[vc_row][vc_column][vc_column_text]
Visi;
Program Studi yang unggul pada tahun 2023 di bidang pendidikan bahasa Indonesia dan inovasi pembelajaran berlandaskan nilai- nilai luhur budaya etnis Sumatera Utara, yang berdaya saing di tingkat regional, nasional dan memperoleh pengakuan internasional.
Misi
- Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang inovatif berdasarkan perkembangan inovasi pengetahuan di bidang bahasa, sastra Indonesia, dan
- Melaksanakan penelitian yang menghasilkan temuan baru yang inovatif di bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya berlandaskan nilai luhur budaya Sumatera
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berlandaskan nilai luhur budaya Sumatera
- Melaksanakan kerja sama di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, baik dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan kualitas tridarma perguruan
- Melaksanakan program peningkatan mutu SDM yang unggul bagi pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk berkontribusi bagi kemajuan
- Melaksanakan tridarma perguruan tinggi yang inovatif bagi sivitas akademika dan tenaga kependidikan untuk menghasilkan pendapatan/income.
Moto
Cerdas dalam Berpikir, Cermat dalam Bertindak
Tujuan
- Menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang unggul di tingkat regional dan nasional berlandaskan nilai-nilai luhur budaya etnis Sumatera
- Menghasilkan penelitian dan produk unggulan serta publikasi penelitian dalam bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakatberlandaskan nilai luhur budaya Sumatera
- Menerapkan hasil pengabdian ke pada masyarakat berbasis penelitian dalam bidang bahasa, sastra Indonesia dan pengajarannya untuk mendorong pengembangan SDM dan mewujudkan kesejahteraan masyarakatberlandaskan nilai luhur budaya Sumatera
- Meningkatkan kerja sama dalam bidang bahasa, sastra Indonesia dan pengajarannya dengan lembaga pendidikan dan nonkependidikan baik dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan kualitas tridarma perguruan
- Meningkatkan SDM yang unggul bagi pengembangan ilmu bahasa, sastra Indonesia dan pengajarannya untuk berkontribusi bagi kemajuan
- Meningkatkan tridarma perguruan tinggi yang inovatif bagi sivitas akademika dan tenaga kependidikan untuk menghasilkan pendapatan/ income
[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column]
[vc_tta_accordion title_tag=”h3″ section_title_tag=”h5″ style=”modern” spacing=”3″ gap=”2″ active_section=”1″ collapsible_all=”true”][vc_tta_section title=”Kurikulum” tab_id=”1656578617354-7969a784-7e57″][vc_column_text]
Semester 1 | ||||||||||||
No | Mata Kuliah (Course Name) | SKS (Credits) | ||||||||||
1 | Filsafat Pendidikan (Education Philosophy) | 2 | ||||||||||
2 | Perkembangan Peserta Didik (Students Development) | 2 | ||||||||||
3 | Kepemimpinan (Leadership) | 2 | ||||||||||
4 | Keterampilan Bahasa Reseptif (Receptive Language Skills) | 4 | ||||||||||
5 | Keterampilan Bahasa Produktif (Productive Language Skills) | 4 | ||||||||||
6 | Pengantar Ilmu Sastra (Teori dan Sejarah Sastra) (An Introduc- tion to Literature or The Theory and History of Literature) | 4 | ||||||||||
7 | Aplikasi Dasar Komputer (Basic Computer Application) | 2 | ||||||||||
8 | Pengantar Ilmu Bahasa (Introduction to Linguistics) | 4 | ||||||||||
Jumlah SKS (Total Credits) | 24 | |||||||||||
Semester 2 | ||||||||||||
No | Mata Kuliah (Course Name) | SKS (Credits) | ||||||||||
1 | Profesi Kependidikan (Education Profession) | 3 | ||||||||||
2 | Psikologi Pendidikan (Education Psychology) | 3 | ||||||||||
3 | Literasi Bahasa Indonesia (Indonesian Language Literacy) | 3 | ||||||||||
4 | Bahasa Inggris (English) | 2 | ||||||||||
5 | Telaah Kurikulum dan Buku Teks (Study of Curriculum and Text Book) | 3 | ||||||||||
6 | Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (In-
donesian Language and Literature Lesson Planning) |
2 | ||||||||||
7 | Fonologi Bahasa Indonesia (Indonesian Phonology) | 2 | ||||||||||
8 | Genre Sastra di Sekolah (Literature Genre in School) | 3 | ||||||||||
9 | Desain Pembelajaran E- Learning (E-Learning Design) | 2 | ||||||||||
Jumlah SKS (Total Credits) | 23 | |||||||||||
Semester 3 | ||||||||||||
