Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Kenal Lebih Dekat dengan “J-Twister”, Komunitas Basket Dosen dan Tendik Unpad

Kenal Lebih Dekat dengan “J-Twister”, Komunitas Basket Dosen dan Tendik Unpad

[Kanal Media Unpad] Komunitas ”Jatinangor Twister” atau disingkat J-Twister mengajak dosen dan tenaga kependidikan  Universitas Padjadjaran untuk bergabung dan sehat bersama.  J-Twister merupakan komunitas olahraga basket yang diikuti sejumlah dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad.

”J-Twister mengajak semua dosen dan tendik yang ingin berkeringat dan sehat bersama untuk bergabung bersama J-Twister,” ajak Guru Besar Fakultas Farmasi Unpad yang juga aktif di J-Twister Prof. apt. Nasrul Wathoni, Ph.D.

Prof. Nasrul menjelaskan, J-Twister tumbuh dari komunitas basket dosen dan tendik Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) pada tahun 2011. Saat itu, komunitas ini latihan rutin di lapangan Fikom hingga sekarang menempati GOR Bale Santika.

Filosofi ”Twister” berawal dari fenomena alam di lapangan merah yang saat ini menjadi GOR Bale Santika. Pada waktu itu, sering terjadi angin yang berputar di sekitar semak-semak lapangan tersebut, sehingga sepakat nama ”Twister” dipakai.

Nama tersebut kemudian diawali dengan ”Jatinangor” sebagai wilayah kampus Unpad berada, sehingga nama komunitas tersebut menjadi ”J-Twister”.

Prof. Nasrul mengatakan, melalui jalur forum komunikasi dosen dan tendik terutama angkatan prajabatan CPNS, perlahan hampir semua dosen dan tendik tiap Fakultas yang memiliki hobi basket bergabung bersama J-Twister. Bahkan, kolaborasi pun sempat terjalin dengan Unit Bola Basket Unpad (UBBU).

“Dua belas tahun bukan waktu yang singkat. Dosen dan tendik yang bergabung silih berganti dengan alasan studi lanjut dan kesibukan lainnya.” ujar Prof. Nasrul.

Dibalik kesibukannya, para dosen dan tendik Unpad selalu menyempatkan diri latihan di hari Rabu sore di Bale Santika.

“Dengan berkeringat dan bercengkrama bersama sambil berdiskusi terkait kegiatan tridharma perguruan tinggi, para dosen dan tendik yang bermain basket bisa menjaga kebugaran dan kesehatannya untuk menjaga spirit positif bertugas keesokan harinya.” jelasnya.

J-Twister pun sempat jeda melakukan aktivitas fisik selama dua tahun karena Pandemi Covid-19.

“Namun, bukan berarti tanpa aktivitas, melalui media sosial Instagram J-Twister juga media grup WhatsApp, kebersamaan masih terjaga, hingga dibuka kembali GOR Bale Santika.” lanjut Nasrul.

Nasrul menjelaskan Mapag Unpad 2023 yang digelar Selasa (3/2/2023) menjadi titik tolak untuk saling berkomitmen agar dapat sehat bersama J-Twister melalui latihan rutin basket di setiap hari Rabu sore.

“Kegiatan J-Twister terangkum di media sosial IG dengan akun @jtwisters , terbuka bagi dosen dan tendik Unpad yang ingin sehat bersama dengan J-Twister” ajaknya. (rilis)*