Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Pengurus OSIS dan MPK Masa Bakti 2021/2022

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Pengurus OSIS dan MPK Masa Bakti 2021/2022

Jakarta, 21 Februari 2022 — Kepala MTsN 3 Jakarta, Drs. Syamsudin, M.Pd. melantik pengurus OSIS dan MPK Masa Bakti 2021/2022. Kegiatan pelantikan ini dilaksanakan secara langsung di gedung PSBB MTsN 3 Jakarta pada hari Kamis, 17 Februari 2022, pukul 13.00 WIB s.d selesai. Tindak lanjut acara ini sekaligus dilaksanakan prosesi serah terima jabatan dari pengurus OSIS dan MPK Masa Bakti 2020/2021 kepada pengurus baru OSIS dan MPK Masa Bakti 2021/2022. Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh guru, walikelas dan siswa MTsN 3 Jakarta secara live melalui virtual zoom dan streaming Youtube.

Kegiatan pelantikan dan sertijab merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh panitia OSIS dan MPK. Acara sebelumnya yaitu kegiatan seminar kepemimpinan untuk calon osis dan mpk (13/01), debat calon ketua osis dan pemilihan ketua osis (21/01), latihan dasar kepemimpinan osis-mpk (11-12/02), hingga kegiatan puncak yaitu pelantikan dan serah terima jabatan kepada pengurus OSIS dan MPK Masa Bakti 2021/2022 (17/02). Siswa dan siswi MTsN 3 Jakarta yang dilantik sebagai pengurus OSIS dan MPK berjumlah 81 orang, terdiri atas 49 pengurus OSIS dan 32 pengurus MPK. Ulasan mengenai serangkaian acara pelantikan dan sertijab pengurus OSIS dan MPK sebagai berikut:

 

Pembukaan Acara

Kegiatan dibuka oleh pembawa acara Azka naufal Fawwaz (kelas 9) dan Lulu Hafidz Briliana (kelas 9). Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta di sekolah dan warga MTsN 3 Jakarta yang di rumah

Setelah itu, pembacaan doa yang disampaikan oleh perwakilan kelas 9 yaitu Syamil Imtiyaz.

Pembacaan SK Penetapan OSIS-MPK Masa Bakti 2021/2022

Pembacaan surat keputusan nama-nama anggota OSIS dan MPK masa bakti 2021/2022 disampaikan oleh wakil kesiswaan Bapak Andi Rosa, MA dan pembina OSIS/MPK yakni Bapak M. Tedi Ismanto, S.Kom.

 

Prosesi Pelantikan OSIS/MPK MTsN 3 Jakarta

Prosesi pelantikan dipandu dan dipimpin oleh Kepala MTsN 3 Jakarta, Bapak Drs. Syamsudin, M,Pd.. Seluruh peserta mengikuti prosesi pelantikan, serah terima jabatan dan pembacaan sumpaj janji. Peserta bersama-sama menaruh tangan di dada saat pembacaan janji dengan sungguh-sungguh.

Prosesi Serah Terima Jabatan dan Sumpah Janji

Serah terima jabatan dari ketua OSIS-MPK masa bakti 2020/2021 kepada ketua OSIS-MPK masa bakti 2021/2022 ditandai dengan penyerahan panji yang dipandu dan diserahkan oleh Kepala MTsN 3 Jakarta, Bapak Drs. Syamsudin, M,Pd.

