Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Prof. Marjono Usung Sepuluh Program UB Sebagai PTNBH Unggul

Prof. Marjono Usung Sepuluh Program UB Sebagai PTNBH Unggul
Prof. Dr. Marjono,M.Phil

Sidang Pleno Terbuka Senat Akademik Universitas (SAU) dalam rangka Kampanye Bakal Calon Rektor Universitas Brawijaya (UB) 2022-2027 dilaksanakan di Gedung Samantha Krida UB (19/4/2022).

Bakal Calon Rektor UB, Prof. Dr. Marjono, M.Phil memaparkan visinya membawa UB menjadi perguruan tinggi pelopor dan pembaharu dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama yang menunjang industri berbasis budaya untuk kesejahteraan masyarakat.

Ada empat point penting dalam visi yang disampaikan.

Pertama, juara atau leading. Untuk menjadi pelopor UB harus menjadi leading university sehingga dapat menjadi percontohan yang diharapkan akhirnya kesejahteraan bagi civitas akademika.

Kedua, pembaharu: out of the box/innovative. Untuk menjadi pembaharu harus mempunyai keunikan yang menjadi pemenang bereputasi internasional yaitu high (above standard), iptek, industri: natural and human resources. Mengembangkan dan merekatkan industry dengan akademik sehingga harus mengoptimalkan seluruh sumber daya baik manusia dan alam.

Dalam kesempatan itu, Prof. Majono mengatakan akan membawa UB menjadi PTNBH unggul melalui 10 program yang sudah dirancang antara lain :

Pertama, efisiensi organisasi, melanjutkan akreditasi A dan akreditasi unggul dan tingkatkan akreditasi nasional dan internasional.

Kedua, meningkatkan prosentase jumlah mahasiswa pasca sarjana yang sekarang 8,33% (5.000 dari 59.000 mahasiswa).

Ketiga, penurunan masa studi melalui efisiensi pembimbingan skripsi, tesis dan disertasi.

Keempat, new 3in1 : meneruskan program 3in1 yang lama diimprove pada join supervision.

Kelima, MBKM dan kelas kolaboratif.

Keenam, melanjutkan dan meningkatkan pemberian rewards untuk publikasi dosen.

Ketujuh, pemberian beasiswa untuk mahasiswa asing dan pendamping untuk mendapatkan beasiswa bagi dosen.

Kedelapan, memperbanyak program kerjasama dengan industri (industria academy).

Kesembilan, meningkatkan rekognisi dosen dan mahasiswa melalui keterlibatan mahasiswa pada aktivitas dosen.

Kesepuluh, peningkatan yang signifikan untuk pertambahan jumlah dosen bergelar Doktor, guru besar, Lektor dan Lektor Kepala.

Prof. Marjono pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Sekretaris IO-UB, dan Direktur Pascasarjana. (HNF/Humas UB).