Story dari KOTA SURAKARTA

Sekolah Menengah Pertama

SMP Negeri 20 Surakarta pada hari Senin, 19 Desember sampai Kamis, 22 Desember 2022 mengadakan kegiatan…

Sekolah Menengah Atas

Perkuat Ukuwah Islamiah SMA Kota Surakarta

Guru dan Karyawan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengikuti kegiatan Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh Forum Keluarga Besar Guru Muslim (FKGBM) SMA Negeri/Swasta Kota Surakarta. (Kamis, 15 Desember 2022) Kegiatan dengan mengusung tema Perkuat Ukuwah Islamiah yang Bersinergi dan Berkontribusi dalam Membangun Harkat dan Martabat Bangsa. Tabligh Akbar dapat juga diikuti lewat canel Youtube. Kegiatan yang mengundang 1.300 guru dan karyawan muslim kota Surakarta juga dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, Drs. Suratno, M.Pd. dan beberapa Kepala Sekolah Kota Surakarta dengan pemateri Drs. H.M. Thoyibun, S.H., M.M. Inti dari pengajian mengawali dengan firman Allah yang artinya “Sesungguhnya orang-orang yang iman itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat”. Firman lain yang artinya “Seorang Mukmin dengan Mukmin lainnya seperti satu bangunan, sebagaimana menguatkan sebagaian yang lain”. Firman ini diperkuat bahwa “Orang Islam adalah saudara orang Islam yang lain, dia tidak boleh mengkhianatinya, mendustainya dan menjauhkannya. Setiap orang Islam itu haram bagi orang Islam yang lain, baik kehormatannya, hartanya dan darahnya. Ketaqwaan di sini (hati) telah cukup seseorang mendapatkan kejelekan jika dia menganggap remeh pada saudaranya yang Islam”. Berikut ini merupakan TIP agar Ukuwah Islamiah/persatuan dan persaudaraan sesama muslim. 1. Berbicara yang baik tidak menyakiti hati 2. Tidak mempermasalahkan perbedaan praktek ibadah sesama muslim 3. Selalu mengingat kelebihan, sesame muslim dan melupakan kekurangan 4. Tidak dengki, ghibah, mencela, menghina sesame muslim 5. Selalu khusnudhon bilah tidak suudhon 6. Saling memperhatikan dan saling menjaga perasaan sesama muslim 7. Memiliki sifat jujur dan Amanah (Bisa percaya Bisa dipercaya) 8. Memiliki sifat sabar 9. Saling memberi hadiah 10. Suka menolong kepada sesame muslim sesuai dengn kemampuan dan keahlian. Semoga dengan kegiatan ini akan menambah Ukhuwah Islamiyah SMA Kota Surakarta. Aamiin….

Sekolah Menengah Atas

Be A Winner In Every Math Event di Edu Expo ...

Be A Winner In Every Math Event di Edu Expo Tahun 2022 Sejumlah 117  peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengikuti kegiatan Edu Expo tahun 2022. Kegiatan ini deselenggarakan oleh MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan Konseling) yang digelar selama dua hari Selasa-Rabu, 13-14 Desember 2022 Kegiatan Edu Expo yang digelar di Kantor Graha Solo Raya jalan Slamet Riyadi 1 Surakarta diikuti oleh diikuti oleh 63  peserta dari  Perguruan Tinggi baik negeri atau swasta SeSolo Raya. Kegiatan Edu Expo kali ini dengan tema  Be A Winner In Every Math Event. Adapun kegiatan ini bertujuan agar peserta didik kelas XII  mendapat gambaran sebagai refrensi dalam memilih studi lanjut. Selain itu untuk kelas X ,XI juga harusmengerti adanya info prodi karena kurikulum IKM anak  harus punya gambaran pilihan prodi sejak kelas X, terkait pilihan MAPEL pendalaman materi di kelas XI agar link and match dengan pilihan prodi di perguruan tinggi. Guru BK SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Inmas Indratama, S.Pd. berpendapat bahwa kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan peserta didik agar mereka mendapat gambaran sebelum mereka menetapkan pilihan studi selanjutnya. Bahkan animo peserta didik yang menyaksikan Edo Expo tahun 2022 sampai saat ini sudah lebih dari 5.300 pengunjung.

