Senin, 29 April 2024
Perguruan Tinggi

Prodi Magister Hukum UNTAN Lakukan Diseminasi Hasil Survei Orang Utan, Sosial Ekonomi dan Analisis Kebijakan Pengelolaan Kawasan Hutan

Prodi Magister Hukum UNTAN Lakukan Diseminasi Hasil Survei Orang Utan, Sosial Ekonomi dan Analisis Kebijakan Pengelolaan Kawasan Hutan

Program Studi Magister Hukum Universitas Tanjungpura (UNTAN) melakukan Diseminasi hasil survei Orang Utan, sosial ekonomi dan analisis kebijakan pengelolaan kawasan hutan, yang dilakukan Pada Landscape Gunung Niut, Narue Reserve-Penrisen Protected Forest, Kingkang Range,-North Sintang dan Arabella Lower-Upper Schwaner Ranges.

peserta diseminasi

Kegiatan ini diadakan berkat Kerja sama antar Prodi  Magister Hukum UNTAN, Yayasan Titian lestari,Forum Orang Utan Indonesia (FORINA), Yayasan Orang Utan Indonesia (YAYORIN) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan provinsi kalimantan BARAT.

Ketua Prodi Magister Hukum  UNTAN, Dr. Herman, S.H., M.Hum

Ketua Prodi Magister Hukum  UNTAN, Dr. Herman, S.H., M.Hum menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya dalam menumbuhkan tradisi akademik di kalangan mahasiswa khususnya di magister Hukum .Kegiatan ini menjadi bagian program magister hukum yang nantinya juga akan dilakukan  ditingkat internasioanal. Dirinya menekankan kegiatan diseminasi tidak sampai disini saja , namun tentu ada hasil outcome yang dapat disampaikan pada pemerintah dan stakeholder.

Ketua Yayasan Titian Lestari, Gilang Martin

Sementara itu Ketua Yayasan Titian Lestari, Gilang Martin menyampaikan  Survei satu tahun terakhir yang dilakukan di Landscape Gunung Niut, Narue Reserve-Penrisen Protected Forest, Kingkang Range,-North Sintang dan Arabella Lower-Upper Schwaner Ranges. Dirinya berharap dari diseminasi informasi yang dibagikan dapat diambil sebuah kebijakan yang benar- benar baik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, Ir. H Adi Yani, M.H

Pada kegiatan Diseminasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, Ir. H Adi Yani, M.H menyampaikan Kawasan Hutan bagi Orang Utan semakin mengecil karena kebakaran hutan, ilegalogging, dan  perubahan fungsi dari kawasan hutan. Taraf hidup masyarakat, pembangunan kawasan lingkungan, pengelolaan kawasan hutan yang juga harus dipertimbangkan dalam visi-misi Gubernur Kalbar.

Rektor UNTAN, Prof. Dr Garuda Wiko, SH.,M.Si

Rektor UNTAN, Prof. Dr Garuda Wiko, SH.,M.Si mengajak bersama-sama membuat rancangan yang terbaik dalam enanganan resiko kepunahan agar tidak terlambat mengantisipasi persoalan yang ada. Ia berharap perguruan tinggi menjadi problem solver provider, Supporting sistem pengambil kebijakan yang berdasarkan data, dan mejadi pengetahua (Knowlegde).

peserta diseminasi