Dra. Willys Sari liatiyani, M.Pd. Kegiatan ini merupakan program sekolah yang wajib diikuti oleh seluruh warga sekolah, baik guru maupun karyawan, serta mahasiswa PPL yang saat ini sedang magang di sekolah. Senam dimulai pukul 06.00 pagi dengan dipandu oleh instruktur senam sekolah, ibu Ratri Kusumaningrum, S.Pd. Senam Jum’at pagi kali ini dilaksanakan di halaman SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan diikuti oleh ibu kepala sekolah, Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd., dewan guru, karyawan, dan juga seluruh mahasiswa PPL yang saat ini sedang praktek lapangan di sekolah. Pagi ini, Jum’at 20 Januari 2023. Ibu Ratri Kusumaningrum, S.Pd. memilih senam aerobik untuk mengisi kegiatan,  Kegiatan dimulai tepat pukul 06.00 dan diakhiri pukul 06.45. setelah senam, seluruh warga sekolah sarapan di dapur dengan menu yang telah disediakan oleh sekolah. Selanjutnya seluruh bapak ibu guru segera mempersiapkan diri untuk mengajar. Semoga dengan diawali senam pagi ini diharapkan agar seluruh warga SMA Muhammadiyah 1 Surakarta senantiasa sehat dan semangat dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

Sekolah Menengah Atas

Dari SMA Muhiska Serukan Perdamaian  

25 peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengikuti kegiatan Fallow Up Diskusi Film Tangguh, 17 Januari 2023. Film Tangguh merupakan film dengan tema “Belajar Bersama Menjadi Generasi Tangguh”. Diskusi film Tangguh merupakan kegiatan ke 2 setelah pada tanggal  7 Oktober 2022 dengan pemutaran film Tangguh. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Aliansi Indonesia Damai (AIDA). Dengan narasumber Akhmad Saefullah, A.Md. dan Nurul Mustofa, S.E. serta dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd., selaku Humas. Pemutaran film bertujuan untuk menanamkan rasa kebangsaan, pentingnya semangat ketangguhan, perdamaian dan memberikan pencerahkan tentang dampak/bahaya kekerasan pada generasi muda sehingga mereka bisa berkontribusi secara positif dan kontruktif bagi dirinya dan masa depan Indonesia  yang lebih damai. Kegiatan ini untuk kalangan pelajar SMA dalam rangka membentuk karakter Tangguh yang berisfat kebangsaan untuk membangun Indonesia lebih damai melalui kisah inspiratif dari penyitas. Nurul Mustofa, S.E. mengawali diskusi dengan mengingatkan cerita film Tangguh tentang awal masuknya seseorang ke dalam jaringan teroris, terjadi peristiwa pemboman sampai seseorang tersebut bertobat. Meski membutuhkan waktu yang lama akhirnya ketemu korban bom membuat hatinya luluh dan sadar bahwa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan Orang yang tidak bersalah ikut menanggung akibatkan. Dampak teroris dapat berwujud dampak fisiologis atau dampak fisik. Dampak secara fisk yaitu cacat sedangkan dampak fisiologis yaitu munculnya trauma atau banyaknya tulang punggung keluarga meninggal. Penyitas bertobat keluar dari organisasi mereka, bergaul organisasi yang lain sehingga dapat membuka diri pada sudut pandang yang lain. Pada awalnya penyitas merasa dirinya ekslusif tetapi setelah dikenalkan dengan beberapa organisasi lain dan ketemu korban maka hatinya menjadi luluh. Dari para korban bom, ketika melihat kesungguhan hati pelaku untuk bertobat, mereka akhirnya juga memberi maaf. Sesama manusia saling memaafkan. Dari film Tangguh ini ada 4 hal yang dapat kita petik hikmahnya Jangan membalas ketidakadilan dengan ketidakadilan Pentingnya kepatuhan Jangan membalas kekerasan dengan kekerasan Mampu bangkit dari keterputukan Generasi tangguh adalah generasi yang apabila melakukan kesalahan menyadari kesalahannya dan berani mengakui kesalahannya. ”Semoga peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Surakarta berkarakter Tangguh untuk ikut membangun Indonesia lebih damai”, tutur Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd. Pesan terakhir dari film Tangguh ini adalah JANGAN LUPA MENYERUKAN PERDAMAIAN. Peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sudah menjadi bagian dari Duta Perdamaian.

