Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Unpad: Kualitas dan Produktivitas SDM Kunci Pemerataan Kesejahteraan Jabar

Rektor Unpad: Kualitas dan Produktivitas SDM Kunci Pemerataan Kesejahteraan Jabar

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti mengatakan, kunci dari pemerataan kesejahteraan pembangunan Jawa Barat adalah meningkatkan kualitas dan produktivitas sumber daya manusianya. Hal ini didasarkan masih adanya permasalahan substansial yang masih menjadi pekerjaan rumah di Jabar.

Demikian disampaikan Rektor saat menjadi pembicara pada acara Dialog Lintas Bandung Pagi “Refleksi Pembangunan Jawa Barat 2022 dan Prospek 2023” yang digelar RRI Bandung, Senin (2/1/2022) pagi. Selain Rektor, program tersebut juga menghadirkan pembicara Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat Haru Suandharu.

Rektor menjelaskan, Jabar memiliki beragam potensi yang luar biasa. Di sektor ekonomi, selain menjadi sasaran investasi terbesar, provinsi ini juga memiliki potensi ekspor yang tinggi, hingga mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dari nasional. Namun, di sisi lain, tingkat pengangguran dan kemiskinannya juga masih tinggi.

“Kalau melihat struktur masalahnya, Jabar itu ibarat pohon yang tinggi menjulang tetapi cabang-cabangnya belum mampu meneduhkan banyak orang. Pohonnya kuat tetapi kurang rindang,” kata Rektor.

Untuk itu, menghadapi 2023, Jabar tetap diprediksikan memiliki potensi di bidang pertumbuhan ekonomi yang kuat. Agar potensi tersebut mampu menghasilkan efek multiplier yang baik, peningkatan kualitas dan produktivitas SDM perlu diperkuat.

“Bayangkan saja, investor mau masuk, tetapi ternyata orangnya mau kerja tetapi keterampillanya masih tradisional,” tutur Rektor.

Rektor memaparkan, penambahan keterampilan SDM Jabar dengan berbagai keterampilan modern sangat diperlukan. Salah satunya penguatan keterampilan digital. Selain itu, penguatan etos kerja juga penting dilakukan oleh SDM Jabar.

“Ini masalah substansial yang perlu diselesaikan,” kata Rektor.*