Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Silaturahmi Pasca Lebaran dan Lepas Sambut Kepala MTsN 3 Jakarta Periode Tahun 2022

Silaturahmi Pasca Lebaran dan Lepas Sambut Kepala MTsN 3 Jakarta Periode Tahun 2022

Alhamdulillah hari Kamis Tanggal 12 Mei 2022 merupakan hari pertama peserta didik MTsN 3 Jakarta bertemu kembali dalam suasana belajar PTMT 100% di madrasah, bertemu dan silaturahmi dengan guru dan teman-temannya di kelas. Sungguh suasana yang sangat dirindukan setelah sebulan berpuasa ramadhan.

 

Suasana indah ini bertepatan dengan hadirnya kepala MTsN 3 Jakarta yang baru dan resmi dilantik, yakni Ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd. yang berkunjung ke madrasah melalui acara silaturahmi lebaran atau dikenal dengan sebutan halal bil halal. Acara silaturahmi ini dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB di Masjid Al-IHSAN. Segenap guru dan semua peserta didik kelas VII dan kelas VIII berkumpul untuk bertemu pertama kali dengan kepala madrasah yang baru dalam suasana halal bi halal.

 

Acara silaturahmi dan halal bi halal ini dipandu oleh MC (Ibu Badriyah) saat pembukaan acara, kemudian ceramah yang disampaikan oleh Bapak H. Sukimo tentang keutamaan bersilaturahmi saat lebaran. Selanjutnya sambutan dan perkenalan kepala madrasah oleh Ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd. Dalam paparannya beliau memberikan semangat agar peserta didik berlatih untuk sedekah sejak udia muda, karena buah kebaikan yang diberikan kepada orang yang sangat membutuhkan maka akan berbuah kesuksesan untuk masa depan dirinya kelak. Acara silaturahmi ini ditutup dengan bermushafahah antar guru dengan siswa, dan antar sesama guru yang tentunya acara ini berjalan dengan tertib dan lancar.

 

Pada hari Jumat, 13 Mei 2022. Kegiatan silaturahmi dan halal bihalal kembali diselenggarakan melalui apel pagi yang dimulai pada pukul 07.00 s.d 09.00 WIB. Acara ini melibatkan seluruh Civitas Akademika MTsN 3 Jakarta terutama peserta didik kelas VII dan kelas VIII yang ikut baris berbaris di Lapangan. Pada kesempatan ini Kepala Madrasah Periode Tahun sebelumnya yakni Bapak Dr. Syamsudin, M,Pd memberikan sambutan salam perpisahan kepada peserta didik.

 

Lepas Sambut Kepala MTsN 3 Jakarta Periode Tahun 2022


Alhamdulillah MTsN 3 Jakarta kembali mendapatkan pimpinan baru (Kepala Madrasah) yang insyaAllah akan melanjutkan amanah untuk mensukseskan madrasah yang mandiri dan berprestasi. Prosesi lepas sambut kepala MTsN 3 Jakarta diselenggarakan pada Hari Jumat (13/5) pukul 09.30 WIB – 11.30 WIB dan bertempat di Aula Gedung PSBB MTsN 3 Jakarta. Kegiatan ini menghadirkan seluruh Civitas Akademika terutama Kepala Madrasah Periode Tahun sebelumnya yakni Bapak Dr. Syamsudin, M,Pd, segenap Guru dan Tenaga Kependidikan MTsN 3 Jakarta, pengurus komite, tamu undangan yakni pengawas MTsN 3 Jakarta (Ibu Hj. Azzah Zumrud, S.Ag, M.Pd.), Kepala MAN 4 Jakarta (Bapak Aceng Solihin, S.Pd.I, M.A), perwakilan orangtua siswa (Bapak Drs. H. Sutami, M.Pd.I), serta Kepala Madrasah baru Periode Tahun 2022, yakni Ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd. yang tentunya turut hadir didampingi oleh perwakilan Guru dan Tenaga Kependidikan dari MTsN 32 Jakarta Selatan.

Rangkaian acara lepas sambut kepala MTsN 3 Jakarta yang telah diselenggarakan antara lain pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan-sambutan oleh Kepala Madrasah MTsN 3 Jakarta dan MTsN 32 Jakarta, perwakilan komite, pengawas, pemberian kesan pesan dari perwakilan orangtua peserta didik dan perwakilan guru dan tenaga kependidikan, pembacaan puisi perpisahan, pemberian dan penyerahan cenderamata, pembacaan do’a dan diakhiri dengan penutupan sekaligus foto bersama.

 

Bapak Dr. Syamsudin, M.Pd memberikan sambutan dan ucapan terimakasihnya yang tak terhingga kepada semua pihak, karena telah bersama-sama mensukseskan MTsN 3 Jakarta menjadi madrasah yang berprestasi selama masa kepemimpinan beliau.

 

Pada kesempatan yang sama sebagai kepala MTsN 3 Jakarta yang baru, Ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd. pun memberikan harapan agar selama masa kepemimpinan beliau, semua civitas akademika MTsN 3 Jakarta untuk saling mendo’akan di setiap kegiatan apapun baik yang berhubungan dengan kegiatan sekolah, ajang prestasi siswa (akademik dan non-akademik) dan lain-lainnya. Urgensi do’a sebagai pembuka atas keberhasilan dan kelancaran untuk memeroleh prestasi, tentunya diimbangi dengan usaha dan semangat berkolaborasi.

 

Sambutan lainnya dan kesan pesan yang mendalam disampaikan secara berurutan oleh pengurus komite (Drs. H. Ali Rasyidin, MA), perwakilan orangtua (Drs. H. Sutami, M.Pd.I), dan perwakilan guru (Drs. H. Sohib). Benang merah dari kesan pesan yang bermakna dalam teruntuk Bapak Dr. Syamsudin, M.Pd (selama menjadi pimpinan MTsN 3 Jakarta) yakni beliau orang yang sangat baik, terampil dalam manajemen berbasis sekolah sehingga semua guru dan tenaga kependidikan punya kesempatan yang sama untuk belajar menjadi lebih baik dalam praktik pendidikan di MTsN 3 Jakarta. Alhamdulillah kesan pesan baik ini juga dirasakan oleh semua Civitas Akademika seperti saat rapat dinas bersama beliau, sebelum menyampaikan poin penting rapat lebih sering diawali dengan ungkapan dalil Al-Quran dan Hadits untuk sama-sama mengajak kembali kepada tuntunan dari Allah SWT. Kebiasaan positif yang tetap harus ada di MTsN 3 Jakarta seperti kegiatan belajar mengajar diawali dengan Tahfidz bersama guru dan siswa, inovasi pembelajaran yang membuat peserta didik aktif berkolaborasi, serta dukungan agar anak-anak semangat berprestasi dari berbagai koordinasi semua pihak.

 

Penutupan acara ini diakhiri dengan pemberian cenderamata, foto bersama dan do’a semoga harapan-harapan baru dapat tercapai. Semoga semua peserta didik MTsN 3 Jakarta semakin berprestasi dan mendapat bekal akhlakul karimah untuk kehidupan mereka di lingkungan masyarakat. Aamiin.