Sekolah Menengah Atas

Upacara Bendera dan Penyerahan Penghargaan Siswa Berprestasi

Senin, 16 Januari 2023 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar upacara bendera. Sebagai pemimpin upacara kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayuningsih, S.Pd.M.Pd. Kepala sekolah menyampaikan bahwa upacara hari ini bertemakan upacara kejuaraan, artinya sekolah bangga atas banyaknya prestasi yang diraih oleh peserta didik. Karena sekolah selalu menanamkan rasa bangga kepada peserta didik terhadap prestasi apa yang diraih sekecil apapun, salah satunya dengan cara mengapresiasi dan memberi reward atas prestasinya. Kegiatan upacara pada hari ini berisi penyerahan piagam dan piala berprestasi dari peserta didik ke sekolah baik dari  tingkat kota sampai Internasional. Diantara prestasi yang diraih dan di serahkan adalah Juara 1 Indonesia Open Pencak silat tingkat internasional, Muh. Rizki Tama Juara 1 Porprov cabang pencak silat, Muh. Rizki Tama Juara 1 Pra Popnas cabang pencak silat, Muh. Rizki Tama Juara 3 band tingkat Nasional (Muktamar Muhammadiyah) Juara 1 (best Supporter devisi 2 basket) Juara 1 Paduan suara tingkat kota (PDM kota Surakarta) Juara 2 Taekwondo POPDA kota Surakarta Juara 3 Pencak silat Popda kota Surakarta, Ariel Juara 3 Pencak silat Popda kota Surakarta, Binatang Evan Juara 3 Sepak bola Popda kota Surakarta, M. Haedar Menurut Wakil Kepala sekolah Bidang Kesiswaan SMA Muammadiyah 1 Suerakarta, Suratman, S.Pd.I., bahwa Prestasi tersebut tidak terlepas dari motivasi dan dukungan serta doa baik dari kepala sekolah, kesiswaan, bapak ibu guru karyawan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan tentunya yang sangat berperan dalam prestasi ini adalah pelatih atau pembimbing di masing masing bidang. “Semoga prestasi ini memotivasi adik kelas mereka untuk mengikuti jelak kakak kelas mereka”, imbuh humas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd. Dengan adanya kemenangan inisebagai bukti bahwa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sangat mendukung dan menfasilitasi kegiatan untuk menyalurkan minat bakat peserta didik, sehingga dapat mencetak para juara terbaik.

Sekolah Menengah Atas

PPKKS untuk Kedepan Lebih Baik

PPKKS untuk Kedepan Lebih Baik SMA Muhammadiyah 1 Surakarta ketiban sampur untuk Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah (PPKKS) dengan dua penilai dari Pengawas Cabdin Wilayah VII, Muhari, S.Pd., M.Pd. dan Amin Muslih, S.Pd.,M.Pd. (Jumat, 13 Januari 2023) Penilaian kinerja kepala sekolah yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah bertujuan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi/pengawasan pada sekolah yang dipimpinnya. Muhari, S.Pd.,M.Pd. sebagai pengawas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Dalam sambutan kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta berujar bahwa PPKKS merupakan kegiatan administrasi dari kegiatan yang sudah kita dilakukan. Apa yang harus kita perbaiki agar ke depan lebih baik. Semoga PPKKS berjanlan lancar dan bermaanfaat bagi kita semuanya. Adapun sambuatan Amin Muslih, SPd.,M.Pd. bahwa point penilaian meliputi Kepribadian Sosial, Literasi, Pengembangan Sekolah, Kewirausahaan, Supervisi Pembelajaran. Dengan tehnik observasi langsung dokumen kerja selama satu tahun. Ada 155 dokumen yang sudah disiapkan oleh Guru dan Karyawan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang terdiri dari 42 guru dan 12 karyawan. Diakhir kegiatan PPKKS sebagai penutup Amin Muslih, S.Pd.,M.Pd berujar PPKKS dapat diselesaikan dengan baik sebagai modal untuk peningkatan mutu pendidikan. Karena generasi tahun 2035 ada bonus generasi dengan perkiraan penduduk sejumlah 350 juta dan 70 %nya adalah angkatan muda. Mereka adalah yang sekarang menjadi siswa kita. Sehingga guru dalam mengajar harus sesuai dengan perkembangan jamannya untuk menyiapkan masa depan mereka.

