Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Meriahkan HUT Republik Indonesia yang ke-78 dengan SEPEKAN’23 di SMANDA

Kegiatan SEPEKAN’23 dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78 dilaksanakan secara meriah di SMAN 1 Pandaan dengan tajuk “Wujudkan Gemilang Perbedaan, Raih Makna Keberagaman”. SEPEKAN’23 diikuti oleh seluruh warga SMANDA, baik dari peserta didik, guru, dan lain-lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati HUT Republik Indonesia sekaligus meningkatkan jiwa nasionalisme dan implementasi Profil Pelajar Pancasila.  SEPEKAN’23 SMANDA yang diadakan dari tanggal (12-18/08/2023) dapat dilaksanakan dengan baik sesuai arahan OSIS SMANDA selaku panitia. Berisikan perlombaan-perlombaan yang menarik, upacara bendera memperingati HUT RI yang dilaksanakan dengan tertib dan takzim oleh seluruh warga SMANDA, dan puncak acara SEPEKAN’23 di isi dengan jalan sehat dan undian kupon berhadiah yang telah disiapkan oleh panitia.

Kegiatan SEPEKAN’23 terdapat banyak perlombaan yang diadakan. Antara lain, Gemuruh Pitulasan, LESC (Legend Evolution Show up Class), SDICION (SMANDA Debate Competition), Giat Bersih, Fest-Create, dan Dendang Nada Kemerdekaan. Dengan mengusungkan tema kemerdekaan Indonesia, perlombaan diadakan mengandung unsur kebersamaan, kekompakan, dan nilai-nilai Pancasila untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Pada hari pertama sampai keempat (12-15/08/23), dilaksanakan lomba Fest-Create, LESC, Dendang Nada Kemerdekaan, dan SDICION. Lalu, pada hari Rabu (16/08/23) terdapat perlombaan voli terpal, futsal daster, memakan kerupuk, mengaitkan kemarang, memindahkan gelas dengan balon, memasukkan paku dalam botol, dan lain-lain.

BRAMADA SMANDA dan Enharmonic Singers menjadi petugas upacara bendera pada tanggal (17/08/2023). Selepas upacara, dilanjutkan dengan perlombaan memindahkan gelas dengan balon, makan kerupuk, mengaitkan kemarang, memasukkan paku ke dalam botol, final futsal daster dan voli terpal yang dimana tampak para peserta antusias mengikuti perlombaan yang ada. Suasana diramaikan oleh para peserta didik yang menjadi perwakilan kelas, maupun suporter dari masing-masing kelas.

“Sangat luar biasa karena untuk memberikan kesan bhineka tunggal ika. Bapak/Ibu guru, karyawan TU, bahkan tukang kebersihan kemarin diikutkan upacara dengan memakai baju adat. Dan ini merupakan upacara yang pertama kali yang saya ingat selama saya mengajar di SMANDA 28 tahun, ada upacara pakai baju adat dan peserta mulai dari tukang kebun, semua ikut partisipasi dalam menyemarakkan gema kemerdekaan RI yang kita cintai ini.” Ujar Bapak Sutarno, selaku pembina upacara.

Pada hari Jumat (18/08/2023), sebagai penghujung kegiatan SEPEKAN’23 diadakan jalan sehat. Suasana tak kalah ramai karena yel-yel dari masing-masing kelas saling bersautan. Lalu juga ada senam pagi dimana seluruh warga SMANDA mengikutinya dengan riang. Setelah itu dilaksanakan undian kupon yang telah dibagikan oleh panitia saat jalan santai. Di sela-sela pengumuman undian, perlombaan final Dendang Nada Kemerdekaan dilaksanakan.

“Saya sangat bersyukur atas berlangsungnya kegiatan ini, karena antusias warga SMANDA cukup tinggi. Semoga kedepannya SEPEKAN bisa lebih menarik, inovatif, dan semakin mengedepankan nilai-nilai P5.” Ujar Brilliant Tirta Negara, selaku Ketua Pelaksana kegiatan SEPEKAN.

Reporter : Ghaniya Ammara Hermawan dan Nayla Elisya Zahra