No | Mata Kuliah (Course Name) | SKS (Credits) | ||||||||||
1 | Pendidikan Agama (Religious Education) | 3 | ||||||||||
2 | Pendidikan Kewarganega- raan (Civic Education) | 2 | ||||||||||
3 | Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) | 2 | ||||||||||
4 | Kewirausahaan (Entrepreneurship) | 2 | ||||||||||
5 | Sintaksis Bahasa Indonesia (Indonesian Language Syntax) | 3 | ||||||||||
6 | Perencanaan Bahasa (Language Planning) | 2 | ||||||||||
7 | Pembelajaran Mikro (Micro Learning) | 2 | ||||||||||
8 | Pengajaran Sastra Anak (Children’s Literature Teaching) | 2 | ||||||||||
9 | Bahasa Inggris Literasi (English Literacy) | 2 | ||||||||||
10 | Pengajaran Sastra Etnis Lokal Sumatera Utara (The Teaching of Local Ethnics in North Sumatera) | 2 | ||||||||||
11 | Statistika (Statistics) | 2 | ||||||||||
Jumlah SKS (Total Credits) | 24 | |||||||||||
Semester 4 | ||||||||||||
No | Mata Kuliah (Course Name) | SKS (Credits) | ||||||||||
1 | Semiotika (Semiotics) | 2 | ||||||||||
2 | Manajemen Sekolah (School Management) | 2 | ||||||||||
3 | Sosiolinguistik (Sociolinguistics) | 2 | ||||||||||
4 | Psikolinguistik (Psycholinguistics) | 2 | ||||||||||
5 | Keterampilan Menyunting (Editing Skills) | 2 | ||||||||||
6 | Metodologi Penelitian (Research Methodology) | 2 | ||||||||||
7 | Sanggar Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Indonesian Language and Literature Teaching Studio) | 2 | ||||||||||
8 | Analisis Wacana Bahasa Indonesia (Indonesian Discourse
Analysis) |
2 | ||||||||||
9 | Pragmatik (Pragmatics) | 2 | ||||||||||
10 | Analisis Teks Bahasa Indonesia (Indonesian Text Analysis) | 2 | ||||||||||
Jumlah SKS (Total Credits) | 20 | |||||||||||
Semester 5 | ||||||||||||
No | Mata Kuliah (Course Name) | SKS (Credits) | ||||||||||
1 | Semantik (Semantics) | 2 | ||||||||||
2 | Bahasa Inggris untuk Komunikasi (English for Communication) | 2 | ||||||||||
3 | Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) | 2 | ||||||||||
4 | Penulisan Karya Ilmiah dan Publikasi (Scientific Writings and Publications) | 2 | ||||||||||
5 | Seminar Ilmiah (Scientific Seminar) | 2 | ||||||||||
6 | Penulisan Kreatif (Creative Writings) | 2 | ||||||||||
7 | Kurikulum BIPA (BIPA Curriculum) | 3 | ||||||||||
8 | Pengembangan Bahan Ajar BIPA (BIPA’s Teaching Material Development) | 3 | ||||||||||
Jumlah SKS (Total Credits) | 18 | |||||||||||
Semester 6 | ||||||||||||
No | Mata Kuliah (Course Name) | SKS (Credits) | ||||||||||
1 | Penilaian Pembelajaran BIPA (BIPA Learning Assessment) | 3 | ||||||||||
2 | Penulisan Buku Ajar (Textbook Writing) | 3 | ||||||||||
3 | Penulisan Buku Penunjang (Supporting Book Writing) | 3 | ||||||||||
4 | Penulisan Buku Pengayaan (Enrichment Book Writing) | 3 | ||||||||||
5 | PLP2 (Shool Observation 2) | 3 | ||||||||||
Jumlah SKS (Total Credits) | 15 | |||||||||||
Semester 7 | ||||||||||||
No | Mata Kuliah (Course Name) | SKS (Credits) | ||||||||||
1 | KKN (Real Work Lecture) | 3 | ||||||||||
Jumlah SKS (Total Credits) | 3 | |||||||||||
Semester 8 | ||||||||||||
No | Mata Kuliah (Course Name) | SKS (Credits) | ||||||||||
1 | Skripsi (Thesis) | 6 | ||||||||||
Jumlah SKS (Total Credits) | 6 | |||||||||||
150 | ||||||||||||
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”Data Dosen” tab_id=”1656578617364-917db034-118a”][vc_column_text]
NO | NAMA (NAME) | GELAR (TITTLE) |
1 | Khairil Ansari | Drs., M.Pd., Dr., Prof., |
2 | Rosmawaty Harahap | Dra., M.Pd., Dr., Prof. |
3 | Syamsul Arif | Dr., M.Pd., Drs. |
4 | Azhar Umar | Drs., M.Pd. |
5 | Inayah Hanum | Dra., M.Pd. |
6 | Rosdiana Siregar | Dra., M.Pd. |
7 | Mutsyuhito Solin | Drs., M.Pd., Dr. |
8 | Tangson Rudolf Pangaribuan | S.Pd., M.Pd. |
9 | M. Joharis Lubis | M.M., M.Pd., Dr. |
10 | Fitriani Lubis | S.Pd., M.Pd. |
11 | Elly Prihasti Wuriyani | S.S., M.Pd., Dr. |
12 | Atika Wasilah | S.Pd., M.Pd. |
13 | Trisnawati Hutagalung | S.Pd., M.Pd. |
14 | Safinatul Hasanah Harahap | S.Pd., M.Pd. |
15 | Diah Eka Sari | S.Pd., M.Pd. |
16 | Frinawaty Lestarina Barus | S.Pd., M.Pd. |
17 | Salmah Naelofaria | S.Pd., M.Pd. |
18 | Achmad Yuhdi | S.Pd., M.Pd. |
19 | Emasta Evayanti Simanjuntak | S.Pd., M.Pd. |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][/vc_column][/vc_row]