Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Gelar Karya Membangun Jiwa dan Raga

Gelar Karya Membangun Jiwa dan Raga

Rabu, 28 September 2022 SMA Negeri 1 Pemali mengadakan program Gelar Karya Produk Projek Tema.1 dengan subtema “Bangunlah Jiwa dan Raganya”. Dalam rangkaian acara terdapat talkshow dengan mengundang Narasumber yang luar biasa yaitu Kakak Primalita Putri Distiana,M,.PSi, Psikologi dan Kakak Dr. Berianto Agustian, Sp.KFR dengan tema “Cegah Perundungan Dunia Maya”. Dalam talkshow tersebut, kak Prima dan kak Beri menyampaikan beberapa jenis bentuk bullying antaranya verbal bullying dan bullying di media sosial, juga bagaimana cara menghindari berbagai macam bentuk bullying.

Dalam kata sambutannya, Kepala SMA Negeri 1 Pemali mengatakan mengapa harus bertema bullying? Karena sekolah kita dinilai masih terjadi bullying atau perundungan.Selanjutnya beliau menyampaikan tujuan diadakannya projek ini, ada tiga yaitu meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, membentuk karakter mandiri, serta karakter bergotong royong.

 

Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Cabang Dinas Wilayah 2, Bapak Hendry,S.Ap sekaligus membuka Gelar Karya Produk Modul 1 Projek Tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya”. Dalam kata sambutannya beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ibu Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu guru serta siswa siswi yang terlibat dalam terwujudnya gebyar karya ini. Beliau juga mengatakan bahwa banyaknya manfaat pembelajaran berbasis projek ini, salah satunya para siswa dapat berpikir kreatif serta inofatif dan juga para siswa diberi kesempatan untuk menuangkan kemampuan mereka lewat gelar karya projek ini.

Bertepatan pada kegiatan hari ini, Ibu kepala SMAN Pemali juga meresmikan BTS yaitu Bawa Tempat Sendiri jika ingin membeli makanan atau minuman,yang diharapkan agar kedepannya siswa siswi SMAN 1 Pemali menerapkan BTS tersebut dalam kehidupan sehari hari, bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik. Dimulai pada hari ini dengan mengadakan bazar dari kelas XI dan XII yang tentu tidak menggunakan bungkusan plastik atau semacamnya. Sehingga jika ingin membeli harus menggunakan tempat sendiri.

 

Dilanjutkan dengan penampilan dari anak anak kelas 10 seperti puisi, pidato, kabaret dan drama yang bertemakan stop bullying atau perundungan. Berbagai macam penampilan tersebut memiliki inti yang sama yaitu menghentikan aksi Perundungan atau bullying. Dengan diadakan gelar karya ini diharapkan para siswa siswi SMA Negeri 1 Pemali dapat menanamkan jiwa anti Perundungan dimanapun mereka berada.(Syifa Q)