Sabtu, 04 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Masa Ta’aruf Siswa Baru Mtsn 2 Magelang Dilakukan Secara Daring

Masa Ta’aruf Siswa Baru Mtsn 2 Magelang Dilakukan Secara Daring

[Magelang] Tahun ajaran baru 2021-2022 dimulai pada bulan Juli ini. Sesuai dengan kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh kementrian agama, para siswa mulai masuk untuk mengikuti proses pembelajaran.

Bagi siswa baru kelas 7 MTsN 2 Magelang masuk pertama mengikituti kegiatan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) sesuai dengan kalender pendidikan. Masa ta’aruf siswa madrasah ini dilaksanakan selama tiga hari, (13 – 15 Juli 2021).

Pelaksanaan MATSAMA tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya sebelum terjadi wabah pandemi COVID-19. Masa ta’aruf kali ini dilaksanakan secara daring.

“Karena kita masih dalam suasana pandemi COVID-19 dan juga saat ini masih dalam masa PPKM maka masa ta’aruf bagi siswa baru tetap kami selenggaeakan namun dengan sistem daring. ” kata Dra. Solihah, MSI, kepala MTsN 2 Magelang.

Sebanyak 223 siswa kelas 7 mengikuti kegiatan tersebut melalui daring dari rumah masing-masing. Dalam kegiatan tersebut, para siswa akan mendapatkan materi seperti sejarah madrasah, tata tertib sekolah, struktur dan organisasi, akhlakul karimah dan lain sebagainya.

Ditanya mengenai tujuan dari penyelenggaraan kegiatan matsama, ketua panitia Chalimah, S. pd. mengatakan tujuan utamanya adalah agar para siswa baru bisa beradaptasi dan juga mengenal lingkungan yang akan mereka tempati sebagai tempat belajar mereka.

“Mereka akan menempati tempat belajar yang baru. Jadi mereka perlu mengetahui dan juga beradaptasi dengan lingkungan baru mereka yang akan dijadikan tempat belajar sehingga saat belajar nanti, mereka nyaman dan juga krasan. Kalau sudah nyaman dan krasan, InsyaAllah akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. ” Ujarnya.

Selama tiga hari, para siswa menerima materi melalui daring secara terjadwal. Kegiatan matsama dimulai pukul 07.00 dengan kegiatan pembiasaan seperti tadarus Al-Quran dan salat Dhuha dilanjutkan penyampaian materi yang berakhir hingga pukul 09.30.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kepala Madrasah secara langsung melalui zoommeet tersebut berakhir pada Kamis 15 Juli 2021. (KF)