Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

UKM PIK-M Umsida, Membekali Remaja Sidoarjo Kemampuan Berbagi Informasi dan Pengetahuan ke Sebaya

UKM PIK-M Umsida, Membekali Remaja Sidoarjo Kemampuan Berbagi Informasi dan Pengetahuan ke Sebaya

Umsida.ac.idUniversitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-M) kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan pendidik sebaya yang bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada remaja Sidoarjo dalam berbagi informasi dan pengetahuan kepada sebayanya. Kegiatan ini bertempat di Dinas P3AKB Kabupaten Sidoarjo dengan mengusung tema menggali wawasan generasi muda (genre) di era generasi muda melalui pelatihan pendidik sebaya Sabtu (07/01).


Narasumber yang hadir dalam kegiatan ini adalah Imas Apriliyatus, seorang remaja yang memiliki komitmen dan motivasi tinggi sebagai narasumber bagi kelompok remaja sebayanya dan telah mengikuti pelatihan pendidik sebaya sesuai dengan modul dan kurikulum standar BKKBN Nasional.


Imas menyampaikan bahwa pendidik sebaya merupakan remaja terlatih yang dapat memberikan informasi dan pengetahuan yang dapat dipercaya kepada sebayanya. “Mereka menggunakan bahasa yang sama sehingga informasi mudah dipahami oleh sebayanya, serta memfasilitasi teman sebaya untuk mengemukakan pikiran dan perasaannya di hadapan pendidik sebayanya,” paparnya.


Selain itu, pesan-pesan sensitif juga dapat disampaikan secara lebih terbuka dan santai. Salah satu kelebihan utama dari pendidik sebaya adalah komunikasi dua arah yang memungkinkan kedua belah pihak untuk sama-sama mengajukan pertanyaan, pendapat, dan perasaan. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan pendidik sebaya ini sangat penting untuk memberikan kemampuan kepada remaja Sidoarjo dalam berbagi informasi dan pengetahuan kepada sebayanya.


Setelah menyelesaikan pelatihan, para pendidik sebaya akan ditugaskan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada kelompok remaja sebayanya, baik melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh UKM PIK-M Umsida atau di lingkungan sekitar.


Mereka diharapkan dapat menjadi teladan yang baik dan memberikan dukungan kepada teman sebayanya dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi, serta membantu dalam menyebarkan informasi mengenai pentingnya keluarga berencana dan pencegahan penyakit menular seksual.


Pada sambutanya, pembina UKM PIK-M Ghozali Rusyid Affandi, S.Psi., M.A menyampaikan melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat mengembangkan keterampilan komunikasi dan kepemimpinan mereka, serta memperluas manfaat yang dapat mereka berikan kepada kelompok sebaya mereka.


UKM PIK-M Umsida berharap, pelatihan untuk pendidik sebaya ini tidak hanya meningkatkan kualitas informasi dan pengetahuan di kalangan anak muda, tetapi juga menciptakan generasi yang lebih sehat dan bijaksana. ”Dengan membekali kaum muda dengan perangkat dan keterampilan untuk berbagi informasi dan pengetahuan dengan rekan-rekan mereka, UKM PIK-M Umsida bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan komunitas dan masyarakat secara keseluruhan,” ujarnya


Pelatihan untuk pendidik sebaya di Umsida hanyalah salah satu dari sekian banyak upaya yang dilakukan untuk mendidik dan memberdayakan kaum muda. Dengan memberikan informasi dan keterampilan yang diperlukan kepada generasi muda, organisasi seperti UKM PIK-M Umsida berharap dapat membantu kaum muda membuat keputusan yang tepat dan menjalani kehidupan yang sehat dan memuaskan.


Selain memberikan informasi dan pelatihan, UKM PIK-M Umsida juga berperan sebagai support system bagi generasi muda, memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam berbagai hal. Melalui kombinasi pendidikan, dukungan, dan pemberdayaan, UKM PIK-M Umsida bertujuan untuk membantu kaum muda mencapai potensi penuh mereka dan berkontribusi secara positif kepada masyarakat.


Secara keseluruhan, pelatihan untuk pendidik sebaya di Umsida merupakan kesempatan berharga bagi generasi muda untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang berharga, dan memberikan dampak positif bagi rekan-rekan mereka dan komunitas mereka. Dengan bekerja sama, pemuda dan organisasi seperti UKM PIK-M Umsida dapat membantu menciptakan masa depan yang lebih cerah untuk semua.


Harapanya, pelatihan untuk pendidik sebaya di Umsida merupakan langkah penting untuk memberdayakan generasi muda dan meningkatkan kualitas informasi dan pengetahuan di masyarakat. Dengan membekali generasi muda dengan alat dan keterampilan untuk berbagi informasi yang akurat dan dapat diandalkan dengan rekan-rekan mereka, organisasi seperti UKM PIK-M Umsida berharap dapat membantu menciptakan generasi yang lebih sehat, lebih terinformasi, dan lebih terhubung.


“Melalui upaya organisasi seperti UKM PIK-M Umsida, kaum muda diberikan dukungan dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk berhasil dan memberikan dampak positif bagi komunitas mereka. Dengan bekerja sama dan saling mendukung, anak muda dan organisasi seperti UKM PIK-M Umsida dapat membantu membangun masa depan yang lebih cerah dan menjanjikan untuk semua,” pungkasnya.


Penulis : Muhammad Asrul Maulana

Editor : Rani Syahda Hanifa

*Humas Umsida