Story dari KOTA SURAKARTA

Sekolah Menengah Atas

Pengenalan Kampus di SMA Muhiska

Sejumlah 117 peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengikuti kegiatan pengenalan kampus. Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari (Senin – Kamis, 5-8 Desember 2022 ) di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan menggandeng beberapa kampus yang ada di seputaran kota Surakarta. Mereka mengadakan kegiatan mengenalkan kampus mereka tentang program-program, fasilitas yang mereka miliki serta peluang kerja jika mereka sudah luluskuliah nanti. Adapun tujuan kegiatan mereka adalah agar peserta didik mempunyai gambaran dengan lingkungan dan sistem perkuliahannya. Rangkaian kegiatan pengenalan kampus sebagai berikut: Senin, 5 Desember 2022 diisi oleh Dian Nusantara, Ruang Guru dan Solocom Selasa, 6 Desember 2022 diisi oleh Universitas Aisyiyah Surakarta dan Magistra Utama Rabu, 7 Desember 2022 diisi oleh BK, Mitra Husada dan Indonusa Kamis, 8 Desember 2022 diisi oleh STIKES Nasional, SSCI dan Sinar Nusantara (SINUS) Menurt Humas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd., berharap semoga dengan adanya pengenalan kampus dapat menambah wawasan peserta didik tentang kampus tersebut dan dapat menjadi alternatif pilihan untuk melanjutkan jenjang pendidikan mereka.

Sekolah Menengah Atas

Semarak Hari Guru di SMA Muhi Surakarta

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar perayaan memperingati HUT PGRI ke-77 tahun. Kegiatan dilaksanakan di ruang Guru dihadiri oleh Drs. H. Tridjono dan seluruh guru serta karyawan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. (25 November 2022) Adapun tema HUT PGRI adalah Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan: Indonesia Kuat, Indonesia Maju. Dalam sambutan kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd. mengucapkan selamat hari guru semoga kita semua diberi kesehatan sehingga kita dapat mencerdaskan anak bangsa dengan kesabaran dan keiklasan dan semoga kita semua akan mendapat imbalan pahala dari Allah yang berlipat ganda. Sambutan dari Ketua Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Kota Surakarta sekaligus ketua komite SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Drs. H. Tridjono mengucapkan selamat hari guru dengan mensyukuri apa yang telah kita nikmati. Kita harus dapat menjadi contoh untuk anak didik kita. Semoga pengabdian kita bisa istikomah. Kegiatan HUT PGRI di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta berupa ramah tamah dilanjutkan makan bersama. Menurut humas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd. menceritakan Sejarah PGRI.  Sejarah PGRI bermula dari perjuangan guru-guru Indonesia sejak zaman pemerintahan Belanda. Pada 1912, sejarah perjuangan guru di Indonesia bermula melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini beranggotakan para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah dengan latar pendidikan yang berbeda-beda. Selain PGHB, berkembang pula organisasi guru lainnya yang beranggotakan semua guru tanpa membedakan golongan. Perjuangan guru tak hanya berfokus pada perbaikan nasib serta kesamaan hak dan posisi dengan Belanda, tetapi sudah memuncak menjadi perjuangan nasional dengan teriak “merdeka”. Pada 1932, organisasi-organisasi guru dengan berbeda-beda latar belakang, paham dan golongan sepakat bersatu mengubah nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Pengubahan nama pun mengejutkan pemerintah Belanda. Selanjutnya, perjuangan PGI tak lagi sekadar untuk nasib guru, melainkan memuncak pada kesadaran dan cita-cita kemerdekaan. Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, dan PGI sempat tidak dapat lagi melakukan aktivitas. Setelah masa kemerdekaan, pada tanggal 23-25 November 1945 digelar Kongres Guru Indonesia di Surakarta di Gedung Somaharsana (Pasar Pon), Van Deventer School, Sekolah Guru Puteri (sekarang SMP Negeri 3 Surakarta). Hasilnya semua guru Indonesia menyatakan dirinya bersatu dalam satu wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Selanjutnya, pemerintah melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional. Kegiatan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh ustad Farhan Qodriyanto, S.Pd.I.

