Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTsN 31 JAKARTA Islamic Boarding School RAIH JUARA II DAN III MADRASAH ROBOTIC COMPETITON (MRC) 2020

MTsN 31 JAKARTA Islamic Boarding School RAIH JUARA II DAN III MADRASAH ROBOTIC COMPETITON (MRC) 2020

Jakarta (Humas MTsN 31) – Madrasah Tsanawiyah Negeri 31 Jakarta berhasil meraih Juara 2 Nasional Kategori Best Point Sumo IoT dan Juara 3 Nasional Kategori Best Participant Under Water dalam perhelatan Madrasah Robotic Competition (MRC) 2020.

“Alhamdulillah setelah melalui perjuangan yang begitu panjang, atas izin-Nya akhirnya 2 dari 3 tim Robotic MTsN 31 Jakarta yang mengikuti MRC 2020 berhasil meraih prestasi. Dan ini adalah untuk pertama kalinya MTsN 31 Jakarta raih juara tingkat nasional pada perhelatan Madrasah Robotic Competition (MRC) yang diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Kementerian Agama”, ujar Zainul Ma’arif, Kepala MTsN 31 Jakarta.

Ajang Madrasah Robotic Competition (MRC) 2020 sistem pelaksanaannya berbeda dengan kompetisi-kompetisi tahun sebelumnya. Bila pada tahun-tahun sebelumnya hanya ada 2 kategori, maka untuk tahun ini ada 7 kategori antara lain: Maze Solving, IoT, Creative, Sumo Iot, ASV, Line tracer analog, dan Underwater.

Sebelum masuk grand final, panitia menyeleksi secara ketat secara online di babak penyisihan menjadi 30 besar. Dari 30 besar ini diseleksi lagi melalui Video Conference, dan dari 30 besar diambil 16 Besar dan selanjutnya menjadi 9 besar (Grand Final).

Di babak 9 besar (Grand Final), Tim Robotik MTsN 31 Jakarta lolos 2 kategori yaitu Sumo IoT dan Underwater. Selanjutnya, mereka berhak untuk mengikuti Grand Final yang diadakan secara offline di Universitas Islam As-Syafi’iyah, Bekasi, Jawa Barat dari tanggal 1-4 Februari 2021. Sementara Tim ASV hanya masuk 16 besar, tidak berhasil lolos ke babak Grand Final.

Adapun 3 tim yang mengikuti MRC 2020 dari MTs Negeri 31 Jakarta yaitu Tim A Kotoprak Balap (ASV) diwakili oleh Ghazy Pandya dan Faizal, Tim B Octopus (Underwater) diwakili oleh Muhammad Sofwan  dan Muhammad Afriza dan Tim C Unite (Sumo IoT) diwakili oleh Alvaro Mausiqo Farikhina Fezza dan Ghassan (Sumo IoT).

“Ini merupakan moment yang tidak terlupakan bagi tim Robotic MTsN 31 Jakarta,” ujar Pembina robotic, Novel.

Sedangkan menurut Alvaro bahwa, kemenangan ini tentu tidak serta merta datang dengan sendirinya namun ini merupakan akumulasi belajar  tentang perobotan dan tentu ini semua juga karena Allah Swt.

“Disamping itu, kami beruntung memiliki pembimbing pak Novel Zaelany yang dengan sabar mengarahkan dan membimbing kami,” ujar Alvaro yang juga diiyakan oleh Ghassan.

Seluruh Civitas Akademika MTsN 31 Jakarta tentunya sangat bangga dengan raihan prestasi di masa pandemi ini. Guru dan siswa mampu bersinergi dengan baik demi meningkatkan prestasi madrasah, sesuai dengan visi misi MTsN 31 Jakarta.

Prestasi ini membuktikan bahwa adanya pandemi Covid-19, tidak menghalangi untuk mengukir berprestasi. Sebelumnya Tim Tae Kwon Do juga meraih juara I Internasional yang diselenggarakan secara virtual. (mtsn31 news)