Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UNISA Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Diskusi SDGs dan Konsep Pendidikan Nasional Muhammadiyah

UNISA Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Diskusi SDGs dan Konsep Pendidikan Nasional Muhammadiyah

Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mendapat kehormatan dari Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk menjadi tuan rumah diskusi yang penting : “Menggagas Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan Konsep Pendidikan Nasional Muhammadiyah”. Acara ini berlangsung pada Jumat, 10 Mei, di ruang sidang Gedung Siti Moendjijah.

Menariknya, Prof. Dr. Ignasius Dwi Atmana Sutapa, MSc, seorang ahli yang juga menjabat sebagai Executive Director of APCE-UNESCO, diamanahi sebagai narasumber utama dalam diskusi ini. Dengan berbagai pengalamannya Ignasius diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam mengenai tantangan dan peluang dalam mewujudkan SDGs, terutama dalam konteks pendidikan nasional yang dipegang teguh oleh Muhammadiyah.

Rektor UNISA Yogyakarta, Dr. Warsiti, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat, dalam sambutannya menyampaikan dengan bangga bahwa UNISA Yogyakarta, yang berawal dari sekolah bidan dan bergerak di bidang kesehatan, telah menghasilkan mahasiswa yang mewakili 32 Provinsi di Indonesia.

“Di UNISA, kami telah memperdeklarasikan diri sebagai kampus berwawasan kesehatan yang berkomitmen untuk menjadi universitas pilihan dan unggul, berlandaskan nilai-nilai Islam berkemajuan,” ujarnya.

Warsiti juga menegaskan komitmen UNISA dalam mendukung agenda pembangunan berkelanjutan dengan memperkuat seluruh fakultas dan jurusan yang ada untuk memahami, mengimplementasikan, dan mendukung pencapaian SDGs.

Pemaparan Ignasius tentang SDGs tidak hanya sekadar teori, tetapi juga mengarah pada implementasi konkret, terutama dalam konteks perguruan tinggi.

“Bagaimana kita melihat target berkelanjutan perguruan tinggi dalam skala nasional dalam mencapai tujuan dari segi teknologi, adalah salah satu aspek yang perlu diperhatikan,” jelas Ignasius.

Diskusi ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang untuk berbagi pengetahuan, tetapi juga sebagai langkah konkret menuju perubahan yang lebih baik, baik di tingkat akademik maupun praktis, dalam mewujudkan visi pembangunan berkelanjutan dan pendidikan yang berkualitas. UNISA Yogyakarta, dengan semangatnya siap berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita ini.