Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Lantik Ketua LPPM, Rektor Unram Serukan Program “One Lecturer, One Year, One Publication”

Lantik Ketua LPPM, Rektor Unram Serukan Program “One Lecturer, One Year, One Publication”

Mataram, Universitas Mataram – Rektor Universitas Mataram (Unram) melantik dan mengambil sumpah jabatan Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM Unram) periode antar waktu tahun 2021 – 2025. Pejabat baru tersebut dilantik pada Jum’at (9/12) di Ruang Sidang Senat Rektorat Unram.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dalam sambutannya memaparkan tantangan-tantangan untuk LPPM pada periode tahun selanjutnya, khususnya di tahun 2023-2024. Dikatakan pada tahun tersebut LPPM menjadi tulang punggung Unram terutama dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 5 yang terkait dengan penelitian dan pengabdian. “Saat ini IKU 5 sudah melampaui target minimal yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek sehingga kami menitip untuk terus menjaga itu dan terus ditingkatkan terutama kinerja penelitian,” ungkapnya.

Tahun 2023, lanjutnya, adalah tahun percepatan untuk mencapai IKU, tahun percepatan untuk melakukan reakreditasi, serta tahun percepatan menuju PTN-BH yang ditargetkan pada tahun 2024. Sehingga dalam hal ini Rektor Unram berharap banyak hal terkait dengan penelitian dan pengabdian yang dilakukan LPPM sebagai lembaga yang sangat strategis untuk mengejar tahun percepatan tersebut. “Mudah-mudahan di tahun percepatan ini, LPPM akan memberi sumbangan yang luar baisa terhadap pengembangan dan pencapaian tahun percepatan tersebut,” jelas Prof. Bambang.

Lebih lanjut, Guru Besar Fakultas Pertanian Unram itu juga menjelaskan tantangan yang harus dihadapi oleh LPPM Unram, terkait masih sedikitnya jumlah publikasi jurnal yang terindeks Scopus, berlevel Sinta 1 maupun Sinta 2. Tak hanya itu, Rektor Unram memberikan pesan terkait dengan publikasi jurnal yang dimiliki Unram. “Kedepan, jurnal-jurnal ini tolong diolah agar kinerjanya lebih meningkat, sehingga ada tempat untuk mempublikasi karya dosen kita,” ucapnya pada Ketua LPPM yang baru dilantik tersebut.

Ia juga menitip pesan bahwa Unram sedang mempertahankan kerja IKU 5. Disebutkan bahwa nilai atau angka yang diperoleh Unram dari PTN-BH terkait jumlah penelitian Unram yang masih di atas rata-rata. “Saya mohon bantuan untuk kita semua sehingga program ‘One Lecturer, One Year, One Publication’ bisa segera kita terapkan,” serunya di ruang Sidang Senat.

Tak hanya itu, Prof. Bambang meminta agar LPPM Unram terus berkoordinasi dengan lembaga yang lain lantaran ada banyak hal yang bersifat koordinatif. “Untuk itu saya berpesan kepada semuanya, bahwa follow up dari hasil rapat itu lebih penting dari sekedar rapat,” tegas Rektor Unram.

Terkait riset, Guru Besar Fakultas Pertanian Unram tersebut mengakui bahwa riset-riset yang dilakukan Unram masih berskala kecil. Untuk itu Rektor Unram membuat trobosan, di antara riset-riset kecil yang dimiliki akan dibuatkan konsorsium. Seperti konsorsium yang telah terbantuk di Fakultas Teknik Unram yang dapat menciptakan Mobil Listrik.

Terakhir, Prof. Bambang menyinggung masalah pengabdian yang perlu trobosan baru. Kerjasama dengan Pemda, kerjasama dengan Pemkab Provinsi, Pemkab Kabupaten/Kota, bisa menjadi terobosan untuk bersinergi. “Agar Unram ini tidak hanya menjadi menara gading tetapi menjadi menara air yang memberikan banyak manfaat, sehingga riset dan pengabdian dapat diadopsi oleh masyarakat dan bermanfaat untuk masyarakat itu sendiri,” tutupnya.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut, turut hadir Ketua dan Sekretaris Senat, Wakil Rektor serta Dekan di lingkungan Unram, Direktur Pasca Sarjana, Ketua dan Sekretaris LPMPP, Sekretaris LPPM, Kepala Biro, Koordinator Bagian, KTU LPPM, dan Sub Koordinator LPPM.