Senin, 06 Februari 2023
Perguruan Tinggi

Prof. Ali Idrus Sampaikan Orasi Ilmiah Pada Pengukuhan Guru Besar

Prof. Ali Idrus Sampaikan Orasi Ilmiah Pada Pengukuhan Guru Besar

Mendalo- Prof. Dr. Drs. Ali Idrus, M.Pd., M.E. menyampaikan Orasi Ilmiah pada peresmian jabatannya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan pada Program Studi Administrasi/Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA), Kamis (19/1/23) di Balairung Pinang Masak UNJA Mendalo. Prof. Ali Idrus menyampaikan Orasi Ilmiah yang berjudul Membangun Komitmen Dosen Dalam Transformasi Perguruan Tinggi Unggul dan Bereputasi.

“Untuk mencapai Perguruan Tinggi yang Unggul, Universitas Jambi seyogyanya membuat perencanaan sumber daya manusia bagi peningkatan karir dosen, perencanaan tidak dapat lengkap bila tidak dimasukkan perencanaan karier setiap pegawai/ karyawan/dosen yang ada, langkah-langkah dalam perencanaan karier meliputi menetapkan kualifikasi minimum untuk suatu jabatan, menetapkan titik masuk seseorang ke dalam organisasi, menetapkan jenjang promosi dan ketentuan-ketentuannya masa jabatan, pendidikan dan latihan serta ketentuan khusus lainnya, program diklat yang dilalui untuk kenaikan pangkat dan menetapkan kedudukan tertinggi seorang karyawan/pegawai sesuai dengan kemampuannya,” ujar Prof. Ali Idrus yang dilahirkan di Lb. Nagodang Siulak, Kerinci pada 18 Nopember 1960.

Pada penyampaian orasi ilmiahnya, Prof. Ali Idrus berkesimpulan bahwa perguruan tinggi unggul sangat ditentukan oleh komitmen dan produktifitas dosen dalam Tridharma Perguruan Tinggi.

“Tingkat komitmen dosen pada Universitas mempengaruhi produktivitas dosen dalam menjalankan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Perguruan tinggi unggul sangat ditentukan oleh produktifitas dosen dalam Tridharma, kshusnya penerbitan karya ilmiah pada jurnal bereputasi, rasio jabatan dosen dan pengembangan karier para dosen di Perguruan Tinggi dan Pengembangan karier para dosen di perguruan tinggi adalah sangat penting untuk meningkatkan reputasi perguruan tinggi,” jelas Prof. Ali Idrus.

Selain itu, ia mengatakan sebagai solusi alternatif untuk menyelesaiakn permasalan karier dosen, maka diperlukan suatu pendekatan yang bersifat transformatif yaitu pendekatan yang membutuhkan keterlibatan aktif pimpinan Universitas, Fakultas, Lembaga Penelitian dan Pengabdian dan unit pengelola sumberdaya manusia atau kepegawaian, disamping itu para dosen juga diharapkan selalu mempersiapkan diri untuk meniti jenjang karier mereka di masa yang akan datang.

“Harapan saya, dengan pidato ilmiah ini semoga Universitas Jambi dapat menjadi perguruan tinggi unggul dan berupatasi dengan membina dan mengembangkan karier dosen mencapai jabatan fungsional tertinggi yaitu Guru Besar atau Profesor. Di samping itu, rasio dosen bergelar doktor di perguruan tinggi semakin meningkat dan diikuti pula dengan semakin meningkatnya rasio Profesor dan dosen, dengan demikian pada gilirannya nanti dapat meningkatkan kualitas pendidikan Perguruan Tinggi di Indonesia, khususnya di Universitas Jambi,” tutup Prof. Ali Idrus.

Silvia Yuliansari Asril / HUMAS