Sekolah Menengah Atas

RAKOR BKSM untuk Kesuksesan Sekolah Muhammadiyah

Badan Kerjasama SMA/SMK/MA Muhammadiyah (BKSM) Kota Surakarta mengadakan rapat untuk konsolidasi organisasi. Kegiatan di selenggarakan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Selasa, 10 Januari 2023. Kegiatan yang dihadiri oleh 11 kepala sekolah baik SMA/SMK/MA, mereka adalah 1. SMA Muhammadiyah 1 Surakarta : Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd. 2. SMA Muhammadiyah 2 Surakarta : Sri Darwati, M.Pd 3. SMA Muhammadiyah 3 Surakarta : Warsidi 4. SMA Muhammadiyah 6 Surakarta : Drs. Sukendar, M.Pd. 5. SMA Muhammadiyah PK Surakarta : Upik Mairina, S.Pd. 6. SMK Muhammadiyah 1 Surakarta : Tarmo 7. SMK Muhammadiyah 2 Surakarta : Ahmad Munawir 8. SMK Muhammadiyah 3 Surakarta : Fauzy Hidayat 9. SMK Muhammadiyah 4 Surakarta : Tofiq Ckoliq, S.Farm, Apt. 10. SMK Muhammadiyah 5 Surakarta : Ernawati, S.Pd. 11. MA Muhammadiyah 1 Surakarta : M. Waluyo Hadi Kegiatan rapat koordinasi dilaksanakan pukul 09.00 merupakan agenda rutin. Adapaun rapat koordinasi kali ini membahas pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan Penerimaan Pegawai dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Semoga hasil rapat koordinasi hari ini dapat membawa kesuksesan untuk sekolah Muhammadiyah. Aamiin…

Sekolah Menengah Atas

Penyerahan Mahasiswa PPL PPG Prajab Gelombang 2 FKIP UNS di ...

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah inti yang harus ditempuh oleh mahasiswa PPG Prajabatan untuk mengembangkan dan memperkuat kompetensinya dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik profesional di sekolah. Proses pengembangan kemampuan mengajar para calon guru ditempuh dengan menerapkan prinsip yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu niteni (mengamati), nirokke (menirukan), dan nambahi (mengembangkan). Mahasiswa PPG belajar mengembangkan identitas guru dan proses pembelajarannya dengan mengintegrasikan pemahaman analitikal konteks satuan pendidikan tertentu dengan konsep dan praktik mata kuliah inti lainnya. Pengalaman praktik mahasiswa PPG dirancang sebagai proses perbaikan berkelanjutan melalui format lesson study dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Hari ini Senin, 9 Januari 2023 tepat pukul 09.00, perwakilan dosen pembimbing PPL PPG Prajab Gelombang 2 Dr. Rer.Nat . Sri Mulyani, M.Si.  menyerahkan 6 mahasiswa perserta PPL PPG Prajab gel 2 kepada SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yg diterima langsung oleh Ibu Kepala Sekolah Dr. Rahayuningsih, S,PD, M.Pd. Doktor lulusan Jerman dalam sambutannya menyampaikan sangat berterima kasih pada SMA Muhmmadiyah 1 Surakarta yang sudah berkenan menjadi sekolah mitra dan menitipkan 6 mahasiswanya untuk dibimbing menjadi guru professional. Sedangkan dalam sambutannya Ibu Dr. Rahayuningsih, S.Pd, M.Pd. menyampaikan pengahargaan yang setinggi-tingginya pada FKIP UNS yang mempercayakan SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta menjadi sekolah mitra. Semoga semua mahasiswa dapat melaksanakan program PPL PPG Prajab Gel 2 ini dalam kondisi sehat, lancar dan sukses lulus dengan sangat memuaskan. Aamin….

Sekolah Menengah Atas

Jalin Kerjasama Dengan Pengajian

Hari ini Rabu, 4 Januarai 2023 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengisi kegiatan pengajian pagi di SMP Negeri 14 Surakarta. Kegiatan ini merupakan program PPDB SMA Muhammadiyah 1 Surakarta bekerjasama dengan sekolah menengah negeri, salah satunya SMP Negeri 14 Surakarta. Bentuk kerjasama yang kita lakukan adalah menjadi narasumber dalam kegiatan IMTAQ melalui pengajian pagi yang dilaksanakan setiap hari Rabu jam 07.00 sampai jam 07.40 di halaman SMP Negeri 14 Surakarta. SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mendapatkan jadwal setiap Minggu pertama, pada Rabu Minggu pertama. Pengisi kegiatan Pengajian Rabu pagi adalah bapak Suratman, S.Pd.I dengan mengambil tema Amar Ma’ruf ahi Munkar. Inti dari kegiatan ini adalah mengajak kepada kebaikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang Munkar atau keburukan.  Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan peserta sangat antusias. Semoga kegiatan ini selalu Istiqomah….