Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNJA Raih 4 Penghargaan Nasional di Lombok Essay Competition

Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNJA Raih 4 Penghargaan Nasional di Lombok Essay Competition

JAMBI,- Dua mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA), Asmita dan Dwi Wulandari berhasil meraih 4 penghargaan dalam ajang ‘Lombok Essay Competition (LEC)’ yang berlangsung di Universitas Mataram, Lombok – NTB, pada 24-25 September 2022.

Total 27 tim dengan jumlah 68 peserta mengikuti ajang LEC tersebut dari berbagai universitas di seluruh Indonesia. LEC tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dalam Dies Natalis ke-60 Universitas Mataram. Asmita dan Dwi Wulandari (Wulan) menulis esai bidang pendidikan dengan judul ‘DIMENSI: Dunia Sains Anak Dusun sebagai Inovasi Peningkatan Literasi Sains’ dan esai bidang energi dan lingkungan dengan judul ‘DOLKUPINAS: Inovasi Pemanfaatan Kulit Pisang dan Nanas Tangkit sebagai Produk Dodol Sehat yang Bernilai Ekonomis’.

Ada pun 4 penghargaan yang diraih berupa Silver Medali Essay Bidang Pendidikan, Silver Medali Essay Bidang Energi dan Lingkungan, Favorite Poster Essay Bidang Pendidikan, Serta Favorite Poster Essay Bidang Energi dan Lingkungan.

Asmita dan Wulan menceritakan motivasi mereka berdua mengikuti lomba LEC tersebut.

“Motivasi kami mengikuti lomba LEC ini karena lomba ini dilakukan secara offline di kampus Universitas Mataram, Lombok, NTB. Lombok merupakan daerah yang memiliki banyak destinasi wisata. Kemudian karena tema dari lomba ini adalah menuju indonesia emas 2045, kami ingin turut andil dalam mewujudkannya dengan berinovasi secara kreatif dan ilmiah,” ungkap mereka.

Asmita menjelaskan persiapan apa saja yang dilakukan sebelum mengikuti LEC.

“Persiapan yang kami lakukan sebelum lomba adalah mempersiapkan produk yang kami angkat untuk esai ini, yaitu olahan makanan dari limbah kulit pisang dan buah nanas menjadi dodol di kenal dengan ‘Dolkupinas’. Dan juga kami mempersiapkan bahan presentasi untuk kedua judul esai yang kami angkat serta latihan persentasi secara terus menerus,” ujar Asmita.

Wulan menyampaikan harapannya stelah raihan yang mereka dapatkan dari ajang LEC.

“Harapan setelah kegiatan ini adalah meningkatkan kapasitas diri untuk bisa mengikuti perlombaan selanjutnya dan meraih prestasi lebih dari sebelumnya untuk mengharumkan Universitas Jambi di kancah nasional maupun internasional. Kemudian ide yang kami tuangkan untuk esai ini dapat menjadikan Indonesia lebih baik lagi dari segi pendidikan maupun lingkungannya,” jelas Wulan.

Ketua Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNJA, Haerul Pathoni, S.Pd., M.PFis., menyampaikan rasa syukur dan selamat kepada dua mahasiswanya yang berprestasi.

“Alhamdulillah, saya selaku Kaprodi Pendidikan Fisika sangat berbangga mahasiswa pendidikan Fisika bisa memenangkan medali pada lomba Lombok Essay Compettion. Selamat untuk Asmita dan Dwi Wulandari, semoga ajang lomba ini menjadi pembelajaran ke depan untuk terus menuliskan ide-ide cemerlangnya. Prestasi ini semoga bisa dipertahankan dan menjadi penyemangat bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika lainnya,” ucap beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS