Rabu, 08 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Perkuat Ukuwah Islamiah SMA Kota Surakarta

Guru dan Karyawan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengikuti kegiatan Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh Forum Keluarga Besar Guru Muslim (FKGBM) SMA Negeri/Swasta Kota Surakarta. (Kamis, 15 Desember 2022)
Kegiatan dengan mengusung tema Perkuat Ukuwah Islamiah yang Bersinergi dan Berkontribusi dalam Membangun Harkat dan Martabat Bangsa. Tabligh Akbar dapat juga diikuti lewat canel Youtube.
Kegiatan yang mengundang 1.300 guru dan karyawan muslim kota Surakarta juga dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, Drs. Suratno, M.Pd. dan beberapa Kepala Sekolah Kota Surakarta dengan pemateri Drs. H.M. Thoyibun, S.H., M.M.
Inti dari pengajian mengawali dengan firman Allah yang artinya “Sesungguhnya orang-orang yang iman itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat”. Firman lain yang artinya “Seorang Mukmin dengan Mukmin lainnya seperti satu bangunan, sebagaimana menguatkan sebagaian yang lain”.
Firman ini diperkuat bahwa “Orang Islam adalah saudara orang Islam yang lain, dia tidak boleh mengkhianatinya, mendustainya dan menjauhkannya. Setiap orang Islam itu haram bagi orang Islam yang lain, baik kehormatannya, hartanya dan darahnya. Ketaqwaan di sini (hati) telah cukup seseorang mendapatkan kejelekan jika dia menganggap remeh pada saudaranya yang Islam”.
Berikut ini merupakan TIP agar Ukuwah Islamiah/persatuan dan persaudaraan sesama muslim.
1. Berbicara yang baik tidak menyakiti hati
2. Tidak mempermasalahkan perbedaan praktek ibadah sesama muslim
3. Selalu mengingat kelebihan, sesame muslim dan melupakan kekurangan
4. Tidak dengki, ghibah, mencela, menghina sesame muslim
5. Selalu khusnudhon bilah tidak suudhon
6. Saling memperhatikan dan saling menjaga perasaan sesama muslim
7. Memiliki sifat jujur dan Amanah (Bisa percaya Bisa dipercaya)
8. Memiliki sifat sabar
9. Saling memberi hadiah
10. Suka menolong kepada sesame muslim sesuai dengn kemampuan dan keahlian.
Semoga dengan kegiatan ini akan menambah Ukhuwah Islamiyah SMA Kota Surakarta. Aamiin….