Selasa, 07 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Sinergi Budaya Positif Melalui Parenting

Sinergi Budaya Positif Melalui Parenting

Peran orang tua sangat penting dalam tumbuh kembang anak, karenanya orang tua harus faham terhadap peran dan fungsinya. Kondisi ini dibutuhkan dalam rangka berkolaborasi dengan sekolah untuk melaksanakan pendidikan yang berpihak kepada anak.

SMAN 1 Pemali adalah lembaga pendidikan yang menginginkan kolaborasi yang baik dengan orang tua. Sebagai upaya dalam mewujudkannya maka Dilaksanakan program parenting pada hari Kamis tanggal 20 Oktober 2022 di Pendopo SMAN 1 Pemali. Program ini langsung dibuka oleh Bu Eflina selaku kepala sekolah dan mengundang seluruh orang tua murid.
Dalam pembukaan kegiatan ini kepala sekolah mengapresiasi antusias orang tua yang memenuhi Pendopo SMAN 1 Pemali.
Selanjutnya wakil kurikulum memberikan informasi berkaitan dengan syarat kenaikan kelas dan juga program-program sekolah lain yang mendorong keberlangsungan pembelajaran. Bu Eka juga menekankan tentang pentingnya kehadiran orang tua dalam pendidikan anak.
Pada sesi berikutnya giliran pak Derry dan pak Dani menyampaikan materi tentang sinergi budaya positif melalui Parenting. Dalam kesempatan ini dua guru tersebut membuka dengan melakukan eksperimen buka dan genggam tanganmu yang melibatkan seluruh orang tua.
Terlihat antusias orang tua khususnya ibu-ibu dalam melaksanakan eksperimen tersebut. Kemudian masuk kepada materi pak Dani menekankan bahwa eksperimen tentang buka dan tutup genggaman tangan tersebut dikaitkan dengan teori kontrol. Pak Derry menyampaikan bahwa pada prinsipnya kita tidak bisa memaksakan kehendak kita kepada orang lain tanpa izin dari orang lain dengan kontrol dirinya untuk melakukan kehendak itu.
Kemudian dilanjutkan dengan belajar bersama tentang lima kebutuhan dasar manusia dan segitiga restitusi.
Program Parenting ini tentu diharapkan menjadi gerbang masuk orang tua dan sekolah dalam menjalin hubungan positif sehingga bersinergi dalam merencanakan, melaksanakan dan bahkan mengevaluasi pembelajaran yang berpihak kepada anak, semoga.