Minggu, 12 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tim KKN Unimed Posko Bandar Khalifah Gagas Pesta Sungai Tembung 2023 Bersama Komunitas Peduli Lingkungan

Tim KKN Unimed Posko Bandar Khalifah Gagas Pesta Sungai Tembung 2023 Bersama Komunitas Peduli Lingkungan

Tim KKN (Kerja Kuliah Nyata) Bandar Khalifah Universitas Negeri Medan 2023 gagas Pesta Sungai Tembung Tahun 2023 bersama komunitas dan relawan peduli lingkungan organisasi Gerakan Peduli Sungai (GPS). Ketua Tim Posko KKN Bandar Khalifah Mulfi Budiman Nasution (Pendidikan Antropologi) melakukan koordinasi dengan berbagai instansi dan komunitas dalam mensukseskan kegiatan Pesta Sungai Tembung.  Kegiatan aksi nyata sebagai bentuk keprihatinan atas tercemarnya daerah aliran sungai Tembung oleh sampah dalam kegiatan observasi lingkungan Mahasiswa KKN UNIMED. Dosen Pendamping Lapangan Bapak Artha Mahindra Diputera, M.Pd. bersama Bapak Anada Leo Virganta, S.Pd., M.Pd dalam kegiatan pendampingan berharap kegiatan Pesta Sungai Tembung memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan edukasi kesadaran masyarakat untuk dapat menghentikan pencemaran lingkungan sepanjang DAS Tembung.

Kolaborasi dengan organisasi Gerakan Peduli Sungai (GPS) dilakukan pada hari Minggu 06 Agustus 2023. Tumpukan sampah pada sekitar sungai tembung jika tidak ditindak lanjuti akan menyebabkan sungai yang tercemar sehingga akan berdampak nantinya oleh masyarakat sekitar. Tim KKN Bandar Khalifah UNIMED 2023 dan Gerakan Peduli Sungai melakukan Clean Up terlebih dahulu sebelum memasuki puncak acara Pesta Sungai Tembung. Kegiatan ini merupakan salah satu tindakan untuk mengurangi dampak tercemarnya sungai.

Event pada Pesta Sungai Tembung ini terdapat berbagai kegiatan yaitu Dialog Lingkungan, APeL (Aksi Peduli Lingkungan)/ Clean Up, Susur Sungai / Rafting, Penanaman Bibit Pohon, Penaburan Benih Ikan, Pameran Terowongan Sampah, Lomba Mewarnai serta Hiburan dan Musikalisasi Puisi. Pada hari minggu pagi diawali dengan kegiatan Susur Sungai dari Mega City hingga pusat pemberhentian di sekitar sanggar GPS pada dusun XVII yang dilanjutkan dengan penaburan benih ikan dan ecoenzim ke dalam sungai, penanaman bibit pohon di sekitar lahan sungai dan pameran terowongan sampah yang dibuat dari botol plastik. Kemudian pada siang hari tim KKN Bandar Khalifah UNIMED melakukan kegiatan lomba mewarnai bagi anak – anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tinggal disekitar Bandar Khalifah. Harapannya pada kegiatan Pesta Sungai Tembung ini dapat menjadikan warga disekitar untuk tetap menjaga kelestarian sungai.

Kegiatan Pesta Sungai Tembung dapat dilaksanakan atas kolaborasi berbagai bidang anggota TIM KKN Bandar Khalifah yang berasal dari berbagai Fakultas di Universitas Negeri Medan yaitu Abbel Febriola (Administrasi Perkantoran, Salsabila (Administrasi Perkantoran), Nadhira Zahra Siregar (Manajemen), Aida Fitri (Pendidikan Matematika), Nur Aini Batubara (Pendidikan Kimia), Reza Muhtadin (Matematika), Adinda Audy Sianipar (Pendidikan Bahasa Inggris), Grace Meylin Hutauruk (Pendidikan Antropologi) Kristina Sianturi (Pendidikan Bahasa Inggris), Nazli Amelia (Pendidikan Bahasa Inggris), Gading Hakim A. Daulay (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Hilda Amalia (Pendidikan Matematika), Mesi Ayu Andira (Kimia), Putri Octaviani (Kimia), Johannes Martuah Damanik (Pendidikan Kepelatihan Olahraga), M. Ari Maulana (Ilmu Komputer), Mahpud (Ilmu Keolahragaan), Rezki Antoni F. Ginting (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Nurdini Atiqah (Matematika), Asri Elfrida Marpaung (Pendidikan Antropologi), Sri Tiurma B. Sinaga (Pendidikan Geografi), Yoyuti Sanata Capah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).(Humas Unimed)