Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Dosen UNIMED Wujudkan Desa Ara Payung Kecamatan Pantai Cermin menuju Desa Literasi

Dosen UNIMED Wujudkan Desa Ara Payung Kecamatan Pantai Cermin menuju Desa Literasi

Tim Dosen Unimed melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dalam rangka mewujudkan Desa Ara Payung Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara menuju Desa Literasi. Tim Dosen di bawah naungan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) ini diketuai oleh Dr. Wildansyah Lubis, M.Pd., dan anggota Lala Jelita Ananda, S.Pd., M.Pd., Faisal, S.Pd., M.Pd., dan Wan Nova Listia, S.Pd., M.Pd. memfokuskan kegiatan pengabdian masyarakat pada dua aspek utama yaitu pendampingan tata kelola perpustakaan desa bagi karang taruna sebagai pusat kegiatan literasi masyarakat Desa Ara Payung dan pendampingan penggunaan Alat Peraga Edukatif bagi guru-guru di PAUD Desa Ara Payung.(27/06/2022)

Kegiatan ini diikuti oleh komunitas Karang Taruna Desa Ara Payung sebanyak 25 Orang dan Guru-guru di PAUD Desa Ara Payung sebanyak 10 orang. Dalam kegiatan pendampingan ini, Dr. Wildansyah Lubis dan Faisal, S.Pd., M.Pd. selaku narasumber kegiatan memberikan pendampingan dalam perbaikan manajemen pengelolaan perpustakaan Desa Ara Payung. Perpustakaan Desa Ara Payung telah berdiri sejak 3 tahun terakhir, namun tidak termanfaatkan dengan baik, sementara potensi untuk mewujudkan Desa Ara Payung menjadi Desa Literasi sangat besar. Selain itu, tim dosen Unimed juga melakukan pendampingan penggunaan Alat Peraga Edukatif bagi guru-guru PAUD Desa Ara Payung, Wan Nova Listia, S.Pd., M.Pd., bersama dengan Lala Jelita Ananda, S.Pd., M.Pd., berkolaborasi memberikan materi tentang pembelajaran di PAUD dan penggunaan Alat Peraga Edukatif sebagai media pembelajaran di PAUD.

Kepala Desa Ara Payung Ahmad Alhadi, S.H. sangat mendukung terlaksananya kegiatan pengabdian ini. Dalam kata sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan ini beliau menyampaikan bahwasanya kegiatan pendampingan seperti ini sangat dibutuhkan oleh Desa Ara Payung, terkhusus perpustakaan desa yang masih sangat membutuhkan pendampingan dalam hal manajemen pengelolaannya agar dapat beroperasi sesuai dengan tujuan perpustakaan tersebut didirikan, selanjutnya beliau  juga menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada LPPM Unimed khususnya Tim Dosen yang telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Ara Payung.

Dalam kegiatan ini tim dosen Unimed didampingi oleh staf LPPM Unimed secara resmi memberikan beberapa bantuan berupa Tablet Edukatif dan beberapa Alat Peraga Edukatif untuk pembelajaran di PAUD kepada Desa Ara Payung. Dalam hal ini kepala perpustakaan Desa Ara Payung sebagai perwakilan Desa yang menerima secara resmi bantuan tersebut.(Humas Unimed)