Rabu, 15 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Kegiatan Masa Jeda PSAT SMA Muhammadiyah 1 Surakarta

Setelah menyelesaikan Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAT) yang cukup menguras energi, untuk mengembalikan semangat peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sekolah mengadakan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan namun tetap mengandung pendidikan karakter untuk peserta didiknya. Karena jarak antara PSAT dengan pembagian Laporan Hasil Belajar Siswa (LHBS) masih cukup panjang, maka sekolah, dalam hal ini bidang kesiswaan dan bidang al Islam bersama dengan pengurus IPM bekerja sama untuk mengisi masa jeda ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

Di pekan pertama, IPM mengadakan kegiatan classmeeting di bidang olahraga. Perlombaan yang diadakan wajib diikuti oleh seluruh kelas dengan mengirimkan perwakilannya. Jenis lomba yang dilaksanakan seperti lomba balap karung, lomba tarik tambang, lomba estafet air, lomba E-Sport ML, dan lomba E-Sport FF. Alhamdulillah classmeting dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Pekan kedua ini, masa jeda diisi dengan kegiatan pentas seni. Sebelum kegiatan pentas seni, setiap harinya diawali dengan kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an. Kegiatan BTA ini dilaksanakan di kelas masing-masing dengan tujuan agar peserta didik nyaman dalam belajar al-Qur’an, dan juga dapat menambah kemampuannya dalam baca dan tulis al-Qur’an. Masing-masing kelas dibimbing oleh tiga guru. Peserta Didik dikelompokkan sesuai dengan kemampuan membacanya. Kegiatan BTA dilaksakan mulai pukul 07.00 dan diakhiri pukul 08.30. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengisi masa jeda semester siswa. Kegiatan BTA dipilih karena harapannya, peserta didik dapat menjadi insan yang mencintai al-Qur’an. Karena al-Qur’an ini kan pedoman hidup kita sebagai seorang muslim, jika kita dapat membaca dan memahami isinya maka hidup kita pasti akan terarah sesuai dengan anjuran Rasulullah, makanya kegiatan BTA inilah yang kita pilih untuk mengisi masa jeda PSAT tahun ini, ungkap Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd, selaku wakil kepala sekolah bidang humas al Islam

Setelah kegiatan BTA selesai, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pentas seni. Pentas seni ini dilakukan untuk melihat bagaimana kreatifitas peserta didik, selain itu, kegiatan seperti ini juga sangat disenangi peserta didik. Setiap kelas wajib mengirimkan perwakilannya untuk pentas di pangggung memperlihatkan kebolehannya. Ada  yang bernyanyi, ada yang stand up komedi, ada yang melakukan parodi, bahkan ada juga yang mengaji. Semua penampilan sangat menghibur dan memberikan hikmah tersendiri di hati peserta didik. Selain perwakilan kelas, pentas seni ini juga diikuti penampilan dari ekstrakurikuler yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Suratman, S.Pd.I mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan ajang kreatifitas yang dapat dilakukan oleh peserta didik. Dengan kegiatan pentas seni ini diharapkan agar peserta didik dapat melepas penat mereka sekaligus dengan menampilkan kemampuan mereka di luar bidang akademik. kami berharap, dengan kegiatan pentas seni ini, peserta didik dapat kembali bersemangat untuk belajar setelah mereka melakukan ujian yang cukup melelahkan.