Sekolah Menengah Atas

Selamat Rabbani Ketua IPM Baru di Muhiska

Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar Musyawarah Ranting (Musyran). Selasa, 13 Desember 2022. Adapun tema Musyran adalah mengoptimalkan kreatifitas guna membangun pimpinan yang progresif Kegiatan dihadiri oleh pimpinan sekolah dan perwakilan dari cabang PD IPM serta perwakilan kelas X, XI dan XII. Kegiatan Musyran kali ini untuk pertamakalinya menggunakan konsep Formatur untuk memilih pengurus IPM untuk masa bakti periode 2021-2022. Sambuatan dari PD IPM, Mafaza Haikal, berujar agar kita harus bangga menjadi kader Muhammadiyah. Muhammadiyah membawa Islam berkemajuan namun tetap berfasqoibul qoriot. Sambutan kepala SMA muhammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayuningsih, S.Pd.,M.Pd. mengucapkan terimakasih kepada semua yang hadir karena dengan berorganisasi inilah life skill yang sesungguhnya yang ada di dalam masyarakat. Sesuai dengan visi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, mewujudkan insan Islami, mandiri, berakhlakul karimah dan berwawasan global Nasehat beliau, pilih pengurus yang siap mengorbankan urusan pribadi ke urusan yang lebih besar atau kepentingan sekolah. Memandang dari berbagai sudut untuk langkah 1 tahun ke depan. Selamat bermusyawarah untuk memilih kepengurusan IPM periode 2021-2022 semoga berjalan dengan lancar. Setelah melewati musyran yang cukup alot maka terpilihlah kepenguruan IPM SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang baru dengan ketua Rabbani Halamoan Rambe dari kelas XI 3 menggantikan ketua lama Dimas Tantra Prahesa, kelas XII MIPA 1 yang sudah habis masa jabatannya.

Sekolah Menengah Atas

Pengajian Keluarga Sakinah

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengadakan kegiatan pengajian keluarga Sakinah. Kegiatan yang dilaksakan secara rutin tiap 2 bulan sekali. Untuk bulan ini bertempat di rumah Ibu Siti Nur Jannah, S.Pd., di Bayan Kajan Kadipiro Surakarta. Pengajian diisi oleh Habib Muhammad bin Yahya Baraqbah,. yang kebetulan Alumni SMA Muhammadiyah 1 Surakarta lulus tahun 2006. Akhir pengajian ditutup dengan doa. Pengajian Keluarga sakinah hari ini telah terlaksana dengan lancar, dihadiri oleh keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Surakara dengan mengajak suami atau istri seta anak-anak. Semoga dengan kegiatan ini ikatan ukhuwah diantara warga sekolah bisa semakin erat dan membawa keberkahan untuk SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Adapaun kegiatan Pengajian Keluarga sakinah  untuk dua bulan kedepan insyaallah dilaksanakan di rumah ibu Sri Sudarti, S.Pd.

Sekolah Menengah Atas

Pengenalan Kampus di SMA Muhiska

Sejumlah 117 peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengikuti kegiatan pengenalan kampus. Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari (Senin – Kamis, 5-8 Desember 2022 ) di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan menggandeng beberapa kampus yang ada di seputaran kota Surakarta. Mereka mengadakan kegiatan mengenalkan kampus mereka tentang program-program, fasilitas yang mereka miliki serta peluang kerja jika mereka sudah luluskuliah nanti. Adapun tujuan kegiatan mereka adalah agar peserta didik mempunyai gambaran dengan lingkungan dan sistem perkuliahannya. Rangkaian kegiatan pengenalan kampus sebagai berikut: Senin, 5 Desember 2022 diisi oleh Dian Nusantara, Ruang Guru dan Solocom Selasa, 6 Desember 2022 diisi oleh Universitas Aisyiyah Surakarta dan Magistra Utama Rabu, 7 Desember 2022 diisi oleh BK, Mitra Husada dan Indonusa Kamis, 8 Desember 2022 diisi oleh STIKES Nasional, SSCI dan Sinar Nusantara (SINUS) Menurt Humas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd., berharap semoga dengan adanya pengenalan kampus dapat menambah wawasan peserta didik tentang kampus tersebut dan dapat menjadi alternatif pilihan untuk melanjutkan jenjang pendidikan mereka.

