Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Cup UNJA 2023 Berakhir, FKIP Raih Juara 1

Rektor Cup UNJA 2023 Berakhir, FKIP Raih Juara 1

Mendalo- Kompetisi ‘Rektor Cup Cabang Olahraga Sepak Bola’ dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Jambi (UNJA) ke-60 telah selesai dilaksanakan. Kompetisi tersebut dilangsungkan di Lapangan Sepakbola UNJA Mendalo. Penutupan sekaligus pemberian medali, trofi, serta uang tunai dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si. yang mewakili Rektor UNJA; Wakil Dekan III FKIP, Dr. Supian, S.Ag, M.Ag.; Ketua Panitia Dies Natalis UNJA ke 60, Dr. A. Zarkasi, S.H., M.Hum.; Wakil Direktur, Bidang Umum dan Keuangan Program Pascasarjana, Prof. Dr. Ir. Adriani, M.Si.; serta dosen-dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa yang ada di lingkungan Universitas Jambi.

Rektor Cup Cabang Olahraga Sepak Bola sendiri memiliki dua kategori lomba, antar sesama mahasiswa dan antar sesama dosen serta tenaga kependidikan. Pada partai final kategori mahasiswa, Juara 1 – FKIP A, Juara 2 – FKIP B, dan Juara 3 – FST B, kemudian pada kategori dosen dan tenaga kependidikan, tim FKIP juga berhasil menjadi juara 1 setelah mengalahkan tim Pascasarjana dengan adu pinalti di laga final. Juara 3 diraih oleh tim Fakultas Hukum.

Pada pertandingan final kategori Dosen dan Tendik, pertandingan harus berakhir dengan adu penalti karena masing-masing tim mampu mempertahankan gawangnya, sehingga setelah waktu permainan berakhir dilakukan adu penalti.

Pascasarjana yang merupakan tim baru yang pertama kali mengikuti pertandingan kejuaran Sepak Bola yang diadakan Universitas Jambi mampu bertahan dengan juara bertahan tim Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), pada adu penalti kemenangan hampir saja diraih oleh Pascasarjana namun pada eksekusi bola yang dilakukan tim FKIP, bola dapat ditangkis oleh kiper Pascasarjana, namun dinyatakan gagal oleh wasit karena kaki dari kiper selangkah lebih maju dari garis gawang dan kemudian pada tendangan berikutnya Tim Pascasarjana melakukan tendangan ke gawang FKIP, namun bola mengenai tiang atas gawang sehingga tim FKIP berhasil menjadi juara bertahan pada kejuaran Rektor Cup ini.

Juara 1 sampai juara 3 untuk setiap kategori mendapatkan hadiah berupa medali emas, perak, dan perunggu; hadiah uang tunai mulai dari Rp. 500.000 sampai Rp. 2.000.000; serta trofi juara bergilir untuk juara 1.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si. dalam penutupan kegiatan ‘Rektor Cup Cabang Olahraga Sepak Bola’ menyampaikan bahwa menjaga silaturahmi adalah tujuan utama dari kompetisi tersebut.

“Selamat kepada pemenang dan semua tim yang ikut serta berpartisipasi terhadap pertandingan ini,” tutup Prof. Kamid.

Silvia Yuliansari Asril / HUMAS