Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tim PKM Prodi Farmasi FK Untan Berikan Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Bahan Alam

Tim PKM Prodi Farmasi FK Untan Berikan Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Bahan Alam

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (FK Untan) melakukan pelatihan pembuatan sabun cair bahan alam di Desa Sungai Pangkalan I Kabupaten Bengkayang pada Sabtu (13/8/2022).

Tim PKM Prodi Farmasi FK Untan diketuai Oleh Dr. Isnindar, S.Si.,M.Sc.,Apt., dengan anggota Sri Luliana, M.Farm.,Apt. dan Desy Siska Anastasia, M.Si.,Apt. serta melibatkan beberapa mahasiswa yaitu Laila Kamila, Rahmi Septiani, dan Rani Widiawati. Peserta kegiatan pelatihan jamu instan yang hadir adalah ibu-ibu dari PKK RT, S.PKL 1, POKJA 1, POKJA IV, KTPJ III, staf desa, sekretaris desa, bendahara desa dan masyarakat setempat.

Dr. Isnindar, S.Si.,M.Sc.,Apt mengatakan tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan, informasi dan keterampilan masyarakat khususnya ibu-ibu di Desa Sungai Pangkalan I melalui program pelatihan dan pendampingan pembuatan sabun cair bahan alam kepada ibu-ibu di Desa Sungai Pangkalan I Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat.

“Target khusus dari pelaksanaan PKM ini adalah membina dan membantu kelompok ibu-ibu dalam memakai teknologi sederhana dalam membuat produk sabun cair bahan alam dan memberikan informasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian masyarakat,” ujarnya.

Dr. Isnindar menambahkan hasil pelatihan diaplikasikan dengan melakukan pendampingan kepada mitra terkait pembuatan produk sabun cair bahan alam dari ekstrak pandan dengan formula yang sesuai dan Teknik pengolahan pembuatan sabun cair,

“Hasil kegiatan yang diperoleh menunjukkan peserta mampu membuat produk sabun cair bahan alam dari ekstrak pandan sesuai dengan formula dengan Teknik pengolahan sabun cair yang memiliki nilai jual untuk dikembangkan ke usaha rumah tangga,” pungkasnya.