Sekolah Menengah Atas

Semarak Hari Guru di SMA Muhi Surakarta

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar perayaan memperingati HUT PGRI ke-77 tahun. Kegiatan dilaksanakan di ruang Guru dihadiri oleh Drs. H. Tridjono dan seluruh guru serta karyawan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. (25 November 2022) Adapun tema HUT PGRI adalah Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan: Indonesia Kuat, Indonesia Maju. Dalam sambutan kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd. mengucapkan selamat hari guru semoga kita semua diberi kesehatan sehingga kita dapat mencerdaskan anak bangsa dengan kesabaran dan keiklasan dan semoga kita semua akan mendapat imbalan pahala dari Allah yang berlipat ganda. Sambutan dari Ketua Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Kota Surakarta sekaligus ketua komite SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Drs. H. Tridjono mengucapkan selamat hari guru dengan mensyukuri apa yang telah kita nikmati. Kita harus dapat menjadi contoh untuk anak didik kita. Semoga pengabdian kita bisa istikomah. Kegiatan HUT PGRI di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta berupa ramah tamah dilanjutkan makan bersama. Menurut humas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd. menceritakan Sejarah PGRI.  Sejarah PGRI bermula dari perjuangan guru-guru Indonesia sejak zaman pemerintahan Belanda. Pada 1912, sejarah perjuangan guru di Indonesia bermula melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini beranggotakan para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah dengan latar pendidikan yang berbeda-beda. Selain PGHB, berkembang pula organisasi guru lainnya yang beranggotakan semua guru tanpa membedakan golongan. Perjuangan guru tak hanya berfokus pada perbaikan nasib serta kesamaan hak dan posisi dengan Belanda, tetapi sudah memuncak menjadi perjuangan nasional dengan teriak “merdeka”. Pada 1932, organisasi-organisasi guru dengan berbeda-beda latar belakang, paham dan golongan sepakat bersatu mengubah nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Pengubahan nama pun mengejutkan pemerintah Belanda. Selanjutnya, perjuangan PGI tak lagi sekadar untuk nasib guru, melainkan memuncak pada kesadaran dan cita-cita kemerdekaan. Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, dan PGI sempat tidak dapat lagi melakukan aktivitas. Setelah masa kemerdekaan, pada tanggal 23-25 November 1945 digelar Kongres Guru Indonesia di Surakarta di Gedung Somaharsana (Pasar Pon), Van Deventer School, Sekolah Guru Puteri (sekarang SMP Negeri 3 Surakarta). Hasilnya semua guru Indonesia menyatakan dirinya bersatu dalam satu wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Selanjutnya, pemerintah melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional. Kegiatan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh ustad Farhan Qodriyanto, S.Pd.I.

Sekolah Menengah Atas

Selamat, Dr. Najib A. Gisymar Ketua Umum PAMUJI

PAMUJI (Perkumpulan Alumni Muhammadiyah Siji) menggelar kegiatan pelantikan pengurus untuk masa bakti 2022-2027. Pelantikan berlangsung di Hotel Fave, Rabu (16/11). Sebanyak 61 pengurus dilantik oleh Ketua Umum Dr. Najib A. Gisymar. Hadir dalam kegiatan tersebut Rahman Husein selaku pembina dan juga Dahlan Rais, Joko Riyanto selaku pengawas juga perwakilan dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd. dan Suratman, S.Pd.I. Dalam pelantikan tersebut Najib berujar kepada seluruh pengurus agar amanah, kompak dan profesional dalam mengemban tugas ini. Semoga kiprah Pamuji semakin dirasakan  manfaatnya untuk masyarakat. Sementara itu Sektretaris Umum Pamuji Dr. R. Taufiq Nur menjelaskan bahwa selain melantik pengurus baru dalam kegiatan ini juga dilakukan Rapat Kerja. “Masing-masing bidang menyusun program kerja sehingga kedepan bisa kita implementasikan program-program tersebut untuk kepentingan umum,” katanya. “Melalui komposisi seperti ini diharapkan kedepan ada regenerasi dari pengurus angkatan 80 an ke angkatan 2000 sehingga akan didapatkan organisasi yang sustainable,” imbuhnya. Humas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd. mengucapkan Selamat atas pelantikan kepengurusan PAMUJI semoga ke depan akan lebih baik dalam bersinergi antar semua elemen dan stakeholder.