Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Kemah Karakter Tahap Pertama Sukses Diselenggarakan, Peserta Bahagia Penuh Sorak Gembira

Jumat s.d. Sabtu (6-7/10/23) SMA Negeri 1 Pandaan telah menyelenggarakan kegiatan Kemah Karakter bertemakan “Penguatan Karakter Kepramukaan”. Tujuan utama kegiatan ini adalah membentuk serta mengembangkan kepribadian yang unggul dan kuat. Kegiatan Kemah Karakter dilaksanakan secara bergilir setiap satu bulan sekali dan untuk tahap pertama diikuti siswa-siswi dari kelas X-A, X-B, dan X-C. Beragam rangkaian kegiatan dalam kemah karakter ini diikuti oleh peserta dengan penuh antusias serta semangat.

Kegiatan ini dimulai pada Jumat (6/10/23) pukul 07.00 WIB dengan pembangunan tenda di Lapangan Hijau SMANDA oleh peserta dan dilanjut dengan sesi materi pembelajaran mengenai Wawasan Kepramukaan Indonesia dan Dunia di Aula Atas. Pada sesi ini terdapat juga kegiatan ice breaking, pengenalan gugus depan, dan struktur organisasi. Kegiatan Kemah Karakter dibuka secara resmi dengan apel pembukaan dan penerimaan tamu ambalan pada pukul 15.30 WIB di lapangan hijau SMANDA yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Pandaan. Setelah apel pembukaan, dilaksanakan penampilan yel-yel oleh beberapa sanggah yang membangkitkan semangat dan antusias para peserta. Kemah Karakter ini semakin berkesan setelah pelaksanaan apel api unggun pada malam itu. Peserta juga dibiasakan untuk mandiri dengan memasak dan menyiapkan makanan secara berkelompok. Kemah Karakter fase pertama ini berakhir dengan apel penutupan yang dilaksanakan  setelah fun games selesai.

“Kemah Karakter SMANDA 2023 tahap pertama ini sangat seru dan surprise, karena kita belum tahu apa saja rangkaian dari kegiatan Kemah Karakter ini, terutama pada kegiatan fun games,” ucap Amanda selaku salah satu peserta dari kelas X-B. Ketua pelaksana dari kegiatan Kemah Karakter ini juga menambahkan harapannya agar peserta bisa mempererat rasa kekeluargaan dan semakin disiplin melalui pengalaman yang sudah didapatkan.

Reporter : Dimas Anugrah Dewa Syah Putra, Nur Ibad Khasani, Ghaniya Ammara Hermawan