Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Ciptakan Kesamaan Perpepsi dalam Mekanisme Pencairan Dana, Untan Sosialisasikan Optimalisasi dan Digitalisasi Prosedur Pengajuan Pencairan

Ciptakan Kesamaan Perpepsi dalam Mekanisme Pencairan Dana, Untan Sosialisasikan Optimalisasi dan Digitalisasi Prosedur Pengajuan Pencairan

Dalam rangka menciptakan kesamaan persepsi dan keseragaman dalam mekanisme pencairan dana bagi unit kerja atau fakultas, Untan menggelar sosialisasi optimalisasi dan digitalisasi prosedur pengajuan pencairan dana pada Rabu (14/9/2022)

Sosialisasi dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh Rektor Untan Prof Dr. Garuda Wiko, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Jamalliah, Dekan dan Wakil Dekan, Kepala Biro, Kooordinator dan Sub Koordinator Keuangan, Kepala SPI, Bendahara Pengeluaran Pembantu atau Operator Keuangan, Operator Piutang, Operator Aset dan Operator Persediaan di lingkungan Untan.

Rektor Untan Prof Dr. Garuda Wiko dalam sambutannya mengatakan proses pencairan dana sebagai bagian dari pengelolaan keuangan sudah full by sistem, sehingga setiap pengelola keuangan harus siap untuk mengimplementasikannya.

Ia menegaskan pimpinan unit kerja/fakultas harus selalu mengawasi pelaksanaan anggaran yang berada di bawah kendali dan pengawasannya, sehingga jika terdapat kendala dapat segera diselesaikan dengan baik.

“Akselerasi daya serap belanja perlu segera ditingkatkan, mengingat saat ini telah memasuki bulan September, yang menyisakan waktu kurang lebih 4 bulan untuk melaksanakan anggaran dan belanja yang telah direncanakan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Jamalliah, M.Si mengatakan kegiatan sosialisasi ini menjadi evaluasi dan monitoring atas pelaksanaan anggaran dan belanja sampai dengan bulan Agustus 2022.

“Belanja Universitas Tanjungpura secara total secara rata-rata dapat dikatakan cukup baik karena sudah mencapai 51,69%. Sisa waktu 4 bulan harus betul-betul dimanfaatkan untuk melaksanakan anggaran dan belanja agar paling tidak realisasi tahun 2022 sama dengan realisasi tahun anggaran sebelumnya, bahkan bisa lebih baik,” pungkasnya.