Jumat, 09 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Modul Nusantara UNJA Kunjungi Perusahaan Batubara di Mandiangin

Mahasiswa Modul Nusantara UNJA Kunjungi Perusahaan Batubara di Mandiangin

JAMBI,- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) sebagai salah satu wujud implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pertukaran Mahasiswa Merdeka dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap keberagaman budaya tanah airnya serta mendorong penguatan dan perluasan kompetensi akademik mahasiswa, Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM-DN) angkatan 2 tahun 2022 kelompok 2 melaksanakan salah satu rangkaian kegiatan Modul Nusantara PMM-DN ke perusahaan batubara PT. Jambi Prima Coal (JPC), di Kabupaten Sarolangun Kecamatan Mandiangin pada Minggu (13/11/22).

Kunjungan ke JPC diikuti oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M.Sc.,Ph.D., mentor, dosen, serta 20 mahasiswa kelompok 2 PMM-DN 2022. Ir. Yusrizal, M.Sc, Ph.D., mengatakan kunjungan mahasiswa PMM-DN ke JPC guna mengetahui proses pengambilan batu bara.

“Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan dari JPC kepada kami, ini merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa PMM-DN untuk melihat secara langsung pengambilan batubara dan saya berharap dengan diadakanya kunjunngan ini dapat menambah wawsan dan pengetahuan Mahasiswa Modul Nusantara ini,” Ujar Ir, Yusrizal, M,Sc, Ph.D.

Ir, Yusrizal, M,Sc, Ph.D. mengatakan salah satu rangkaian kegiatan dari PMM-DN adalah memperkenalkan potensi yangn ada di Provinsi Jambi, dan salah satu mahasiswa Pertambangan menyarankan untuk mengunjungi perusahan pertambangan yang ada di Jambi.

“Semoga kunjungan ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi mahasiswa PMM-DN baik itu mahasiswa dari fakultas Pertambangan maupun dari Fakultas lainnya,” tambahnya.

Selain itu Operation JPC, Gebyar Jaya Setiabudi mengatakan menyambut baik kedatangan dari mahasiswa PMM-DN Universitas Jambi

“Kami bersemangat sekali menyambut mahasiswa yang datang apalagi mahasiswa yang datang banyak dari berbagai disiplin ilmu jadi bisa melihat secara umum bisnis pertambangan itu, jadi bisa dapat gambaran tentang pertambangan terutama batubara yang ada di Jambi ini, penambangan kita sudah menerapkan penambangan good mining practice atau kaidah pertambangan yang baik,” ujar Gebyar Jaya Setiabudi.

Gebyar Jaya Setiabudi juga mengatakan saat ini ada 5 orang alumni UNJA yang bekerja di JPC serta 2 orang mahasiswa magang disetiap semester yang magang di JPC.

“Bagi mahasiswa magang kami memberikan pasilitas seperti transportasi pulang pergi ke lokasi pertambangan, tempat tingnga dan makan,” tutup Gebyar Jaya Setiabudi.

Silvia Yuliansari Asril / HUMAS