Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Bersama APSESI, Prodi Eksyar IAIN Papua Teken Kerjasama Dengan AUSCIF Australia

Bersama APSESI, Prodi Eksyar IAIN Papua Teken Kerjasama Dengan AUSCIF Australia

(iainfmpapua.ac.id) –  Bersama Asosiasi Program Studi Ekonomi Syariah Indonesia (APSESI), Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menandatangani naskah kerjasama dengan Australian Center for Islamic Finance (AUSCIF) di UIN KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto Jawa Tengah, 23 Agustus 2023.

Ketua Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Abdul Karman, M.M mengatakan, pihaknya sangat concern pada upaya perwujudan kerjasama dan kegiatan-kegiatan internasional. “Karena ini juga merupakan tuntutan akreditasi yang mewajibkan program studi untuk setiap kegiatannya diproyeksikan pada event-event internasional,” ucapnya. Penandatanganan naskah kerjasama ini terangkum dalam kegiatan ‘1st International Conference on Islamic Economics, Islamic Banking, Zakah and Waqf (IEIBZAWA 2023) Faculty of Islamic Economics and Business State Islamic University of Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto Indonesia’ yang diselenggarakan oleh Asosiasi Program Studi Ekonomi Syariah Indonesia (APSESI).

Ketua APSESI Dr. Fahriansya, M.E dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mendorong anggota APSESI agar memiliki kesempatan melakukan kerjasama dengan berbagai kampus di luar negeri. “Nantinya dapat memberi nilai tambah pada akreditasi program studi Ekonomi Syariah dalam mewujudkan peran serta dan keluasan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi program studi, tidak saja hanya dalam lingkup nasional melainkan lingkup internasional,” tuturnya.

Australian Centre for Islamic Finance (AUSCIF) merupakan lembaga dari Australia yang berfokus pada penelitian dan pemikiran lembaga keuangan Islam. Konferensi internasional tersebut mengupas isu ekonomi syariah, perbankan syariah, zakat, dan wakaf. Kegiatan ini menghadirkan Almir Colan dari AUSCIF (Australia) yang membahas mengenai Islamic Economy & Finance dan Prof Mohammad Hakimi Mohd Shafiai yang berbicara tentang The Malaysia’s Islamic Economic Development form the early stage to the currenct growth: From the relation between state and market perspective. Tidak hanya menjadi peserta kegiatan, Sekretaris Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Pahri, ME juga berkesempatan untuk menjadi presenter pada konferensi internasional ini serta melakukan Visiting Lecturer pada UIN KH Saifuddin Zuhri Purwokerto. (Za/Is/Zul/Her/Ran)