Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Mengenal MPLS dan Tujuan Pelaksanaannya, Kegiatan Hari Pertama Sekolah

Mengenal MPLS dan Tujuan Pelaksanaannya, Kegiatan Hari Pertama Sekolah

Hari pertama masuk sekolah siswa baru akan mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS dilaksanakan oleh sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

Kegiatan MPLS dilaksanakan paling lama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan hanya pada hari sekolah dan jam pelajaran.Semua kegiatan MPLS dilaksanakan oleh guru. Dan jenis kegiatan harus edukatif dan kreatif.

Tujuan MPLS ialah Mengenali potensi diri siswa baruMembantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnyaMenumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baruMengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnyaMenumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.