Senin, 29 April 2024
Sekolah Dasar

Kuatkan Nilai Aswaja, MI Sananul Ula Adakan Ramadhan Fil Ma’had

Kuatkan Nilai Aswaja, MI Sananul Ula Adakan Ramadhan Fil Ma’had

Piyungan, Ahad 25 April 2021 merupakan hari terakhir pelaksanaan Ramadhan Fil Ma’had, serangkaian kegiatan Ramadhan Fil Ma’had yang dilaksanakan selama sepekan telah selesai. Ramadhan Fil Ma’had ini adalah program baru pada bidang keagamaan di MI Sananul Ula. Pelaksanaan Ramadhan Fil Ma’had ini dilaksanakan secara bertahap yaitu Angkatan I pada tanggal 18-19 April 2021 diikuti oleh siswa putra kelas II. Angkatan II pada tanggal 20-21 April 2021  diikuti oleh siswa putra kelas 3, Angkatan III pada tanggal 22-23 April 2021 diikuti oleh Siswa kelas 4, dan terakhir Angkatan 4 pada tanggal 24-25 April 2021 diikuti oleh siswa putra kelas 5. Peserta Ramadhan Fil Ma’had secara keseluruhan berjumlah 96 siswa. Kegiatan Ramadhan Fil Ma’had diisi dengan kegiatan pengembangan diri, tadarus Al-Qur’an, kajian kitab, disamping itu pembiasaan salat fardu berjamaah, peserta Ramadhan Fil Ma’had dibiasakan juga untuk salat dhuha dan tarawih berjamaah.

Menurut ketua Panitia, Nurul Hidayah kegiatan ini diadakan untuk mengisi bulan Ramadhan bagi siswa MI Sananul Ula, melatih kemandirian siswa, serta menguatkan nilai keaswajaan yang tercermin dalam amaliah rutin di pondok pesantren. Meski kegiatan ini dilaksanaan disaat kondisi pandemi belum berakhir, namun kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan. Siswa sebelum masuk lingkungan pondok pesantren peserta di tes suhu terlebih dahulu serta proses screening guna mencegah penularan virus Covid -19. Meskipun program baru antusias siswa untuk mengikuti cukup besar. Kegiatan Ramadhan fil Ma’had di laksanakan di Pondok Pesantren sananul Ula.

Santri menggunting paper craft pada kegiatan pengembangan diri

Ramadhan Fil Ma’had ini bekerja sama dengan Pondok Pesantren Sananul Ula. Pengasuh Pondok Pesantren menyambut baik dengan kegiatan ini, diharapkan dengan adanya kegiatan ini siswa-siswa tertarik untuk masuk di pondok pesantren dan beliau mengharapkan kegiatan ini akan terus diadakan pada tahun-tahun kedepan. Mengingat kegiatan Ramadhan fil Ma’had sebagai ajang promosi Pondok Pesantren Sananul Ula yang belum genap satu tahun berdiri.