Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Bendera Berkibar Megah Pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila di SMA Negeri 1 Pandaan

Minggu (1/10/23) SMA Negeri 1 Pandaan menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di SMANDA Sport Center (SSC). Upacara dilaksanakan untuk mengenang peristiwa yang hampir mengancam keberadaan ideologi Pancasila dalam peristiwa G30S/PKI. Upacara ini bertujuan untuk menjadi sarana bagi para peserta untuk merefleksikan diri tentang pentingnya pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pada upacara kali ini, Bapak Drs. Khusnur Rozi selaku pembina upacara menyampaikan amanat mengenai sejarah perkembangan ideologi. Upacara berlangsung mulai pukul 07.00 WIB s.d. 07.40 WIB  dan diikuti oleh seluruh guru dan staf tata usaha SMA Negeri 1 Pandaan selaku peserta upacara. Petugas upacara dilakukan oleh OSIS dan Paskibra SMANDA. Meski upacara ini terkesan mendadak karena persiapannya hanya dilaksanakan secara mandiri oleh para petugas sehari sebelumnya di rumah masing-masing, upacara dapat berlangsung dengan tertib tanpa suatu kendala yang berarti.

Alhamdulillah, dengan adanya semacam refleksi dari perjuangan yang dilakukan oleh para pendidik bangsa saat itu ketika ada goyangan terhadap ideologi negara kita, Pancasila. Paling tidak dengan adanya upacara ini kita bisa memberikan refleksi terhadap perjuangan bagaimana kuatnya dalam mempertahankan ideologi pancasila,“ tutur Bapak Mokhamad Jasimin, M.Pd. Selain itu, beliau juga menambahkan bahwasannya upacara kali ini penting untuk dilakukan guna menjadi filter kita dari tindakan penyimpangan yang sering terjadi seperti bullying atau perundungan baik secara fisik maupun psikis, narkoba, ataupun penyimpangan-penyimpangan lainnya dalam kehidupan sehari-hari kita.

Reporter : Akmal Gahzy Rajendra dan Ghaniya Ammara Hermawan