Sekolah Menengah Atas

Selamat, Dr. Najib A. Gisymar Ketua Umum PAMUJI

PAMUJI (Perkumpulan Alumni Muhammadiyah Siji) menggelar kegiatan pelantikan pengurus untuk masa bakti 2022-2027. Pelantikan berlangsung di Hotel Fave, Rabu (16/11). Sebanyak 61 pengurus dilantik oleh Ketua Umum Dr. Najib A. Gisymar. Hadir dalam kegiatan tersebut Rahman Husein selaku pembina dan juga Dahlan Rais, Joko Riyanto selaku pengawas juga perwakilan dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd. dan Suratman, S.Pd.I. Dalam pelantikan tersebut Najib berujar kepada seluruh pengurus agar amanah, kompak dan profesional dalam mengemban tugas ini. Semoga kiprah Pamuji semakin dirasakan  manfaatnya untuk masyarakat. Sementara itu Sektretaris Umum Pamuji Dr. R. Taufiq Nur menjelaskan bahwa selain melantik pengurus baru dalam kegiatan ini juga dilakukan Rapat Kerja. “Masing-masing bidang menyusun program kerja sehingga kedepan bisa kita implementasikan program-program tersebut untuk kepentingan umum,” katanya. “Melalui komposisi seperti ini diharapkan kedepan ada regenerasi dari pengurus angkatan 80 an ke angkatan 2000 sehingga akan didapatkan organisasi yang sustainable,” imbuhnya. Humas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd. mengucapkan Selamat atas pelantikan kepengurusan PAMUJI semoga ke depan akan lebih baik dalam bersinergi antar semua elemen dan stakeholder.

Sekolah Menengah Pertama

Pramuka SMPN 20 Surakarta Raih Juara 2 Putri Lomba Tingkat ...

Surakarta, Hebat, inilah ucapan yang pantas dipersembahkan buat tim pramuka SMPN 20 Surakarta yang telah sukses…

Sekolah Menengah Atas

SMA Muhi Gelar AAS dan PAS Gasal

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta melaksanakan Asesmen Akhir Semester (AAS) kelas X, XI dan Penilaiana Akhir Semester (PAS) Gasal SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Asesmen akhir semesater (AAS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan. SMA Muhammadiyah 1 Surakarta melaksanakan AAS dan PAS mulai 23 Nov 2022 sampai 2 Des 2022 secara offline menggunakan aplikasi smarteshcool, selain itu AAS/PAS utk mata pelajaran tertentu sudah dilaksanakan dengan cara performan untuk mata pelajaran Bahasa, Seni Budaya, dan Pendidikan Jasmani. Pelaksanaan AAS dan PAS ini diikuti oleh semua peserta didik kelas X, XI dan XII sebanyak 472 peserta yanga terbagi dalam 12 ruang ujian.

Sekolah Menengah Atas

Muhammadiyah Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta

Muhammadiyah merupakan organisasi masyarakat yang terbesar di Indonesia. Organisasi yang bergerak dalam dunia pendidikan dan kemanusiaan ini memiliki struktur organisasi yang selalu berganti di setiap periode kepengurusannya. Pergantian pengurus ini dilaksanakan dalam bentuk muktamar. Muktamar adalah permusyawaratan tertinggi di Muhammadiyah. Selain momen regenerasi, Muktamar adalah momen silaturahmi dan kolaborasi warga persyarikatan. Muktamar diikuti oleh ribuan orang perwakilan wilayah dan daerah Muhammadiyah, juga dimeriahkan oleh warga Muhammadiyah se-Indonesia bahkan Dunia. Tahun ini kegiatan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah akan dilaksanakan di Surakarta pada 18-20 November 2022 M bertepatan pada 23-25 Rabiulakhir 1444 H. Sebagai sekolah yang berada di bawah naungan yayasan Muhammadiyah, maka SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tidak mau ketinggalan akan turut serta memerihkan kegiatan muktamar tersebut. Dalam kegiatan muktamar, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengirimkan 61 peserta didik yang tergabung dalam kelompok paduan suara yang mengisi kegiatan pembukaan muktamar di stadion manahan. Selain itu, tim pendekar tapak suci juga tidak mau ketinggalan ikut serta tampil dengan jurus-jurusnya bergabung dengan perguruan tapak suci se jawa tengah. Selama kegiatan muktamar, sekolah meniadakan kegiatan belajar mengajar. Karena kami berharap agar seluruh warga sekolah turut serta menikmati kemeriahan muktamar yang dilaksanakan 5 tahun sekali ini. Selain karena itu, ditiadakannya Kegiatan belajar mengajar ini juga karena ruang kelas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta disiapkan untuk menjadi tempat penginapan para muktamirin penggembira. Dalam hal ini, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menerima tamu dari Pekan Baru dan Sulawesi Tenggara yang diagendakan kurang lebih sekitar 190 muktamirin peserta dan penggembira. Badan Usaha Milik Sekolah (BUMS) juga turut mengambil bagian dengan menyediakan oleh-oleh khas solo. Dan ternyata memang diminati para muktamirin penggembira yang menginap di sekolah kami. Alhamdulillah muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah di solo ini bisa berjalan dengan lancar, para muktamirin yang menginap di sekolah kami juga merasa nyaman. Meskipun kegiatan Muktamar telah berakhir, dan para muktamirin yang menginap di sekolah kami juga sudah pulang, semoga hal ini tidak memutus tali silaturahim diantara kita semuanya. Dan semoga suatu saat nanti bisa dipertemukan kembali dalam suasana yang berbeda namun lebih baik. Selamat kepada Bapak Haidar Nashir Yang terpilih menjadi ketua PP Muhammadiyah dan Bapak Abdul Mu’ti Sebagai sekretarisnya. Dan selamat juga kepada ibu Salmah Orbayinah Yang menjadi ketua Aisyiyah dan ibu Tri Hastuti Nur Rochimah Sebagai sekretarisnya. Semoga amanah dalam menjalankan tugasnya dan bisa membawa Muhammadiyah dan Aisyiyah menjadi organisasi yang terbesar dan mencerahkan alam semesta.

