Kamis, 01 Juni 2023
Perguruan Tinggi

Rektor Cup 2023, Ratusan Atlet Berlaga di 7 Cabor

<strong>Rektor Cup 2023, Ratusan Atlet Berlaga di 7 Cabor</strong>

SALAM OLAH RAGA ! Event olah raga terbesar di Universitas Bengkulu kembali digelar dan telah dibuka pada Jumat (19/5/2023) di Gedung Serba Guna (GSG) UNIB. Sebanyak 7 cabang olah raga (Cabor) diperlombakan untuk memperebutkan Piala Rektor (Rektor Cup) yang menjadi rangkaian acara untuk memeriahkan dies natalis ke-41 Universitas Bengkulu tahun 2023.

Suasana acara pembukaan Rektor Cup 2023 di GSG UNIB.(foto:hms1)

“Rektor Cup UNIB 2023 ini memperlombakan 7 Cabor dan diikuti ratusan atlet baik atlet dari Provinsi Bengkulu sendiri maupun dari luar Provinsi Bengkulu. Event ini bertaraf nasional yang diharapkan menjadi sarana pembinaan olah raga dan wadah meraih prestasi bagi para atlet,” ujar Ketua Panitia Rektor Cup UNIB, Dr. Dian Pujianto, S.Pd.Jas, M.Or.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIB ini menjelaskan, ke 7 Cabor yang diperlombakan yaitu Atletik, Pencak Silat, Karate, Taekwondo, Futsal, Bulu Tangkis dan Catur. “Selamat berlomba, junjung tinggi sportifitas dan raihlah prestasi yang membanggakan,” ucap Dr. Dian Pujianto.

Ketua Panitia Rektor Cup menyampaikan laporan tentang jumlah Cabor dan atlet yang berlaga.(foto:hms1)

Pembukaan Rektor Cup 2023 dilakukan Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc diwakili oleh Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Irfan Gustian, S.Si, M.Si.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan dol, alat musik tradsional Bengkulu secara bersama-sama oleh Prof. Irfan Gustian didampingi Wakil Rektor I Prof. Dr. Mochamad Lutfi Firdaus, S.Si, MT, Wakil Rektor II Yefriza, S.E, MPPM, Ph.D, Kepala Biro PPK UNIB Ir. Titin Rahmawati, M.Si serta Wakil Ketua KONI Provinsi Bengkulu Dadang Mishal dan Kepala Bidang Prestasi Olah Raga Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Bengkulu Aswandi.

Sambutan Wakil Rektor IV dan pemukulan dol secara simbolis tanda pembukaan Rektor Cup.(foto:hms1)

Kehadiran Wakil Ketua KONI Dadang Mishal dan Kabid Prestasi Olah Raga Dispora Provinsi Bengkulu Aswandi merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Daerah dan Organisasi Olahraga kepada UNIB yang telah rutin menyelenggarakan Rektor Cup setiap tahun.

“Dengan adanya event Rektor Cup ini para atlet menjadi tambah semangat untuk berlatih, sebab melalui event ini dapat mengevaluasi hasil latihan yang telah dilaksanakan dan menjadi tolak ukur untuk menghadapi event-event yang lebih besar lainnya seperti Porwil dan POMNAS (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional),” ujar Dadang Mishal.

Wakil KONI dan Kabid Olahraga Dispora Provinsi Bengkulu mengapresiasi event Rektor Cup.(foto:hms1)

Sementara Wakil Rektor IV UNIB Prof. Irfan Gustian mengatakan, Pimpinan UNIB akan terus mendorong kegiatan-kegiatan olah raga di kampus UNIB dalam upaya menumbuhkan kreativitas mahasiswa dan prestasi baik skala nasional maupun internasional.

Secara nyata dorongan dan dukungan tersebut yaitu dengan menyediakan berbagai fasilitas, sarana prasarana pendukung seperti disediakannya lapangan indoor dan GOR Pemuda yang refresentatif serta memberikan bantuan dana stimulan kepada UKM-UKM bidang olah raga, memfasilitas pembinaan dan pemberangkatan atlet serta menyelenggarakan event-event berskala regional, nasional maupun internasional seperti Rektor Cup ini.

Wakil Rektor memberikan semangat kepada para kontingen atlet.(foto:hms1)

“Karena Recktor Cup tahun 2023 ini bertepatan dengan rangkaian acara dies natalis ke-41 UNIB, maka event Rektor Cup ini juga sekaligus untuk memeriahkan dies natalis UNIB 2023 yang hari puncaknya akan dilaksanakan tanggal 27 Mei 2023,” ujar Prof. Irfan seraya menyerukan Salam Olahraga kepada seluruh kontingen atlet yang hadir di acara pembukaan.

Acara pembukaan Rektor Cup 2023 dimeriahkan atraksi musik dol dan seni tari yang ditampilkan para mahasiswa PGSD FKIP UNIB dan diakhiri dengan sesi foto bersama.[Penulis : Purna Herawan. Editor : Nursihati/Humas].

Swafoto bersama ucai acara pembukaan Rektor Cup UNIB 2023.(foto:hms1)