Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Adakan Kuliah Umum “Indonesia dan Dinamika”

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Adakan Kuliah Umum “Indonesia dan Dinamika”

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Kementerian Luar Negeri ke-77, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengadakan Kuliah Umum dengan tajuk “Indonesia dan Dinamika Dunia” dilaksanakan serentak di sejumlah Perguruan Tinggi di Indonesia pada Jumat, 19 Agustus 2022. Universitas Tanjungpura (Untan) turut mengadakan kuliah ini, bertempat di Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura dan dihadiri oleh Pejabat di lingkungan Untan, Dosen dan Mahasiswa.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menyampaikan bahwa peringatan hari kemerdekaan merupakan momen refleksi sekaligus momen untuk memperteguh komitmen kebangsaan.

“Dihari peringatan ini akan baik jika kita dapat melihat kondisi dunia saat ini, tantangan yang kita hadapi bersama dan bagaimana posisi Indonesia ditengah dunia dan apa yang dapat kita lakukan agar indonesia dapat menjadi bangsa yang terhormat dan bermatabat,” ujar Retno saat memberikan pengantar kuliah umum secara daring.

Retno menyampaikan bahwa dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian, dinamika dan tantangan. Mulai dari pandemi Covid-19 yang belum usai, Monkey Pox yang saat ini sudah dinyatakan sebagai darurat Kesehatan global, perang di Ukraina yang sudah berlangsung selama enam bulan dan saat ini belum ada tanda-tanda berakhir, serta rivalitas antar kekuatan besar yang semakin menajam antara China dan AS yang membuat Selat Taiwan menegang pasca kunjungan Nancy Pelosi. Karena itu Indonesia harus berkontribusi aktif sebagai bagian dari solusi.

“Indonesia harus tumbuh menjadi negara stabil, makmur, berkeadilan bagi semua dan berkontribusi bagi perdamaian dunia,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini tentu tidak mudah dilakukan tanpa adanya dukungan penuh dan kerja sama dari masyarakat dan juga termasuk mahasiswa. “Mari kita bangun Indonesia kita, mari kita rayakan perbedaan kebhinekaan kita dengan memperkuat persatuan,” pungkasnya.

Selain itu Dr. Ir. Radian, M.S selaku Wakil Rektor Bidang Akademik turut menyampaikan bahwa kuliah umum ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan, inovasi, lahan ide serta memberikan informasi aktual serta menjadi ruang ekspresi dalam pengembangan nilai-nilai akademis di Sivitas Akademika Untan.

“Harapan kami semoga kerja sama dengan Kemenlu ini tidak hanya terbatas dalam kuliah umum saja, namun dapat diperluas dengan kerja sama pengembangan sumber daya pengajar dan mahasiswa untuk melakukan kajian riset Internasional dan pelatihan di Kemenlu baik di Indonesia maupun di Luar negeri,” ujarnya.

Acara kuliah umum dilanjutkan dengan pembahasan dari narasumber Bimo Ariawan, Kasubdit Perizinan Tinggal Diplomatik dan Dinas serta tanya jawab dari peserta.