Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Mengawali Semester Ganjil 2022-2023, UNJA Adakan Kuliah Umum PAI

Mengawali Semester Ganjil 2022-2023, UNJA Adakan Kuliah Umum PAI

MENDALO,- Kuliah Umum Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan tema ‘Berislam yang sejuk, damai, moderat dan toleran’ dilaksanakan di Gedung Balairung UNJA Mendalo, pada hari Minggu tanggal 11 September 2022, dengan narasumber Dr. Andy Hadiyanto, M.A., selaku Sekjen DPP Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam Seluruh Indonesia (ADPISI) Periode 2022-2027, yang juga merupakan dosen PAI Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Acara dihadiri oleh Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D.; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc.; Koordinator MK PAI UNJA, Dr. Supian Ramli, M.Ag.; serta para dosen PAI UNJA, tutor PAI UNJA, dan sekitar 4.750 mahasiswa yang mengontrak mata kuliah PAI dari semua kelas dan program studi di lingkungan UNJA.

Rektor UNJA dalam sambutannya saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya UNJA dalam pembinaan karakter mahasiswa dan menanamkan nilai-nilai beragama yang sejuk, damai, moderat, dan toleran sebagaimana tema yang disampaikan oleh narasumber. Rektor juga berpesan agar mahasiswa lebih fokus dalam pembinaan karakter dan mengikuti berbagai kagiatan baik pembinaan maupun prestasi, agar kelak bisa menjadi insan-insan yang berkarakter baik, berakhlak mulia, sehingga dapat menggapai kesuksesan di masa depannya. Rektor mengajak semua mahasiswa untuk bershalawat dan melantunkan lagu religi sebelum kemudian membuka kegiatan secara resmi.

Sementara narasumber, Dr. Andy Hadiyanto, M.A., dengan penuh semangat dan atraktif mengajak mahasiswa dan seluruh peserta untuk membekali diri dengan ilmu dan pengetahuan yang berdasarkan kepada nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin. Sebagai umat Islam di Indonesia, maka kultur yang dibangun harus senantiasa bersendikan keislaman, “ke-Indonesiaan”, dan kemanusiaan. Mata kuliah PAI tentu tidak bisa menciptakan mahasiswa menjadi ahli agama, ustadz, kyai, atau ulama, tetapi mata kuliah PAI dapat menciptakan mahasiswa sebagai generasi yang baik, menjadi muslim yang saleh, saleh secara spiritual dan shaleh pula secara sosial. Islam yang damai, sejuk, moderat dan toleran merupakan faktor penting dalam membangun bangsa dan negara yang memiliki kemajemukan dalam banyak aspek kehidupan.

Sementara itu, koordinator MPK PAI Universitas Jambi, Dr. Supian Ramli, M.Ag., menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kekompakan dosen PAI Universitas Jambi, yang setiap semester melaksanakan kuliah umum, sampai saat ini sudah 9 kali MPK PAI Universitas Jambi melaksanakan kegiatan ini dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang berkompeten, agar mahasiswa secara keseluruhan mendapatkan pencerahan dan keseragaman materi serta menunjang bagi IKU Universitas. Kegiatan ini juga sekaligus juga pembukaan Tutorial PAI dan sosialisasi Program Khatam Al-Quran (PKQ) Universitas Jambi.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Rektor dan Wakil Rektor 3 yang senantiasa mendukung dan membersamai kegiatan kami, ini menjadi pemicu bagi kami untuk terus berupaya melakukan yang terbaik bagi Universitas Jambi, menuju UNJA SMART. Terima kasih pula kepada Koordinator Tutor, Marwan Mahdi, Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam FEB dan Ketua Panitia, Sari Sutati, serta seluruh Tutor dan Panitia yang sudah mempersiapkan acara ini dengan baik,” ujarnya.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS / Istimewa