Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

MENYAMBUT PEMBELAJARAN TATAP MUKA

MENYAMBUT PEMBELAJARAN TATAP MUKA

Daerah Istimewa Yogyakarta telah memasuki PPKM level 3, keadaan yang sudah membaik dari yang sebelumnya ditandai dengan turunnya kasus covid-19 serta level tersebut. DIY sudah bias melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas karena sudah diperkenankan bagi yang wilayahnya PPKM level 1-3. Sekolah tatap muka terbatas bias dijalankan sengan aturan dan protokol kesehatan yang ketat.

SMP Negeri 3 Pakem, Sleman salah satu sekolah yang akan melaksanakan PTM. Namun, sebelum melaksanakan PTM jangka panjang, sekolah akan melaksanakan simulasi sebagai uji coba, dan melakukan cek lebih lanjut untuk memastikan keamanan bagi warga sekolah. Untuk menyambut hal tersebut, SMP Negeri 3 Pakem telah mempersiapkan berbagai hal untuk kelancaran pelaksanaan PTM. Salah satu persiapannya adalah vaksinasi bagi 395 siswa. Program tersebut merupakan hasil koordinasi Disdik Sleman dan Dinkes Sleman, yang dilaksanakan untuk dosis pertama pada 27 Agustus 2021 dan kedua 24 September 2021, bertempat di SMP Negeri 2 Pakem. Namun, tidak semua siswa mengikuti vaksin tersebut dikarenakan beberapa siswa memiliki alasan tertentu, seperti saat ada program vaksinasi di sekolah siswa baru saja isolasi mandiri atau memiliki komorbid, masih belum cukup umur atau berusia di bawah 12 tahun. Vaksinasi pelajar merupakan salah satu syarat utama dalam penyelenggaraan PTM terbatas di DIY.

Untuk pelaksanaan PTM rencananya akan dilaksanakan dengan jadwal yang sudah ditentukan dengan pertimbangan waktu dan pembagian perkelasnya, untuk mengurangi kemungkinan siswa berkerumun atau bertabrakan jamnya. Setiap pelaksanaan berada di bawah pengawasan guru.

Siswa yang hadir ke sekolah pun wajib menerapkan 5M (Memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi).

Untuk mendukung pelaksanaan PTM, bapak/ibu guru serta karyawan melakukan kerja bakti membersihkan ruang kelas yang akan digunakan untuk pembelajaran. Sekolah memastikan kembali ruang kelas sudah layak digunakan, memenuhi standar untuk PTM seperti jarak kursi dan meja satu sama lain, dan mengecek kelengkapan ruang  kelas seperti meja, kursi, papan tulis, dll. Persiapan alat pendukung untuk PTM pun tidak terlewatkan seperti hand sanitazer, face shield, sabun cuci tangan dan wastafel yang sudah terletak  diberbagai sudut sekolah, thermo gun untuk pengecekan suhu siswa ketika memasuki lingkungan sekolah.