Selasa, 21 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Belajar Sembari Berwisata, SMP Negeri 1 Kalipucang Laksanakan Study Tour ke Jakarta

Belajar Sembari Berwisata, SMP Negeri 1 Kalipucang Laksanakan Study Tour ke Jakarta

Baru-baru ini SMP Negeri 1 Kalipucang mengadakan study tour ke Jakarta. Kegiatan ini menggunakan 3 (tiga) bus berkapasitas 59 tempat duduk. Agenda study tour tersebut diikuti oleh sekitar 150 peserta didik kelas VIII dan 16 orang guru serta karyawan Tata Usaha. Peserta study tour berangkat pada Selasa (05/09) sore dan tiba kembali pada Jumat (08/09) dini hari.

Dalam sambutannya sebelum pemberangkatan, Kepala SMP Negeri Kalipucang menitipkan pesan kepada peserta didik agar selama kegiatan berlangsung tetap menjaga nama baik sekolah dengan tidak melakukan hal-hal yang melanggar norma yang berlaku.

Selain itu, Yoshi Achmad Firdaus selaku ketua panitia kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini bukan liburan semata, melainkan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap materi pelajaran melalui pengalaman langsung. Peserta didik juga diwajibkan untuk membuat laporan kegiatan dalam bentuk makalah dan video.

Tempat pertama yang dikunjungi peserta didik adalah Masjid Istiqlal. Setelah beristirahat dan melaksanakan salat subuh berjamaah, perjalanan dilanjutkan ke Monumen Nasional. Di sana, peserta didik dapat melihat dan menikmati pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian. Bergeser ke Jakarta Timur, peserta didik kemudian mengunjungi Museum Pancasila Sakti atau lebih dikenal dengan nama Museum Lubang Buaya. Hari pertama ditutup dengan bermain wahana air di hotel tempat menginap.

Keesokan harinya, kegiatan diawali dengan mengunjungi PPIPTEK sebagai sarana pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan, dan kreatif. Setelah belajar cukup banyak di PPIPTEK, peserta didik melanjutkan perjalanan menuju Gelanggang Samudera Ancol untuk menikmati pertunjukkan hewan. Perjalanan ditutup dengan kunjungan ke Dunai Fantasi.  Seluruh peserta study tour tampak antusias untuk mencoba seluruh wahana yang ada.

Untuk pengadaan kegiatan study tour ini, panitia yang terdiri dari beberapa dewan guru SMP Negeri 1 Kalipucang telah merencanakan secara matang agar kegiatan ini berjalan dengan baik, sehingga mendatangkan manfaat bagi peserta didik SMP Negeri 1 Kalipucang.

Harapannya kegiatan ini dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan agar seluruh warga SMP Negeri 1 Kalipucang khususnya pesera didik dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalamannya. (wlndr)