Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

[Karya Guru] Pengaruh Modul UKBM Berbasis Aplikasi Moodle terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI Kelas XI di SMA Negeri 1 Bandung

Oleh: Rijki Ramdani, M.Pd.

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi atau studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Bandung ditemukan permasalahan yang dapat diidentifikasi bahwa: 1) Kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan UKBM. 2) Penggunaan modul UKBM yang masih digunakan secara klasik. Dari uraian di atas maka peneliti berpendapat bahwa modul UKBM yang berbasis aplikasi Moodle dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar bagi peserta didik. Melihat kondisi yang demikian, hal inilah yang menjadi motivasi utama peneliti untuk melakukan penelitian lebih lanjut karena rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle dalam pembelajaran PAI. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI. 4) Untuk menganalisis respon peserta didik terhadap penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle pada PAI.

Kerangka berpikir mendeskripsikan pengaruh modul UKBM berbasis aplikasi Moodle terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dari mulai langkah-langkah pelaksanaan dan keberhasilan yang dicapainya. Hipotesis kebenaran yang dapat dibuktikan dalam penelitian ini melibatkan variabel, peneliti mengajukan hipotesis H1 (menerima) artinya adanya pengaruh modul UKBM berbasis aplikasi Moodle terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, angket (kuesioner), dan evaluasi belajar PAI.

Hasil penelitian penerapan Modul UKBM Berbasis aplikasi Moodle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandung diperoleh simpulan sebagai berikut:

  1. Penerapan model UKBM berbasis aplikasi Moodle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Bandung kelas eksperimen XI MIPA 2 menggunakan tahapan yang sudah sesuai dengan pedoman RPP yang dibuat oleh guru PAI SMA Negeri 1 Bandung dan sesuai dengan sintak berjalannya proses pembelajaran yang dibawakan guru pada saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan kegiatan pelaksanaan pembelajaran di kelas kontrol XI MIPA 3, sudah sesuai RPP akan tetapi masih ada yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran di kelas mengenai kurikulum 2013.
  2. Pengaruh penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bandung berada pada kriteria sangat baik berdasarkan perolehan hasil motivasi belajar pada aspek kebutuhan kelas eksperimen memperoleh nilai 82,67 dengan kategori sangat baik dan kelas kontrol 72,76 dengan kategori baik, pada aspek dorongan kelas eksperimen memperoleh nilai 71,67 dan kelas kontrol 72,11 dengan kategori baik, pada aspek tujuan kelas eksperimen memperoleh nilai 78 dan kelas kontrol 77 dengan kategori baik. Hal ini menunjukan adanya perbedaan motivasi belajar pada aspek kebutuhan diri, sehingga penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa terlihat dari nilai kelas eksperimen yang lebih unggul dibandingkan dengan kelas konvensional.
  3. Pengaruh penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle terhadap hasil belajar sisw pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bandung berada pada kriteria sangat baik berdasarkan perolehan nilai mean post- test. nilai rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 87,67 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai hasil belajar sebesar 74,00. Hasil belajar siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bandung dengan menggunakan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle lebih besar dibandingkan dengan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney data diperoleh dimana nilai signifikasi (2 tailed) sebesar 0,014 yang menunjukan lebih kecil dari 0,05 atau < 0,05. Maka penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Artinya pemilihan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bandung.
  4. Respon peserta didik terhadap penggunaan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle di kelas XI SMA Negeri 1 Bandung merupakan penggunaan pembelajaran yang tepat untuk diterapkan hal ini diperoleh dari nilai rata-rata sebagai berikut: 88% 81%   90% = 259 : 3 = 86 %. Angka 86% menunjukkan nilai interpretasi baik sebab berada pada interval nomor 4 dengan rentang nilai 78,00 – 89.00%. Hal ini memberikan simpulan bahwa penerapan Modul UKBM berbasis aplikasi Moodle pada mata pelajaran PAI materi Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt. di Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bandung merupakan alternatif yang tepat dalam model pembelajaran yang baik.