Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Kelas Inspirasi Modul Nusantara PMM UNJA bersama Bank Sampah dan LAM Jambi

Kelas Inspirasi Modul Nusantara PMM UNJA bersama Bank Sampah dan LAM Jambi

MENDALO,- Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan rutin “Kelas Inspirasi Modul Nusantara Pertukaran Mahasiswa Merdeka Kelompok 2 (PMM 2)”. Kegiatan yang ditujukan kepada para mahasiswa PMM 2 berlangsung secara hybrid melalui daring di Zoom Meeting dan luring di Ruang Senat Lantai 3 Gedung Rektorat, UNJA Mendalo, Minggu (27/11/2022).

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan salah satu kegiatan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Salah satu dari kegiatan PMM yang sangat ditunggu oleh peserta PMM adalah Modul Nusantara. Kegiatan ini terbagi menjadi 4 sub modul yaitu Kebhinekaan, Inspirasi, Refleksi, dan Kontribusi Sosial. PMM Kelompok 2 tahun 2022 melaksanakan salah satu rangkaian Modul Nusantara yaitu kegiatan Kelas Inspirasi dengan tema “Dream come True”. Peserta yang hadir merupakan mahasiswa program PMM 2 dan mahasiswa Teknik Pertambangan FST UNJA dengan total berjumlah 30 lebih mahasiswa.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M.Sc., Ph.D. Menghadirkan 5 orang narasumber, yaitu Prof. Ir. M. Havidz Aima, Ph.D., CFRM., dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi, Yudha Tryanto selaku Founder Bank Sampah Induk Dream Kota Jambi, Hernawati W. Retno Wiratih, S.Pd., M.Sc., Ikrimina L. Hazarati Havidz S.H., M.B.A., Ph.D., serta Wahyudi Zahar, S.T., M.T., selaku dosen Teknik Pertambangan FST UNJA. 

Ir. H. Yusrizal, M.Sc., Ph.D., menyampaikan substansi dari kegiatan Kelas Inspirasi Modul Nusantara dengan harapan bisa menginspirasi para mahasiswa PMM 2 yang berkuliah di UNJA.

“Peserta mahasiswa ini berasal dari hampir seluruh Indonesia yang mengikuti program MBKM yang salah satu mata kuliahnya adalah Modul Nusantara. Salah satu substansinya adalah Kelas Inspirasi dengan mengenalkan tokoh-tokoh yang dapat menginspirasi para mahasiswa sehingga mahasiswa mendapat wawasan dan pengetahuan baru. Kelas ini sengaja dipegang oleh 3 Wakil rektor guna kelancaran pelaksanaan kelas ini,” tutur Ir. Yusrizal.

Ketua Prodi Teknik Pertambangan Universitas Jambi, Muhammad Ikrar Lagowa, S.T., M.Eng.Sc., sangat mengapresiasi dan menghargai kesempatan yang diberikan tim PMM Kelompok 2 kepada Prodi Teknik Pertambangan serta Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTP) untuk berkolaborasi dalam pelaksanaan PMM, khususnya kunjungan ke Perusahaan Pertambangan Batubara serta Kelas Inspirasi yang baru saja dilaksanakan.

“Ada banyak manfaat yang dirasakan dari kolaborasi ini. Pertama, terjalinnya networking antara mahasiswa-mahasiswi Prodi Teknik Pertambangan UNJA dengan mahasiswa-mahasiswi Pertukaran Mahasiswa Merdeka dari berbagai kampus di Indonesia. Kedua, dengan kunjungan langsung ke PT. JPC, seluruh mahasiswa PMM Kelompok 2 dapat melihat langsung bagaimana proses pertambangan batubara beroperasi dengan didampingi oleh dosen dan asisten dari Prodi Teknik Pertambangan, sehingga dapat menepis pandangan-pandangan negatif tentang pertambangan kepada masyarakat di daerah asal mahasiswa PMM masing-masing,” ujarnya.

Kegiatan inspirasi sesi 2 diisi oleh Prof. Ir. M. Havidz Aima, MS., Ph.D. dan Ibu Hernawati W. Retno Wiratih, S.Pd., M.Sc., dengan membahas tentang adat melayu Jambi. Prof. Havidz mengisi acara ini dengan atraksi sulap sehingga membuat peserta yang hadir merasa takjub. Belum lagi pembawaan materi yang Beliau sampaikan sangat energik sehingga memberikan semangat yang luar biasa. Begitu pun dengan Ibu Hernawati, meskipun penyampaian materi dilakukan secara daring, semangatnya dalam menyampaikan materi bisa dirasakan oleh mahasiswa yang hadir. 

Kegiatan inspirasi ini dilanjutkan dengan pemberian plakat kepada Himpunan Teknik Pertambangan yang telah mendukung Kegiatan Kebhinekaan 14, Kelompok 2 di PT. Jambi Prima Coal pada hari Minggu (13/11/2022).  Kolaborasi yang telah dilakukan antara kelompok 2 Modul Nusantara dan Himpunan Teknik Pertambangan telah menghasilkan relasi yang baik diantara keduanya. Sebagai rasa terima kasih atas kolaborasi yang telah dilakukan, mahasiswa PMM Kelompok 2 Modul Nusantara memberikan kenang-kenangan berupa sertifikat kepada 2 dosen pendamping, 2 asisten dosen pendamping, dan 19 anak Teknik Pertambangan yang telah meminjamkan sepatu dan juga vest untuk kesuksesan acara di PT. Jambi Prima Coal. 

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS