Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Gelar Webinar Bertajuk Performance Profesional dalam Kepewaraan

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang menggelar Webinar Kepewaraan “Performance Profesional dalam Kepewaraan” pada Sabtu (2/10) secara daring melalui Zoom Meeting. Penyelenggaraan webinar ini sebagai upaya menumbuhkan profesionalitas dalam profesi pewara.

Narasumber dalam webinar ini adalah sosok presenter profesional yang merupakan alumnus Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang, Poppy Monica. Poppy Monica atau yang lebih akrab disapa Poppy Phiipopo merupakan presenter yang telah menekuni kariernya di bidang kepewaraan sejak di bangku perkuliahan.

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dr Rahayu Pristiwati MPd, menyampaikan bahwa kepewaraan pada saat ini merupakan fenomena global tanpa batas, bekerja dalam dunia komunikasi membuat seseorang berada pada inti sebuah organisasi dan memberikan kesempatan berharga. Hakikat yang unik dari hal yang dilakukan juga membawanya pada banyak tantangan. Itulah yang membuat hidup dalam dunia kepewaraan sebagai suatu pengalaman yang memesona dan menarik. Salah satu alasan orang banyak menikmati bekerja dalam dunia kepewaraan adalah pergerakan yang cepat dan stimulasi secara intelektual.

Dalam kesempatannya, Poppy Monica menyampaikan kiat-kiat menjadi pewara yang profesional melalui ilmu public speaking yang handal.

“Semua orang dapat berbicara, akan tetapi tidak semua orang memiliki kepercayaan diri untuk berbicara di depan publik,” tuturnya.

Menurutnya, rumus dalam public speaking atau berbicara publik dapat dirumuskan dalam satu kata, SYAHRINI: Senyum, Yakin, Aktual, Handal, Relevan, Intonasi, Napas teratur, dan Informasi.

Poppy Monica menyampaikan bahwa latihan merupakan langkah yang harus dilakukan agar mampu memperbaiki kualitas diri menjadi pewara yang profesional.

“Dalam melakukan suatu pekerjaan harus kita lalukan dari hati, ikhlas, dan tidak putus asa sehingga akan membuahkan hasil yang tidak disangka-sangka di kemudian hari,” pungkasnya.