Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Workshop SMK PK Lanjutan DKV

Workshop SMK PK Lanjutan DKV

Mendapatkan kepercayaan sebagai SMK Pusat Keunggulan tentu bukanlah hal yang biasa. Dengan dipercaya sebagai pelaksana SMK PK, SMKN 1 Banjarmasin tentu memiliki tugas yang harus dilaksanakan. Salah satunya adalah memastikan pengembangan baik itu hard skill,soft skill maupun fasilitas di sekolah demi tercapainya kalimat Pusat Keunggulan itu sendiri.

Berbekal hal demikian,tentu SMKN 1 Banjarmasin terutama program keahlian DKV harus terus berbenah guna mencapai tujuan tersebut. Dalam beberapa minggu ini saja,SMKN 1 Banjarmasin melaksanakan berbagai workshop dengan menggandeng narasumber yang tentu saja ahli dibidangnya demi membantu SMKN 1 Banjarmasin berbenah menjadi lebih dan lebih baik lagi.

Workshop yang dilaksanakan antara lain:

Evaluasi Kurikulum dengan menyelaraskan antara sekolah dan dunia industri

Dipandu oleh Green Design Print,SMKN 1 Banjarmasin lebih mengetahui tentang dunia usaha terutama dunia percetakan,bagaimana membuka usaha ini,bagaimana penanganannya,bagaimana membentuk mindset sebagai orang industri,bagaimana mengembangkan usaha dan mempertahankannya agar kuat bersaing,serta apa saja yang diperlukan baik itu hard skill,soft skill maupun peralatan yang harus dimiliki.

WORKSHOP PENYUSUNAN DOKUMEN ADMINISTRASI BLUD

Workshop ini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada SMKN 1 Banjarmasin bagaimana agar dinyatakan sesuai dengan standar BLUD, dengan narasumber langsung dari sekolah yang telah mendapatkan standar BLUD disekolah beliau, ini juga memberi gambaran kepada SMKN 1 Banjarmasin apa saja yang perlu dipersiapkan dan perlu dibenahi.

IMPLEMENTASI P5 DI SMKN 1 BANJARMASIN

P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Adalah salah satu bidang yang harus dilaksanakan oleh sekolah,guna mewujudkan peserta didik yang berbudi dan berjiwa pancasila. Berbagai nilai luhur yang berlandaskan pancasila harus diterapkan dalam kegiatan belajar peserta didik. dan narasumber sendiri adalah trainer P5 nasional,sekaligus satu-satunya trainer P5 di Kalimantan yang bertugas sebagai kepala di SMKN 5 Banjarmasin,yakni bapak Dr. Sjachrir.

PROGRAM PENELUSURAN TAMATAN (TRACER STUDY)

Sebagai sebuah SMK yang tidak hanya mengutamakan pendidikan normatif adaptif namun juga produktif demi mewujudkan lulusan yang siap kerja dan siap membuka lapangan kerja, tentu pengayoman terhadap alumni juga harus dilaksanakan. Hal ini dilaksanakan dalam program penelusuran tamatan. dimana sekolah tetap memonitor peserta didik walau mereka sudah lulus,sudah bekerja ataupun melanjutkan pendidikan.

Dengan demikian banyak sekali kegiatan bermanfaat yang dilaksanakan di SMKN 1 Banjarmasin dalam beberapa minggu terakhir. Semuanya dilaksanakan tidak lain demi mewujudkan pendidikan yang lebih baik,demi mewujudkan SMKN 1 sebagai SMK Pusat Keunggulan.