Sekolah Menengah Atas

Sosialisasi Manfaat SADARI dan Mengenali Gejala Tumor Otak

Sosialisasi Manfaat SADARI dan Mengenali Gejala Tumor Otak SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar sosialisasi kanker payudara dan tumor otak. Kegiatan diikuti oleh 30 peserta didik putri SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Sosialisasi terselenggara berkat kerjasama dengan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Rumah Sakit Umum Pusat Surakarta (RSUP). Rabu, 2 November 2022. Sosialisasi membahas Manfaat SADARI pada Deteksi Dini Kanker Payudara dan Mengenali Gejala Tumor Otak. Kegiatan diisi oleh dr. Hitaputra Agung Wardhana ,Sp. B, FINACS dan dr. Sulistyani, Sp.N. Beserta 6 dokter muda dari UMS mereka adalah Hanggana Sekar Rini,S.Ked., Muhammad Dharma Prayogi,S.Ked., Indah Dwi Widyasari, S.Ked., Deny Puji Krestianto, S.Ked., Mahadevi Cinantyan Wibowo, S.Ked., dan Dwi Hanif Mustofa S.Ked. Mereka diterima Wakil Kepala bidang Humas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd. yang mengucapkan selamat datang semoga dengan sosialisasi ini bermanfaat untuk peserta didik dan selanjutnya dapat ditularkan kepada peserta lain, teman di lingkungan sekolah atau di sekitar tempat tinggal mereka. Sosialisasi pertama tentang Kenali Gejala Tumor otak yang disampaikan oleh dr. Sulistyani, Sp.N., dalam paparannya diuraikan bahwa Tumor otak adalah sel–sel abnormal yang tumbuh disekitar otak secara tidak wajar dan berbahaya. Penyebabnya adalah genetic, infeksi, radiasi, zat karsinogenik (Ex rokok), Riwayat kanker dan sisa jaringan embrional. Adapun tanda-tanda tumor otak adalah nyeri kepala hebat terlebih d pagi hari, mual dan mutah, gangguan ingatan, kejang dan penglihatan kabur. Perlu dicurigai kapan nyeri kepala karena tumor otak yaitu nyeri kepala setelah bangun tidur, nyeri kepala dengan tanda-tanda neurologis, nyeri kepala progresif, nyeri kepala akut maupun persisten tanpa riwayat migrain. Jika muncul tanda-tanda seperti ini segera periksa ke dokter. Kegiatan selanjutnya adalah deteksi dini kanker payudara dengan sadari yang disampaikan oleh dr. Hitaputra Agung Wardhana ,Sp. B, FINACS., dalam paparannya membahas bahwa Kanker payudara merupakan kanker yang berasal dari sel-sel yang terdapat di payudara, bisa dari sel-sel saluran air susu atau sel-sel kelenjar penghasil air susu atau jaringan lain. Kanker payudara umunya tidak menimbulkan gejala jika ukurannya masih kecil. Jika kanker payudara sampai teraba, pasien sering hanya mengeluhkan benjolan tidak nyeri. Kanker payudara juga dapat menyebar ke kelenjar getah bening ketiak dan menimbulkan benjolan, bahkan sebelum ukuran tumor payudara primer cukup besar untuk diraba. Gejala lain kanker payudara yang mungkin dijumpai, yaitu pembengkakan di seluruh atau sebagian payudara, iritasi kulit (dimpling), nyeri payudara atau puting, retraksi puting, kulit payudara atau puting memerah, mengelupas, atau menebal, keluarnya sekret dari payudara (selain air susu). Jika ada tanda-tanda seperti itu maka perlu dilakukan Skrining.  Skrining adalah memeriksakan diri secara tertatur untuk penyakit yang sering terjadi, TANPA menunggu adanya gejala atau keluhan terlebih dahulu. Salah satu upaya melakukan skrining atau deteksi dini kanker payudara adalah melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). SADARI dilakukan sejak anak perempuan akil baligh dan seumur hidup, Sekali sebulan pada hari 7-15 dihitung dari haid hari pertama, Bila sudah menopause dapat dilakukan kapan saja. Yang perlu diingat untuk menjadi sehat maka kita perlu CERDIK (Cek kesehatan berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet dengan gizi seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress. Semoga dengan adanya sosialisasi ini seluruh peserta didik putri semakin meningkat kesehatannya. Terima kasih untuk dr. Hitaputra Agung Wardhana ,Sp. B, FINACS dan dr. Sulistyani, Sp.N dari Rumah Sakit Umum Pusat Surakarta (RSUP) serta dokter muda dari FK UMS.