Kamis, 09 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Tingkatkan Literasi dan Numerasi, MKKS SMPN Se-Kabupaten Ngawi Berkunjung ke SMPN 4 Pakem

Tingkatkan Literasi dan Numerasi, MKKS SMPN Se-Kabupaten Ngawi Berkunjung ke SMPN 4 Pakem
Foto :  Rombongan MKKS SMP Negeri Kab. Ngawi, diterima di Ruang Aula KH. Dewantara

MKKS SMPN Kabupaten Ngawi pada Sabtu, 19 Februari 2022 berkunjung ke SMPN 4 Pakem. Kunjungan ke ‘sekolah berkarakter juara’ tersebut dilakukan guna menggali lebih dalam bagaimana implementasi literasi dan numerasi. Rombongan yang dipimpin oleh Bapak Samirun, S. Pd., M. Pd., selaku Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngawi dan Bapak Gunawan Wibisana, S. Pd., M. Si., selaku ketua MKKS SMPN Kabupaten Ngawi.

“Saya mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngawi, menyampaikan terima kasih kepada MKKS Kabupaten Sleman dan SMPN 4 Pakem. Ikutnya kami dalam kunjungan ini untuk menyerap hal-hal yang bisa kami implementasikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Ngawi,” terang Bapak Samirun, S. Pd., M. Pd.

“Kunjungan ini kami lakukan sebagai ajang silaturahmi dan juga sebagai salah satu program kerja kami untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Ngawi. Sudah tersiar kabar dan telah terbutkti bahwa SMPN 4 Pakem memang memiliki prestasi yang luar biasa dalam literasi dan numerasi. Maka, kami ingin studi tiru terkait bagaimana mengelola pembelajaran yang menguatkan literasi dan numerasi,” ucap Bapak Gunawan Wibisana, S. Pd., M. Si., dalam sambutannya.

Ketua MKKS SMP Kabupaten Sleman, Bapak Sukendar, M.Pd., juga turut hadir dalam kunjungan ini menyampaikan terima kasih atas kunjungan serta memperkenalkan kepengurusan MKKS SMP Kabupaten Sleman, program kerja MKKS berupa peningkatan mutu bagi kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Selain itu Bnpak Sukendar juga menyampaikan bahwa kunjungan MKKS dari Ngawi ke SMP 4 Pakem memang tidak salah alamat. Pak ponidi ini dulu waktu pelatihan calon kepala sekolah merupakan peserta paling muda, tapi diangkat paling awal. Tapi lainnya sebagian besar sudah purna karena pensiun, tinggal saya dan beberapa orang sja Pak Ponidi ini pensiunnya masih 11 tahun lagi. Prestasi sekolah yang ia nahkodai juga yang terbaik di Kabupaten Sleman bahkan di DIY.

Kepala Sekolah menerima vandel dari Ketua MKKS SMP Negeri Kab. Ngawi

Kepala Sekolah menerima vandel dari Ketua MKKS SMP Negeri Kab. Ngawi

Bapak Ponidi, S.Pd., selaku kepala SMPN 4 Pakem menerima kedatangan tamu secara langsung menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang telah dilakukan oleh MKKS SMPN Kabupaten Ngawi. “Saya mewakili sekolah menyampaikan terima kasih atas kunjungan ini. Literasi dan Numerasi memang saat ini tengah gaungkan. SMPN 4 Pakem telah mengembangkan sebuah inovasi yang telah diakui secara nasional yakni, GELANG SI CANTIK yang merupakan akronim dari Gerakan Literasi Mengangkat Prestasi dengan Membaca, Menulis, dan TIK. Inovasi ini telah mampu meningkatkan prestasi siswa baik dalam bidang literasi dan numerasi,” jelas Bapak Ponidi, S.Pd. Selain penjelasan tentang GELANG SI CANTIK, karena banyaknya pertanyaan tentang manajemen maka dijelaskan pula implementasi MPMBS kemudian MBS  di SMP 4 Pakem.  Sekolah ini terus eksis dikelola dengan MBS.  “SMPN 4 Pakem terus melakukan inovasi-inovasi yang pada tahun 2021 telah mendapatkan pengakuan dari Bupati Kabupaten Sleman, dan menjadi sekolah paling inovatif dan ini akan kita tumbuh dan kembangkan terus,’ pungkas Ponidi, S. Pd.

Pada kunjungan tersebut juga tampil storytelling yang dibawakan oleh Abelly Floren Geraleen, siswa dari SMPN 4 Pakem dengan judul The Legend of Tangkuban Perahu.

*** (smb)