Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Ketahui Sejarah dan Evolusi Pendidikan di Dunia

Ketahui Sejarah dan Evolusi Pendidikan di Dunia

Pada zaman sekarang, pendidikan itu sangat penting bagi semua manusia. Mulai dari kaum tua, muda, dan anak-anak. Keterbatasan fisik atau mental juga tidak dapat menghalangi orang itu untuk mencari pendidikan. Pendidikan sendiri tidak hanya mengarah ke satu arti, karena pendidikan itu beragam arti dan beragam cara untuk bisa mendapatkan pendidikan tersebut.

Pendidikan yang bisa didapat itu, seperti pendidikan agama, pendidikan mental, pendidikan adab, dan masih banyak lagi.

Pendidikan dapat didapat dimanapun dan kapanpun. Tidak ada yang menghalangi seseorang untuk mendapatkan pendidikan yang diinginkan. Pendidikan berasal dari nenek moyang kita sebelum Masehi, oleh karena itu sekarang akan membahas sejarah dan evolusi pendidikan di dunia.

Sejarah Pendidikan di Dunia

Sejarah pendidikan ini ada beberapa versi, maka dari itu sekarang kita akan membahas sejarah pendidikan di dunia dari beberapa versi.

  1. Sejarah Pendidikan di Masa Pra Literasi 

Pada masa pra literasi, masyarakat belum mengetahui apa itu pendidikan membaca dan menulis. Metode yang digunakan oleh nenek moyang kita dalam mentransfer informasi adalah menggunakan lisan dari generasi satu ke generasi selanjutnya. Pada waktu yang bersamaan juga, awal mula keluarga melakukan pembelajaran informal sehingga pembelajaran tersebut masih berpengaruh sampai sekarang. 

Pada masa pra literasi, pembelajaran digunakan untuk bertahan hidup. Karena pada masa itu banyak terjadi bencana alam, serangan hewan buas, dan serangan dari kelompok lain. Semakin terbiasa dalam bertahan hidup, keterampilan untuk bertahan hidup juga menjadi budaya yang diturunkan ke generasi selanjutnya. Budaya yang dapat diturunkan tersebut seperti, tarian, musik, dan masih banyak budaya yang lain. 

Dari budaya yang diturunkan anak-anak bisa mempelajari bahasa, keterampilan kelompok, nilai moral serta nilai agama. Tidak hanya itu, anak-anak juga dapat belajar tentang apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Dengan budaya yang dipelajari anak-anak dapat berperilaku baik. Budaya yang diturunkan juga masih diterapkan sampai sekarang di zaman yang sudah maju. Orang tua menandai perkembangan anak-anak yang beranjak dewasa dengan tarian ritual maupun membuat drama yang mempunyai makna supranatural yang dapat membangkitkan respon moral.Pembahasan di atas adalah sejarah pendidikan pada masa pra literasi.

  1. Pendidikan Pada Masa Mesir Kuno

Mesir Kuno adalah masa peradaban yang paling awal berkembang di dunia. Mesir Kuno juga dikenal sebagai peradaban yang dikembangkan oleh budaya lembah sungai. Karena di Mesir Kuno ada sungai bernama Sungai Nil yang airnya dapat menopang kehidupan dan kelompok pertanian dapat membangun pemukiman desa kecil yang disebut dengan kerajaan suku. Pada 3000 SM kerajaan suku diperkuat ke dalam kerajaan besar yang akhirnya membuat kerajaan yang terorganisasi dan terpusat.

Prinsip yang dimiliki oleh orang mesir sangatlah kuat dalam agama dan politik. Walaupun orang-orang mesir disibukkan dengan hal gaib, mereka juga mengembangkan teknologi untuk mengairi Sungai Nil.

Mesir juga membutuhkan susunan kerja sesuai aturan yang berpendidikan dalam mengelola kekaisaran dan dapat memungut pajak. Pada tahun 2700 SM orang Mesir juga membangun sekolah dengan sistem kuil dan pengadilan yang luas yang bisa melatih para ahli Taurat dalam membaca dan menulis.

Metode siswa yang belajar menulis aksara hieroglif dengan menyalin dokumen pada kertas yang terbuat dari alang-alang air yang tumbuh di sepanjang Sungai Nil diterapkan pada sekolah juru tulis. Cara itu diterapkan dalam sekolah juru tulis dengan cara guru yang mendikte/membaca siswa, dan siswa akan menyalin apa yang mereka dengar. Tujuan diterapkannya metode itu untuk memproduksi salinan teks dengan benar dan tepat. 

  1. Pendidikan Masyarakat Cina Kuno

Pengaruh yang paling kuat terhadap evolusi pendidikan adalah peradaban Cina. Cina juga merupakan kerajaan besar yang peradabannya dapat mencapai puncak perkembangan sosial, politik, dan pendidikan. Pendidikan yang diwariskan oleh orang Cina adalah upaya gigih untuk mempertahankan kesinambungan budaya. Dan pada abad 19 menyebabkan Cina rentan terhadap eksploitasi karena mereka sering mencemooh orang asing dengan bahasa/perilaku yang tidak pantas.

Pada saat Cina dilanda pergolakan politik dan budaya pada abad ke-3 SM, Cina fokus dalam pendidikan yang hanya mempertahankan atau mengubah budaya. Cina memiliki tiga filosofi yang bersaing, yaitu Konfusianisme, Legalisme, dan Taoisme. 

Pembahasan di atas adalah sejarah pendidikan di Dunia. Setelah mengetahui sejarah pendidikan, sekarang gantian membahas evolusi pendidikan di Dunia.

Evolusi Pendidikan di Dunia 

Sebelum kita membahas evolusi di dalam pendidikan, kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan evolusi. Yang dimaksud dengan evolusi adalah proses perubahan secara bertingkat yang dimana sesuatu harus berubah dari bentuk yang biasanya menjadi lebih rumit atau berubah menjadi bentuk yang lebih baik.

Pendidikan di Dunia ini sangat berevolusi dengan cepat. Di zaman yang sudah modern ini pendidikan semakin baik dan canggih. Siswa zaman sekarang sudah paham tentang teknologi yang semakin canggih, dan siswa menggunakan teknologi untuk hal-hal yang baik. Dan guru zaman sekarang juga sudah tidak menerapkan aturan-aturan keras yang diterapkan pada zaman dulu. Pendidikan juga sudah dilindungi oleh undang-undang. 

Pembahasan diatas adalah pembahasan tentang sejarah dan evolusi pendidikan di Dunia ini. Bisa disimpulkan bahwa pendidikan zaman sekarang semakin baik dan canggih. Dan pendidikan zaman sekarang lebih mudah untuk digapai.