Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Untan Perkuat Kerja Sama dengan UiTM, Komitmen Jawab Permasalahan Bersama di Kalimantan

Untan Perkuat Kerja Sama dengan UiTM, Komitmen Jawab Permasalahan Bersama di Kalimantan

PONTIANAK – Rektor Untan, Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si., menyambut kedatangan Rektor Universiti Teknologi Mara (UiTM) Sarawak Branch, Prof. Dato Dr. Jamil bin Hamali bersama pimpinan dan sejumlah staf berlokasi di gedung rektorat Universitas Tanjungpura pada Kamis, 23 Februari 2023.

Rektor Untan menyampaikan terima kasih atas kunjungan Rektor UiTM Bersama rombongan. Prof. Garuda juga berharap adanya peningkatan kerja sama antara Untan dan UiTM yang selama ini telah berjalan dengan baik. Selain itu, Rektor Untan juga berharap adanya kerja sama untuk menjawab persoalan terkini isu global energi dan perubahan iklim, khususnya persoalan yang sama bagi masyarakat di pulau Kalimantan.

“Semoga melalui pertemuan ini akan dapat meningkatkan kerja sama di antara kita, khususnya kerja sama untuk menjawab isu-isu terkini seperti global energi, perubahan iklim, dan lain sebagainya. Terkhusus lagi, Saya sangat berharap kita Bersama dapat berkolaborasi untuk menjawab persoalan yang sama bagi masyarakat di pulau Kalimantan ini”, harap Prof. Garuda Wiko.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universiti Teknologi Mara (UiTM) Sarawak Branch, Prof. Dato Dr. Jamil bin Hamali menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan.

“Saya terharu dan berterima kasih atas sambutan yang diberikan”, ujarnya.

Prof. Dato Jamil juga menyampaikan bahwa kedatangannya bersama rombongan untuk menguatkan kerja sama yang selama ini telah berjalan dengan baik.

“Kami datang untuk menjalinkan kerja sama agar semakin meningkat. Kerja sama dapat berupa pertukaran pelajar minimal selama dua pekan, agar student dapat saling bertukar pengetahuan, sosial, dan budaya dalam upaya membangun Borneo kita”, ungkapnya.



Ia pun menambahkan kerja sama juga dapat berupa beasiswa studi lanjut di UiTM bagi lulusan Untan. Bahkan menurutnya, para lulusan Untan yang sedang studi di UiTM nantinya dapat sembari mengajar di UiTM.

“Mahasiswa studi lanjut juga dapat bekerja menjadi pensyarah selama proses studi berlangsung”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UiTM juga mengharapkan kehadiran Rektor Untan di Kampus UiTM sekaligus mengundang untuk dapat hadir pada acara konferensi bersama yang rutin dilaksanakan selama 14 tahun terakhir.

Hadir bersama Rektor UiTM di antaranya Deputy Rector (Academic Affairs & Internationalization), Deputy Rector (Academic Affairs & Internationalization); Assistant Rector (Universiti Teknologi MARA, Mukah Branch), Assoc. Prof. Abdul Razak Abdul Kadir; Deputy Rector (Student Affairs), Assoc.Prof. Dr. Saimi Bujang; Head of Centre of Graduate Studies, Assoc. Prof. Dr. Ellen Chung; Coordinator Office of International Affairs, Miss Wan Juliana Emeih Wahed, dan lain-lain.