Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Lantik 10 Dokter Baru, FK Unram Siapkan Lulusan Dokter untuk Daerah-daerah

Lantik 10 Dokter Baru, FK Unram Siapkan Lulusan Dokter untuk Daerah-daerah

Mataram, Universitas Mataram – Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK Unram) mengawali tahun 2023 dengan prestasinya, melantik 10 Dokter baru pada hari Selasa (18/01) di Aula dr. Yunita Sabrina, FK Unram.

Dalam acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter ke-46 itu, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FK Unram, dr. Ima Arum Lestarini, Sp.PK., M.Si.Med melaporkan bahwa 10 orang yang dilantik terdiri dari 3 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Dokter-dokter baru yang disumpah telah melakukan pendidikan dokter muda di rumah sakit pendidikan utama, yaitu Rumah Sakit Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Rumah Sakit jejaring, yaitu Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Provinsi NTB, Rumah Sakit Umum Daerah Praya, Rumah Sakit Umum Daerah Gerung, dan beberapa puskesmas di wilayah Kabupaten Lombok Barat.

“Upacara pengambilan sumpah kali ini adalah upacara yang ke-46 jadi total dari lulusan dokter FK Unram adalah 773 orang dokter yang telah berdinas di seluruh nusantara. Dokter baru ini telah mengikuti uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter secara nasional periode November tahun 2022. Dan persentase kelulusan dari FK Unram selalu di atas nilai rata-rata kelulusan nasional,” terang dr. Ima.

Selanjutnya dr. Hamsu Kadriyan, Sp.T.H.T.K.L(K)., M.Kes. selaku Dekan FK Unram mengambil sumpah dan melantik dokter baru.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi Unram, Prof. Akmaluddin, S.T., M.Sc.(Eng.), Ph.D dalam sambutannya turut mengapresiasi prestasi FK Unram. Ia juga berharap agar dokter muda yang telah dilantik dapat kembali ke daerah asalnya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan dokter di daerahnya, untuk meningkatkan taraf kesejahteraan kesehatan masyarakat.

“Targetnya adalah mereka yang berasal dari daerahnya itu kembali ke daerah asalnya untuk membangun masyarakat wilayahnya yang berkaitan dengan kebutuhan dokter saat ini,” tuturnya.

Dekan FK Unram, dr. Hamsu turut menyampaikan sebelum dokter baru bisa mengisi kebutuhan dokter di daerah-daerah, mereka perlu mengikuti internship selama 1 tahun. Ia juga menambahkan bahwa saat ini FK Unram sedang dalam proses untuk menambah wahana pendidikan kedokteran baik di jenjang S-1, S-2, dan S-3.

“Tentu dengan keunggulan kita di kedokteran kepulauan-kepulauan, kita ingin agar lulusan-lulusan kita bisa tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

dr. Hamsu berharap agar pelantikan dan pengambilan sumpah dokter ini tidak menjadi akhir bagi dokter muda, namun menjadi awal dalam mengembangkan diri mereka.