Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Study Lapangan Kelas Riset MTsN 7 Jember

Study Lapangan Kelas Riset MTsN 7 Jember

Studi Lapangan Kelas Riset MTs Negeri 7 Jember

Kegiatan belajar mengajar tidak hanya bisa dilakukan di dalam kelas saja. Tetapi juga bisa dilakukan di luar kelas. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan suasana baru bagi siswa-siswi dalam kegiatan pembelajaran. Atas dorongan tersebutlah yang menjadi salah satu alasan Kelas Riset (Humaniora, Sains, dan PAI) MTs Negeri 7 Jember mengadakan kegiatan pembelajaran di luar kelas guna membangun ide-ide kreatif para siswa dalam melakukan penelitian. Kegiatan ini bertemakan “Studi Lapangan Kelas Riset MTs Negeri 7 Jember 2023”. Dalam kegiatan ini para siswa diajak mengunjungi 3 tempat diantaranya Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Hember, Fakultas Pertanian Universitas Jember, dan Agrowisata PPG dan Hutan Pinus Sidomulyo Garahan. Studi Lapangan diikuti oleh siswa-siswi sekaligus pembimbing kelas riset 7A dan 8A.

Pada kunjungan pertama di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember, para siswa diberikan pengetahuan dan informasi terkait Lapas Jember yang disampaikan langsung oleh Hasan Basri selaku Kepala Lapas IIA Jember. Kapasitas Lapas Jember seharusnya hanya menampung 390 orang. Namun karena terjadi peningkatan jumlah warga binaan, saat ini dihuni oleh 1.049 orang. Jumlah tersebut terdiri dari dewasa laki-laki, perempuan dan anak-anak. Kasus yang paling banyak ditemukan di Lapas Jember yaitu kasus narkotika yang mencapai angka 50%.
Dalam lapas ini dilakukan 2 macam pembinaan yaitu pembinaan kepribadian dan kemandirian. Pembinaan kepribadian meliputi pembinaan yang memberikan bekal bagi para warga binaan melalui pendidikan formal seperti baca tulis serta disediakannya bahan bacaan, pendidikan rohani dan keagaamaan, pengarahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan pembinaan kemandirian bersifat memberikan keterampilan dan kegiatan kerja seperti cuci mobil, laundry, pembuatan hiasan, tata boga, cukur rambut dll. Pembinaan tersebut bertujuan agar para warga binaan mampu memberikan manfaat tidak hanya pada dirinya sendiri, melainkan juga bermanfaat bagi orang lain.

Kunjungan selanjutnya yaitu di Fakultas Pertanian, Universitas Jember. Pada kunjungan kali ini para siswa dibekali dengan ilmu yang berkaitan dengan pertanian seperti cara pengembangbiakan tanaman anggrek serta berkunjung ke dalam Laboratorium Teknologi Benih yang ada di Gedung Prodi Agronomi. Selain itu para siswa juga diajak terjun langsung melihat bagaimana cara budidaya tanaman hidroponik yang ada di Green House Fakultas Pertanian. Disamping melakukan pembelajaran tentang pertanian, pada kesempatan kali ini MTs Negeri 7 Jember bersama pihak Fakultas Pertanian Universitas Jember juga melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoA). Dengan adanya kerjasama tersebut, diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi peningkatan sumber daya kemampuan siswa dalam bidang penelitian serta dapat mengaplikasikan Tri dharma perguruan tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kemudian, studi lapangan ditutup dengan kegiatan tadabbur alam di Agrowisata PPG dan Hutan Pinus, Sidomulyo Garahan.

@femda