 

Penandatanganan Berita Acara Sertijab

Ketua OSIS sebelumnya Alif Athallah dan ketua OSIS baru Toby Ghanueraazaq Wasis menuliskan tanda tangan pada Berita Acara Sertijab. Momen ini secara sah dan tertulis telah berpindah kepengurusan yang baru kepada ketua OSIS terpilih. Demikian halnya, Ketua MPK sebelumnya Haya Rahma Syaqila dan Ketua MPK baru yaitu Azzahra Khoirunnisa menuliskan tanda tangan pada Berita Acara Sertijab

Sambutan-Sambutan

Pada sesi sambutan disampaikan secara berurutan, sebagai berikut:

  1. Sambutan Ketua OSIS dan MPK masa bakti 2020/2021, yakni Alif dan Haya.

Dalam sambutannya mereka berharap agar pengurus OSIS/MPK yang baru dilantik dapat bekerjasama dengan baik sebagaimana sebuah tim, selamat bekerja dan lebih maju dan berkembang untuk OSIS/MPK yang baru.

  1. Sambutan Ketua OSIS dan MPK masa bakti 2021/2022, yakni Toby dan Azzahra.

Dalam sambutannya pengurus OSIS/MPK baru menyampaikan beberapa hal antara lain: (1) Semoga dapat menjalankan amanah dengan baik, serta perlu arahan bimbingan dan dukungan untuk program-program yang akan dilaksanakan agar lancar. (2) Dalam berorganisasi yang dibutuhkan adalah kerjasama dan peran semua untuk bergotong royong, agar visi misi OSIS/MPK dapat terwujud. (3) Peran serta dan doa dari semua warga MTsN 3 Jakarta jauh lebih penting, oleh karena itu mohon doa restu agar kami dapat menjalankan amanah dengan tanggungjawab.

  1. Sambutan Kepala MTsN 3 Jakarta, Bapak Drs. Syamsudin, M.Pd.

Sambutannya Bapak kepala Madrasah menyemangati semua pengurus agar mampu berkolaborasi. Hal-hal lainnya yang disampaikan antara lain: (1) Perintah berkolaborasi adalah sangat penting karena perintah agama. Oleh karena itu pengurus OSIS/MPK tetap semangat menjalankan amanah karena bernilai pahala disisi Allah SWT, (2) Semua pengurus OSIS/MPK diberi kesempatan untuk belajar mengalami/otentik disetiap kegiatan melalui kolaborasi. Oleh karena itu, ide-ide segera dibahas bersama melalui rapat penyusunan program kerja yang terukur sesuai daya dukung sekolah. (3) Keterampilan yang dibutuhkan adalah inovasi, oleh karena itu mengajak semua siswa untuk berprestasi dalam berbagai minat kegiatan/lomba, dan (4) Pengurus osis agar menerapkan prinsip berorganisasi yaitu: Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Susun perencanaan program kerja sebaik mungkin agar visi misi dapat terwujud. Tim kolaborasi perlu diorganisasikan dengan baik, siapa saja yang berperan dan apa tanggungjawabnya. Laksanakan program dengan penuh tanggungjawab. Selanjutnya dievaluasi setiap program kerja, apa keunggulannya dan apa hambatannya hingga kedepannya dapat diwariskan kepada pengurus OSIS/MPK berikutnya.

 

Ucapan Selamat

Ucapan selamat perwakilan guru disampaikan oleh Bapak M. Taufik S, Ag. “Semoga dapat menjalankan amanah dengan baik dan meneruskan program-program yang telah dimusyawarahkan bersama agar MTsN 3 Jakarta jauh lebih baik kedepannya. Pengurus osis agar terus berinovasi dan kreatif, serta semoga mendapatkan pengalaman yang berharga” tutur Bapak M. Taufik dihadapan seluruh peserta pelantikan OSIS/MPK.

 

Penutup
Kegiatan pelantikan dan sertijab pengurus OSIS/MPK masa bakti 2021/2022 ditutup dengan pembaca doa yang disampaikan oleh Syamil Imtiyaz (Kelas 9).

________________________________________
Staff Humas dan Pengembangan Mutu Madrasah
Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jakarta

Laman: mtsnegeri3jakarta.sch.id
Instagram: @mtsn3jakarta
Youtube: MTSN3 Jakarta

#MTsN3Jakarta
Penulis: Staff Humas
Editor: Staff Humas