Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

Dosen Unimed Dampingi Sistem Pembelajaran Online di SMA Swasta Teladan Cinta Damai

Dosen Unimed Dampingi Sistem Pembelajaran Online di SMA Swasta Teladan Cinta Damai

SMA Swasta Teladan Cinta Damai merupakan perguruan yang cukup besar di Kota Medan yang terletak di Kelurahan Cinta Damai, Kecamatan Medan Helvetia. Perguruan ini telah melakukan MoA dengan FMIPA Unimed setahun yang lalu untuk bekerjasama dalam meningkatkan pembelajaran di perguruan tersebut. Dengan adanya MoA tersebut maka Dosen Fisika Unimed yang digagas oleh Bapak Winsyahputra Ritonga, M.Si melakukan upaya untuk menindak lanjuti hasil perjanjian tersebut. Bapak Winsyahputra membentuk tim yang beranggotakan Deo Demonta Panggabean, M.Pd, Dr. Ir. Haikal Rahman, M.Si dan Ibu Maya Oktora, S.Pd, M.Hum untuk mengusulkan kegiatan Pengabdian melalui Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Unimed.

Berdasarkan hasil diskusi tim Pengabdian dengan pihak sekolah, maka disepakati perlu dilakukan peningkatan kapasiatas dan kualitas sekolah dalam proses pembelajarannya melalui Pembuatan sistem E-Learning dan sekaligus melatih guru-guru untuk dapat menggunakan sistem tersebut. Tim pengabdi bekerja dengan sungguh-sungguh untuk dapat mewujudkan keinginan sekolah tersebut dan terwujud dengan baik. Setelah bekerja lebih kurang 2 bulan maka tim telah merampungkan sistim E-Learning yang dimaksud.

Penyerahan sistem E-Learning yang akan diberikan tim pengabdi Unimed dengan pihak sekolah secara cuma – cuma diawali dengan acara pembukaan pelatihan penggunaan sistem E-Learning bagi guru. Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh pihak Yayasan yang diwakili oleh Koordinator Yayasan Bapak Bakti Utama Siburian, M.Pd., Bapak Kepala Sekolah Anton Sinaga, S.Pd., M.Min., serta guru pada masing-masing mata pelajaran.

Bapak Bakti Utama Siburian, M.Pd memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada tim Pengabdian Universitas Negeri Medan yang telah bekerja keras memberikan fasilitas dan ilmu yang sangat dibutuhkan oleh sekolah untuk menjawab tantangan pendidikan dimasa sekarang. Beliau berujar bahwa seluruh pasilitas yang diberikan tim pengabdi akan dikembangkan di semua jenjang pendidikan yang ada dibawah naungan Yayasan yaitu SD, SMP dan SMK. Bapak kepada sekolah juga turut memberikan ucapan terima kasih atas apa yang telah diberikan dan ia sangat optimis fasilitas ini akan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas sekolahnya dalam mendidik calon generasi anak bangsa khusunya di Sekolah yang ia pimpin. (Humas Unimed)